[MOJOK.CO] “Bertahun-tahun Milton Pastiles dkk. Diiklankan di jam yang sama dengan iklan yang sama sampai Nikita Willy muak.”

Televisi, di beberapa negara, dijuluki sebagai idiot box karena tidak mendidik. Meskipun demikian, televisi tetap memiliki cara tersendiri untuk mengimbangi tuduhan ini dengan memberikan ketenteraman batin.

Salah satunya lewat siaran azan Subuh dan Magrib.

Kasus yang menarik adalah azan Magrib. Berdasarkan pantauan Mojok Insitute, ada misteri di sekitar siaran azan Magrib di televisi. Biasalah, namanya juga tuntutan kurang kerjaan, saya tergelitik mengamati masa-masa menjelang azan di televisi ditampilkan.

Siapa tahu kamu juga pernah berpikiran sama, saya melihat ada iklan-iklan tertentu yang selalu muncul sebelum azan Magrib disiarkan. Ini bukan cuma kasus di bulan Ramadan, lho, ya.

Yang bikin kita terbayang-bayang, iklan pra-azan Magrib itu selalu berkisar pada produk obat-obatan, baik tablet pereda flu maupun permen tenggorokan.

Baiklah, eksplisit saja, entah kenapa bertahun-tahun iklan Ultracap dan Milton Pastilles terus diputar. Adegan sopir tiduran di bangku taman terus jatuh dan langsung memegang Ultracap bener-bener nempel. Juga nggak bisa hilang di kepala fragmen Nikita Willy sedang main boneka lalu teman-temannya pingsan semua karena mulutnya bau. (Halo, Nikita, kamu muak nggak siy dengan iklan itu?)

Memasuki bulan Ramadan, tentu Anda hafal iklan-iklan langganan lainnya. Mulai dari obat maag, sirup, mie instan, sampai ucapan selamat berbuka puasa dari pembesar televisi maupun pejabat.

Kenapa yha? Kenapa harus iklan macam tu? Bisa jadi perusahaan produsen beberapa merek tersebut memang sudah kontrak seumur hidup untuk menguasai waktu sebelum azan Magrib. Itu terjadi pada Ultracap, Ultraflu, obat dengan nama “Ultra” lainnya, serta Milton Pastiles yang diproduksi Henson Farma.

BACA JUGA:  Mitos Makan Timun dan Nanas bagi Ibu Hamil

Tapi, masak penjelasannya gitu doang? Coba kita buat teori konspirasinya aja ah.

Karena Kita Nga Boleh Keluar Rumah Menjelang Magrib

Setan-Pada-Hangout-MOJOK.CO

Di daerah tempat tinggal saya, waktu-waktu menjelang azan dipercaya sebagai waktu di mana para hantu berkeliling. Entah apa motivasinya, kok sempet-sempetnya mereka hang out sebelum azan, bukannya umpetan biar nggak panas pas denger azan. Sebagai konsekuensinya, kita semua tidak disarankan untuk keluar rumah menjelang Magrib.

Munculnya iklan obat flu merupakan taktik cerdas pihak stasiun televisi untuk menyosialisasikan hal ini. Bagaimanapun, iklan obat flu toh cenderung tidak mendorong orang untuk keluar rumah. Iklan ini juga tidak mempunyai slogan “My Batuk My Adventure” yang membuat orang tertantang melaksanakan traveling secara impulsif sembari batuk-batuk.

Karena Kita Nga Boleh Bobok Menjelang Magrib

tidur-saat-Maghrib-MOJOK.CO

Dipercaya, tidur menjelang Magrib itu tyda baik dilakukan. Konon, kalau kamu nekat melakukan ini, kamu bisa mual, pusing, lemas, dan mengalami disorientasi waktu.

Alasan inilah yang mendorong munculnya iklan permen penghilang candu rokok pelega tenggorokan. Diharapkan, para pemirsa di rumah bisa terbuka matanya dan merasa segar setelah mengemut permen ini sehingga tidak bobok saat magrib.

Karena Kita Nga Boleh Lupa Minum Obat Maag

Deddy-Mizwar-Tinggal-Leb-MOJOK.CO

Ini adalah alasan yang berlaku terutama ketika bulan puasa tiba. Waktu azan Magrib pastilah menjadi penanda kita untuk berbuka puasa alias makan.

Nah, bagi kita-kita yang punya maag, iklan semacam ini pun ditampilkan. Kalau dipikir-pikir, baik banget, ya, mereka mau ngingetin kita untuk minum obat maag? Emang, sih, kadang yang nggak kita sangka-sangka malah bisa kasih perhatian berlimpah….

Sebagai Penolong Para Jomblo Syar’i

Ucapan-Salat-MOJOK.CO

Ada beberapa kasus di mana para fakir cinta rela bolak-balik ke Alfamart atau Indomaret hanya demi mendengar ucapan “Selamat pagi” atau “Selamat siang”. Sayangnya, pihak minimarket ini belum mengeluarkan ucapan terbaru yang bertujuan sebagai pengingat salat. Padahal, bisa jadi hal ini cukup diharapkan, khususnya bagi para jomlo yang ingin tetap dekat dengan-Nya.

BACA JUGA:  Barang Dagangan dan Ketaatan Terhadap Tuhan

Berangkat dari permasalahan ini, pihak stasiun televisi pun memplot beberapa orang untuk tampil dan mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah salat Magrib” sambil tersenyum bahagia. Biar adem~

Sebagai Pengingat bahwa Azan Perlu Dilakukan dengan Khusyuk

Bersin-MOJOK.CO

Meski disebut sebagai idiot box, televisi tetap mengajarkan keluhuran pada penontonnya. Hadirnya iklan obat flu dan permen pelega tenggorokan pastilah dimaksudkan agar muazinnya (orang yang mengumandangkan azan) tidak bersin-bersin dan bersuara serak saat sedang azan.

Sungguh, nantinya akan jadi masalah besar kalau mereka berseru, “Allahuakbar, allahuakbar… hatchyiii!”

Komentar
Add Friend
No more articles