Melacak Zodiak Kampus-kampus di Indonesia: Dari UI, UGM, Unhas, sampai UIN

MOJOK.COBeberapa kampus di Indonesia itu punya zodiak. Kami melakukan pelacakan sederhana dan berhasil menemukannya.

Oke, kita tidak usah mendebat apakah percaya zodiak itu haram atau tidak, yang jelas bagi nalar mereka-mereka yang merupakan pengayat kepercayaan zodiak, ramalan zodiak kadang diyakini begitu kuat. Nggak sampai 100 persen sih, tapi  zodiak bisa menjadi paramater tersendiri untuk mengenal sifat-sifat bawaan seseorang.

Pertanyaannya, apa skema yang sama bisa kita berlakukan untuk sesuatu yang wujudnya bukan manusia? Kayak kampus misalnya? Ya, seru aja kayaknya kalau zodiak dipakai untuk menerka sifat-sifat bawaan beberapa kampus di Indonesia.

Boleh jadi kamu menggunakannya untuk melihatnya sebagai kecocokan. Apakah kamu cocok kuliah di situ? Apa kamu merasa nggak betah kuliah di situ? Atau jangan-jangan karena kamu kuliah yang secara zodiak nggak cocok dengan zodiakmu, kamu jadi nggak betah? Ya siapa tahu yeee kan?


Oh iya, karena kampus di Indonesia ada buanyak banget (ada 2.694), jadi kita nggak akan melacak semuanya. Bisa keriting jari ini kalau semua kampus kita lacak zodiaknya. Oleh karenanya, kami akan membatasi pada beberapa kampus saja.

Universitas Indonesia (2 Februari)

Agak sulit sebenarnya menentukan zodiak UI, karena tidak cukup jelas tanggal lahirnya. Satu hal yang jelas hanya disebutkan berdiri pada tahun 1849 dan resmi menjadi UI pada tahun 1950. Hanya saja, karena perayaan Dies Natalis UI selalu di tanggal 2 Februari, maka tanggal itu bisa dijadikan patokan.

Nah, dari tanggal 2 Februari itu, kita bisa melacak kalau zodiak Universitas Indonesia (UI) adalah Aquarius.

Baca juga:  Kasta Sosial dalam Kepanitiaan yang Sering Menimbulkan Kecemburuan

Aquarius selama ini dipercaya memiliki keinginan yang sangat kuat. Bahkan dalam beberapa hal, mereka akan berusaha keras, kadang malah kelewat keras.

Karakter dari zodiak ini biasanya cerdas, memiliki danau buatan hati yang besar, kadang-kadang lucu, juga punya sifat menyenangkan. Sayangnya, Aquarius tidak suka dengan segala macam bentuk penolakan.

Ini karena Aqurarius punya kecenderungan untuk selalu menjauhi konflik. Sifat alami mereka yang ingin selalu bahagia dan sederhana pada akhirnya membentuk hasrat untuk selalu mencari kedamaian.

Barangkali itu yang bikin beberapa pengurus BEM UI kapan hari dipanggil Rektorat atas meme Jokowi soal “king lips of service”.

Bisa jadi itu karena sifat bawaan Aquarius sih: nggak suka konflik. Apalagi kalau sama pemerintah.

Mahasiswa yang cocok: Libra, Sagitarius, Gemini, Aries.

 

Universitas Gadjah Mada (19 Desember)

Salah satu kampus paling mentereng di Jogja ini didirikan pada tanggal 19 Desember. Berdasar hal itu, maka zodiak UGM adalah Sagitarius.

Dari semua simbol zodiak, Sagitarius bisa dibilang merupakan gambaran paling keren sekaligus paling takhayul. Memakai simbol makhluk mitologi Centaur, Sagitarius dikenal begitu percaya diri, independen, tidak gampang terpengaruh, meski kadang malah terkesan cuek.

Karena sifat cuek itu pula, Sagitarius suka ceplas-ceplos kalau bicara ke orang lain, terbuka dan tidak suka dengan hal yang ditutup-tutupi. Persoalannya, Sagitarius itu tidak suka sama urusan-urusan detail, tidak sabaran, dan ogah kalau dibatasi.

Mungkin itu yang jadi sebab, ada banyak dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa UGM yang gemar sekali mengkritik pemerintah. Dari dulu sampai sekarang. Padahal pemimpin pemerintahan saat ini kebetulan alumni UGM juga.

Baca juga:  Ustaz Khalid Basalamah Salah Paham Tentang UIN dan Jogja

Tapi bagi UGM yang Sagitarius, hal begitu-begitu mah bodoamat.

Mahasiswa yang cocok: Aries, Libra, Leo, Aquarius


 

Universitas Hasanuddin (10 September)

Dari tanggal kelahirannya, Unhas memiliki zodiak Virgo.

Zodiak ini digambarkan melalui memiliki sifat yang nggak bisa santai. Nggak bisa membiarkan segala sesuatu lewat-lewat begitu saja. Virgo cenderung khawatir dengan sesuatu di sekitarnya. Selain itu, Virgo juga punya kecenderungan perfeksionis yang akhirnya mewujud dalam sikap kritis. Apa-apa dikritisi.

Sifat-sifat ini agaknya sudah tergambar dengan citra Unhas yang kerap memiliki mahasiswa-mahasiswa yang sangat kritis. Saking kritis, berita soal demonstrasi mahasiswa Unhas tidak jarang berakhir rusuh kerap muncul di beranda kita.

Bukan tidak mungkin ini sebenarnya gambaran Unhas yang berzodiak Virgo. Selalu berapi-api ketika sedang menginginkan sesuatu. Bahkan kadang apinya tak terkendali.

Mahasiswa yang cocok: Taurus, Cancer, Scorpio

 

Universitas Brawijaya (5 Januari) dan Universitas Diponegoro (9 Januari)

Unibraw yang ada di Malang dengan Undip yang ada di Semarang, punya tanggal lahir yang berdekatan. Keduanya masuk pada kategori zodiak Capricorn.

Capricorn punya sifat yang realistis dalam mengambil keputusan, disiplin, bertanggung jawab, tapi juga melankolis. Capricorn juga punya kecenderungan untuk selalu serius dalam berbagai kesempatan.

Mahasiswa yang cocok: Scorpio, Virgo, Taurus

 

Universitas Islam Negeri (26 September)

Barangkali kamu juga bertanya-tanya, UIN itu kan ada banyak sekali di Indonesia, terus ini patokan tanggal didirikannya yang mana?

Baca juga:  Kehancuran yang Akan Menimpa Gemini dan Zodiak Lainnya

Menjawab hal itu, tentu kami melacak pada IAIN pertama di Indonesia, dan itu adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jadi patokan kelahiran UIN pakai itu. UIN Jogja lahir tanggal 26 September. Artinya, zodiak Libra untuk UIN.

Libra dikenal sebagai zodiak yang gemar bergaul dengan tipe teman model apa saja. Libra cenderung ogah sendirian, selalu mencari teman, mencari tongkrongan, atau mencari hal seru-seruan. Itu mungkin yang bisa dipahami kenapa warung kopi kalau di dekat UIN (di kota manapun) hampir selalu ramai. Anak-anak UIN kan emang suka sekali ngopi-ngopi.

Di sisi lain, sama seperti Libra yang disimbolkan dengan timbangan, UIN ternyata juga punya kecocokan dengan simbol itu. Ketika kampus lain sibuk dengan mendirikan jurusan-jurusan duniawi saja, UIN justru kerap menghadirkan jurusan-jurusan akhirat. Jurusan-jurusan yang bikin orang awam agama akan bertanya…”jurusan apaan tuh?”

Bahkan, UIN yang sekarang juga punya jurusan-jurusan duniawi seperti kampus lain. Hal yang semakin menunjukkan bahwa salah satu prinsip UIN itu habluminannas dan habluminnallah. Seimbang. Sangat Libra sekali.

Mahasiswa yang cocok: Cancer, Capricorn, Pisces

—000—

Masih ada banyak kampus-kampus lain dengan zodiaknya masing-masing. Berikut ini kami hadirikan beberapa di antaranya. Kali aja kamu mau pakai buat bikin ramalan-ramalannya. Monggo.

  • UII (Cancer, 8 Juli)
  • Telkom University (Leo, 14 Agustus)
  • Unsoed (Libra, 23 September)
  • UNS (Pisces, 11 Maret)
  • Univ Padjajaran (Virgo, 11 September)
  • UNAIR (Libra, 10 November)
  • IPB (Virgo, 1 September)

BACA JUGA Ekspektasi VS Kenyataan Kuliah di UGM dan tulisan rubrik POJOKAN lainnya.