• 84
    Shares

MOJOK.CO  Menyiasati agar kehidupan kalian para anak kos tidak terganggu oleh teman kos menyebalkan.

Indekos merupakan pilihan utama bagi seorang mahasiswa perantauan yang ingin hidup bebas mandiri. Bukan cuma itu saja, indekos juga salah satu medium yang mampu menempamu menjadi “seseorang” yang berbudi luhur. Halah.

Tapi, ya namanya kehidupan, pasti ada aja masalahnya. Pernah ingat falsafah hidup itu bagaikan sungai? Ya, pasti ada aja tokai yang lewat.

Sejatinya permasalahan yang timbul di belantara kosan adalah perkara kenyamanan. Ya gimana nga nyaman kalau pas lagi bebaringan enak-enak tiba-tiba ada yang mengetuk minta air atau pinjam make-up. Sekali dua mungkin nga masalah, tapi kalau keseringan? Rasanya dunia bukan milik kita, tapi milik dia yang suka malakin air sama make-up.

Percaya atau tidak, tipikal kostizen yang menyebalkan itu banyak wujudnya, mulai dari yang (1) doyan ngutang, (2) jorok, (3) parkir sembarangan, (4) kalau nyetel musik keras-keras, (5) sering bawa pacarnya menginap, (6) telat bayar apa pun, bahkan (7) seneng banget pake handuk kita. Kalian mau nambahinkah? Tulis di kolom komentar, yha~

Kalau ketujuh hal tersebut dilakukan sesekali sih nga masalah, tapi kalau sampai berkali-kali ya wasalam. Kenyamanan kita terusik, senyum palsu selalu kita berikan, mau nolak juga nga enak. Pokoknya serbasusah.

Tenang-tenang, tiap permasalahan pasti ada solusinya. Kali ini saya akan berbagi cara buat kalian-kalian yang sudah kadung sebel sama temen sekosan karena kelakuannya yang naujubile.

Ajak Makan Bareng

Jika kalian sebel sama temen sekosan kalian, janganlah buru-buru menghujaninya dengan hujatan maupun bully-an. Tahan gengsi, ajaklah makan bareng di kala sama-sama senggang.

Baca juga:  Niatnya Jadi Anak Introvert di Kos, eh Malah Diganggu Penghuni Kamar Kosong

Loh? Loh? Kok diajak makan bareng sih???

Makan bareng temen kosan yang nyebelin tak ubahnya seperti miniatur dalam dunia politik. Mungkin kalian tidak asing dengan istilah “Politik Meja Makan”. Yha, hal ini dilakukan oleh para politikus untuk mencairkan suasana dengan pihak yang dianggap menyebalkan berseberangan.

Dengan makan bareng kalian bisa saling bertukar cerita yang akan mendekatkan diri kalian dengan si teman menyebalkan itu. Yah, siapa tahu kalian bisa mengubahnya menjadi pribadi yang lebih baik. Ketimbang kalian berusaha untuk mengubah dunia yang kian lama kian jahat dan itu nga ada artinya sama sekali. Alangkah lebih baik jika orang-orang di sekitar kalian yang berubah menjadi lebih baik.

Yah, siapa tahu aja sih~

Ikuti Cara Mainnya

Diajak makan bareng masih belum berubah juga? Tenang saja, solusi kedua kali ini insyaallah bakalan membuat kos-mate kalian jera.

Apakah hal ini serupa dendam yang harus kalian sajikan ketika sudah dingin? Oooh, tendtu tidak, jika kalian menunggu hingga dingin bisa-bisa kenyamanan kalian menghadapi kejamnya dunia bakalan makin berat saja. Mata dibalas dengan mata, hingga menimbulkan efek jera. Tapi ya jangan terlalu kebangetan juga, bisa-bisa kalianlah yang bakalan dicap menjadi “teman kos yang menyebalkan” itu sendiri.

Intinya lakukan apa yang teman kos kalian lakukan pada kalian. Jika teman kosan kalian jorok, jadilah jorok, tapi kalau temen kalian ngutang dan nga bayar, kalian jangan ikut ngutang juga~

Lunas dong.

Doakan/Sholati

Apakah kalian sudah muak menjadi seorang yang “menyebalkan” kepada teman kos yang menyebalkan itu?

Baca juga:  Sakit Hati Menghadapi Tetangga yang Selain Suka Utang, Juga Tidak Tahu Diri

Kalau belum, lakukan cara kedua sampai temanmu jera. Kalau sudah, lanjut baca aja.

Jangan pernah sekali-sekali meremehkan kekuatan doa. Doa itu pertahanan paling ampuh yang diberikan oleh Tuhan kepada umat manusia. Selipkanlah nama teman menyebalkanmu itu dalam doa. Doakan terus, jangan putus barang sehari-pun. Niscaya, batu tersebut bakal licin karena terus terkena aliran doa yang kalian panjatkan.

Patut diingat, dalam berdoa sebaiknya jangan sambil mengeluh. Doakan saja yang terbaik agar menjadi lebih baik lagi. Jika tak kunjung makbul, percayalah, Tuhan sedang memberikanmu ujian yang harus kalian hadapi.

Sabar Aja

Diajak makan udah, dijahatin balik udah, didoain juga udah, tapi masih belum ada perubahan yang berarti juga? Atau malah makin menyebalkan?

Benar-benar kalian harus sabar dan tabah menghadapi cobaan ini. Menjadi sabar pun ternyata nga ada ruginya loh. Kesabaran bakal membuat kalian tahan banting dan ingatlah satu hal, Tuhan itu bersama orang-orang yang sabar.

Yang patut diingat di sini adalah kesabaran itu nggak ada batasannya, kalau ada yang mengatakan sabar juga ada batasnya, percayalah, itu disebut sabar saja belum.

Dalam menjalani laku sabar, alangkah baiknya kalian tak perlu mengungkit perihal kesabaran yang sudah kalian lakukan. Nga bae, riya, bikin masuk neraka, katanya.

Mau?

Nga, bg, makasy~

Pindah Kosan

Yaudah sih ngalah, pindah aja kalo gitu. Ketemu teman baru bukannya lebih menyenangkan?

Kalau di tempat baru masih ada aja temen yang nyebelin, balik lagi ke cara pertama.

  • 84
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles