• 48
    Shares

MOJOK.CO Seorang peserta audisi KDI disemprot Iis Dahlia karena tidak berdandan saat akan menyanyi. Memangnya, apa saja sih yang sebenarnya harus disiapkan peserta audisi pencarian bakat?

Sejak kemarin, netizen heboh. Pasalnya, di media sosial beredar potongan video audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) yang diwarnai komentar pedas para juri.

Seorang peserta bernama Waode Sofia ditampilkan masuk ke ruang audisi dengan tampilan super simpel tanpa gincu dan bedak. Seharusnya hal ini bukan masalah, mengingat ajang pencarian bakat yang dimaksud bertujuan mencari penyanyi, bukannya model iklan di majalah atau tabloid.

Sayangnya, bagi Waode, penampilannya adalah pintu gerbang kemarahan dewan juri yang terdiri dari Iis Dahlia, Benigno, dan Trie Utami.

“Kamu ketemu teman-teman kamu enggak tadi di luar? Mereka kayak gimana mau audisi? Pakai bedak enggak? Pakai lipstik enggak?” begitu ujar Iis Dahlia yang sontak menjadi sorotan publik.

Pada akhirnya penampilan Waode di tahap audisi ini “disulap” dengan tampilan manjaaah dengan gaun hitam elegan yang akhirnya membuat Iis Dahlia tersenyum.

Terlepas dari dugaan setting-an atau bukan, adegan ini menghadirkan tamparan keras bagi kita-kita yang ingin terkenal dengan bantuan ajang pencarian bakat. Belajar dari Waode, setidaknya inilah hal-hal yang wajib kita persiapkan agar berhasil tampil gemilang pada tahap audisi pencarian bakat di Indonesia:

Baca juga:  Ketika Iis Dahlia di KDI Dikeroyok Fatin Shidqia, Citra Scholastika, dan Netizen

3. Suara Emas

Secara teori, hal ini merupakan syarat mutlak dalam ajang pencarian bakat menyanyi. Yah, namanya juga nyanyi, pasti suaranya dong yang dicari!

Bersamaan dengan suara emas, hal lain yang tak boleh ketinggalan dimiliki kita-kita sebagai peserta audisi adalah kemampuan untuk…

2. Bersikap Ekspresif

Ya, dalam bernyanyi, tentu kita harus menghayati lagu yang didendangkan. Nggak lucu, kan, kalau nyanyi dangdut koplo tapi sambil berdiri tegak dan tidak bergerak? Untuk itu, kemampuan ini penting dimiliki. Agar meyakinkan, tampilkanlah ekspresi-ekspresi wajah yang sesuai dengan lagu yang dipilih,

Meski begitu, urusan ekspresif ini juga berkaitan dengan hal lainnya, yaitu…

…jeng jeng jeng!!!

Kalau kamu perhatikan, dalam beberapa audisi pencarian bakat, ada peserta yang mendapat durasi tampil lebih banyak daripada peserta lainnya. Biasanya, peserta-peserta ini adalah peserta yang ekspresif. Artinya, mereka bisa tampil superbahagia, over-PD, ataupun berwajah melasi yang mengundang simpati penonton.

Jadi, jika kamu ingin audisimu berjalan penuh kesan dan kamu disorot kamera lebih banyak, bersikaplah ekspresif saat memperkenalkan diri. Kalau perlu, ceritakanlah perjuanganmu datang ke tempat audisi, misalnya dengan meminjam Go-Pay orang lain atau pura-pura izin sakit dari kantor demi mimpi menjadi bintang.

Biasanya, semakin menyentuh kisahmu, semakin besar kemungkinan penampilanmu dijadikan senjata gimik televisi~

1. Mental

Audisi pencarian bakat konon bisa menempatkan kita di suatu keadaan yang tidak terduga sebelumnya. Jika Fatin yang berseragam langsung mencuri hati Ahmad Dhani dkk, lain halnya dengan Waode. Ia yang berpenampilan “B aja” ini langsung disemprot oleh Iis Dahlia :((

Baca juga:  Ketika Iis Dahlia di KDI Dikeroyok Fatin Shidqia, Citra Scholastika, dan Netizen

Untuk itu, dalam rangka mengantisipasi apa yang terjadi pada Waode terjadi padamu, kamu perlu mempersiapkan mental. Ya, mantapkanlah hati saat melangkah ke ruang audisi, mylov~

Dengan kata lain, bersiap-siaplah kena semprot kalau jerawatmu kelihatan karena akan membuat penampilanmu minus sehingga kamu tidak layak ikut audisi menjadi penyanyi menurut Iis Dahlia. Hiii~