• 6
    Shares

MOJOK.CO Gara-gara heboh Muthe JKT48 mirip Momo Twice, kita jadi bertanya-tanya sendiri: memangnya beneran, ya, kita punya doppelganger?

Seumur hidup saya, beberapa orang bisa membuat saya mengerutkan dahi keheranan. Pasalnya, setiap kali memandang wajah saya, mereka bakal berkata, “Eh, kamu tu mirip sama si Anu dari kelas IPA 3, ya!” atau kalimat-kalimat lain yang sejenis. Bukan cuma satu-dua orang, muka saya yang pasaran ini sudah dimirip-miripkan sekian kali, bahkan pernah pula dikomentari begini oleh seorang tamu yang merupakan teman lama ayah saya,

“Wah, Dek, mirip Susana, ya!”

Krik. Krik. Krik.

Hmmm, monmaap, nih, Om, tapi bagi anak SD yang penakut kayak saya waktu itu, kalimat tadi agak… traumatis. Maksud saya, beliau kan identik dengan film horor :(((

Tapi, setelah Luna Maya berhasil memberikan impresi mirip dengan Susana yang patut diacungi jempol lewat poster film terbarunya, saya jadi bertanya-tanya: di luar make up dan hair do, benarkah seseorang bisa tampak mirip dengan orang lain secara natural?

Sejak beberapa hari lalu, di internet beredar foto member trainee JKT48, Mutiara Azzahra Umandara alias Muthe, yang dianggap mirip dengan Momo, member girlband Twice di Korea Selatan. Fenomena trainee JKT48 mirip Momo ini bukan yang pertama, sebenarnya. Sebelumnya, Diani, member Team J JKT48, juga disebut-sebut mirip Jihyo Twice. Jauh sebelumnya pula, beberapa rakyat biasa kayak kita-kita ini, sering juga dimirip-miripin sama artis. Selain saya yang dulu dibilang mirip Susana, tetangga saya pun waktu muda mirip Jihan Fahira. Mungkin, fenomena inilah yang kemudian mendasari munculnya acara ASAL, alias Asli atau Palsu yang dulu dipandu Alm. Taufik Savalas (iya, ini jebakan umur!).

Baca juga:  Hasil Piala Dunia 2018 Swedia vs Korea Selatan Skor 1-0

Jangankan artis—kadang kita juga pasti pernah merasa teman A mirip dengan teman B. Bahkan, pacar barunya mantannya sahabat saya (nah loh, bingung nggak???) pun mirip dengan sahabat saya sendiri!!! Dasar mantannya sahabat saya nggak kreatif!!!

Melihat kemiripan-kemiripan yang terus muncul begini, saya jadi teringat suatu prinsip yang konon katanya disetujui banyak pihak: masing-masing individu memiliki 7 kembaran di dunia.

[!!!!!!!!!11!!!11!!!]

Dengan prinsip ini, fenomena Muthe JKT48 mirip Momo pun bukan satu-satunya. Artinya, ada 5 orang lain di dunia ini yang mirip Momo, tapi belum kelihatan aja batang hidungnya.

[!!!!!!!!!11!!!11!!!]

Eh, tapi, tapi, tapi, benarkah kita punya kembaran di dunia ini??? Adakah bukti ilmiahnya???

Kembaran, atau doppelganger, adalah seseorang yang terlihat mirip tapi tidak berhubungan darah. Seperti si trainee dan member JKT48 mirip Momo dan Jihyo tadi, pihak yang terlibat tentu saja tidak berhubungan darah. Tetangga saya dan Jihan Fahira juga nggak, apalagi saya dan Bunga Citra Lestari.

Dari tujuh miliar manusia di bumi ini, keberadaan doppelganger seolah menjadi misteri yang menggairahkan. Ada, loh, orang-orang yang niat banget nyari kembarannya lewat media sosial, nyamperin walau beda negara, lalu bikin kolase fotonya sebagai bukti. Orang-orang ini, jelas sudah, bukan sobat misqin seperti kita-kita yang kalau main Instagram aja harus tethering dulu~

Tapi, tenang saja, mylov. Rasa penasaran kita akhirnya terjawab lewat sebuah penelitian yang dilakukan seseorang bernama Teghan Lucas. Melalui penelitian ini, ia bermaksud mengamati tingkat risiko adanya salah tuduh pelaku pembunuhan.

Baca juga:  Prediksi Swedia vs Jerman: Juara Bertahan Kok Begitu

Melalui 4.000 orang yang wajahnya menjadi sampel, Lucas menemukan fakta bahwa…

…di dunia ini, hanya satu dari 135 orang yang memiliki doppelganger!!! Kyaaaa!!! (Ini kenapa harus teriak, sih?!)

Kesimpulan ini jelas melegakan penegak hukum karena kemungkinan mereka bakal salah tangkap pun jadi berkurang. Meski begitu, penelitian ini punya sedikit kelemahan. Apakah itu?

*jeng jeng jeng*

Lucas melakukan studi menggunakan sebuah alat ukur untuk menentukan kemiripan wajah seseorang. Lewat alat ini, seseorang setidaknya harus memiliki delapan ciri fisik yang mirip dan diperhatikan secara detail. Sebagai contoh, kalau Muthe JKT48 panjang telinganya adalah 58mm, sedangkan telinga Momo adalah 59mm, ya mereka nggak bisa diklasifikasikan sebagai ‘mirip’.

[!!!!!!!!!11!!!11!!!]

Padahal, kalau Muthe sama Momo nggak mirip, berita-berita viral soal kemiripan mereka pun nggak akan ada. Mojok juga tidak akan menulis artikel ini. Kamu juga tidak akan membaca tulisan ini sekarang. Kita tentu akan melakukan hal yang sangat berbeda kalau mereka berdua tidak mirip. Kyaaaa!!! (Ini kenapa teriak lagi, sih?!)

Coba cerita, deh: kamu sudah ketemu berapa kembaran sampai hari ini?

  • 6
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles