[MOJOK.CO] “Jadi kaya raya itu gampang, yang susah itu prosesnya.”

Menjadi kaya raya merupakan salah satu pengharapan kebanyakan umat manusia yang ada di muka bumi ini. Memang tak mudah untuk mencapai itu semua, tapi kali ini saya akan beberkan rahasia menjadi kaya ala orang-orang yang sudah kaya raya mendahului kita semua.

Penasaran kan gimana? Yaudah langsung cuss aja, nga pake ba bi bu~

 

#1 Bill Gates

“I failed in some subjects in exam, but my friend passed in all. Now he is an engineer in Microsoft and I am the owner of Microsoft.”

Dari kenyataan yang diterima Mbah Bill di atas, kita dapat mempelajari suatu hal: untuk menjadi pribadi yang bergelimang harta, kita harus siap gagal.

Lihat saja temannya, yang entah siapa namanya itu. Prestasinya di kampus hanya mampu mengantarkannya jadi teknisi di Microsoft saja. Semua mata kuliah dilaluinya dengan nilai yang bagus, minim kegagalan. Lenggang kangkung dan lulus (kayaknya) dengan nilai yang sangat bagus.

Sedangkan Bill Gates yang kerap gagal, bahkan kena DO di Harvard, malah jadi atasannya di Microsoft. Hal ini, sekali lagi, membuktikan bahwa untuk menjadi seorang yang sukses—dalam hal ini kaya raya—kita harus mampu menerima kegagalan.

Yah ujung-ujungnya cuma motivasi klise ala D’Masiv: jangan menyerah. Mau gimana lagi, emang “jangan menyerah” itu sebuah solusi paling ampuh dari kegagalan, je.

 

#2 Steve Jobs

“The only way to do great work, is to love what you do.”

Dalam melakukan sebuah usaha, alangkah baiknya kalau dilandasi oleh rasa cinta. Karena, rasa cinta yang hadir akan membuat usaha tersebut menuai hasil yang maksimal kelak.

Baca juga:  Bantah Anies-Sandi, Si Komo Klaim Tanggung Jawab Atas Banjir Jakarta

Akan tetapi, hal ini bisa saja menjadi pisau bermata dua. Kalau kita tidak sabar dalam menjalaninya, biasanya akan timbul permasalahan yang bikin kita patah arang.

Loh? Loh?

Lihat saja Cut Pat Kai, dirinya selalu mengatakan bahwa cinta deritanya tiada akhir. Meskipun dirinya sudah mengerti betul derita tersebut, ia tetap gigih mencintai Dik Chang E dengan sekuat tenaga. Yah, walaupun pada akhirnya cintanya gagal karena hukuman langit.

Halah, ini kenapa pembahasannya malah ke si Pat Kai, sih?

 

#3 Jack Ma

“You should learn from your competitor, but never copy. Copy and you die.”

Bukan, bukan, Om Ma tidak menyuruh kalian menjadi seorang peniru. Si Om mengatakan hal tersebut agar kalian selalu belajar dari lawan. Yak betul, hal ini juga pernah diutarakan oleh Sun Tzu untuk tetap mempelajari strategi musuh agar kita memenangi pertempuran.

Kalau kalian masih inget metode ATM (Amati, Tiru, kemudian Modifikasi), hal inilah yang akan membuat kalian sukses ke depannya. Namun, hal ini tidak akan sepenuhnya berhasil jika kalian melakukannya setengah hati.

Kalian harus pelajari sepenuhnya apa yang dilakukan oleh para pesaing agar mencapai kekayaan yang haqiqi. Ingat: sesungguhnya, menjadi kaya raya sangatlah mudah. Ketabahan, kesabaran, keuletan, ketangkasan, dan lain-lainnya-lah yang susah.

 

#4 Hary Tanoe

“Kalau kita lahir miskin bukan salah kita, karena kita tidak bisa memilih kita lahir dari siapa. Tapi kalau kita mati miskin, itu bukan takdir, itu bukan nasib. Masa depan kita, ada di tangan kita.”

Loh, kok mirip sama apa yang dibilang Bill Gates ya?

Baca juga:  Naruto, Mars Perindo, dan Strategi Politik Hary Tanoe

Ah, mungkin Om HT pake caranya Jack Ma.

Gini, gini, untuk bisa menjadi seorang yang kaya raya, kalau Om HT yang jadi rujukannya, maka yang harus kita siapkan adalah perusahaan media dan sebuah partai. Haqqul yaqin, dengan pengelolaan yang baik dan benar, kalian bakalan jadi orang sukses dengan jumlah kekayaan yang berlimpah seperti Om HT.

Gitu-gitu kalian juga berhak jadi orang yang sukses dan kaya raya. Ingat, kalian bukanlah flat shoes yang nga punya hak. Kalian itu umat manusia. Paham?

 

#5 Aa Gym

Jagalah hati jangan kau kotori

Jagalah hati lentera hidup ini

Jagalah hati jangan kau nodai

Jagalah hati cahaya illahi

Masih ingat lagu yang dipopulerkan oleh Aa Gym barusan? Ya, cara untuk menjadi kaya raya terakhir adalah menyiapkan segala sesuatunya sebelum kita menjadi kaya itu sendiri. Dengan apa? Ya dengan menjaga hati.

Coba cermati lirik selanjutnya…

Bila hati kian bersih, pikiran pun kian jernih

Semangat hidup kan gigih, prestasi mudah diraih

Namun bila hati busuk, pikiran jahat merasuk

Ahlak kian terpuruk, jadi mahluk terkutuk

See? Menjaga hati akan membuat pikiran kita makin jernih yang mana akan mendekatkan kita dengan prestasi-prestasi mentereng. Jadi, mulai dari sekarang, jagalah hati~

Komentar
Add Friend
No more articles