• 88
    Shares

MOJOK.CO Daftar barang negara yang dibawa Roy Suryo beredar luas di lini masa. Pertanyaannya, emang Roy Suryo bakal ngapain dengan ribuan barang ini?

Polemik barang-barang Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) yang disebut masih dibawa oleh mantan Menpora Roy Suryo seolah jadi hot issue abad ini. Bukan hanya 1 atau 2 barang, jumlah total item yang dibawa mencapai 3.226 unit, terhitung sejak tahun 2014 dan 2016.

Wow wow wow~

Sebelumnya, Roy Suryo membantah adanya anggapan 3.226 unit yang disebut dibawa olehnya. Merasa dikirimkan kabar bohong, Roy Suryo percaya bahwa dirinya tengah difitnah dalam masa-masa menjelang Pilpres 2019. Hmmm, mohon maaf nih, Pak, tapi kan Bapak bukan capresnya? Hehe.

Namun, meski dibantah oleh yang bersangkutan, baru-baru ini di media sosial beredar salinan surat resmi yang kembali memojokkan nama Roy Suryo. Pada surat berjudul “Daftar BMN Yang Belum Dapat Diinventarisasi Di Rumah Dinas Jabatan Menteri Tahun 2013-2014”—yang juga dikutip dari Tirtotertanggal 17 Juni 2016, terdapat lebih dari 3.000 unit barang yang belum dikembalikan ke Kemenpora dengan taksiran harga 8,5 miliar rupiah.

Wah, kalau sudah ada surat resminya, apakah ini semua memang fitnah semata, Pak Roy? Atau, jika fitnahnya pun diadakan dalam rangka menjelang pilpres, memangnya di tahun 2016 waktu itu ada pilpres? Tapi, pertanyaan yang sebenarnya lebih penting dari itu hanyalah ada satu: itu Roy Suryo gimana caranya ngebawa 3.226 barang negara, ya???

Lalu, pertanyaan lain yang tak kalah penting dari pertanyaan yang lebih penting tadi adalah: ngapain juga, sih, Roy Suryo pakai bawa-bawa 3.226 barang negara???

Untuk menjawab rasa penasaran tadi, ada baiknya jika kita jlentrehkan dulu barang-barang yang dibawa oleh mantan Menpora yang satu ini. Dari 3.000-an barang, total ada 108 jenis yang tercatat dalam lampiran surat tadi, mulai dari yang besar seperti kasur, hingga yang kecil dan dianggap recehan seperti obeng.

Baca juga:  Fadli Zon: Jokowi Kalah Heroik Dibanding Joni

Nilai harga barang tadi pun beragam. Ada yang berharga lebih dari 175 juta (paling mahal), yaitu Springbed King Koil dan bantal, tapi ada pula yang “hanya” bernilai 15 ribu rupiah, yaitu CCTV Cable Video.

Jika springbed tadi kurang mengejutkanmu, ternyata bapak yang satu ini juga membawa 210 unit kamera, yang jika ditotal akan bernilai lebih dari 2 miliar rupiah. Tak hanya itu, Roy Suryo juga membawa 208 unit kamera digital dengan harga taksiran hampir 1,5 miliar rupiah serta 262 unit peralatan studio gambar senilai 1,3 miliar rupiah.

Dalam daftar ini, jenis yang paling banyak jumlahnya adalah peralatan kantor, yaitu mencapai 784 unit. Selain kipas angin dan radio, masuk ke dalam kategori ini adalah kabel, lampu, power bank, hingga printer dengan total nilai lebih dari 400 juta rupiah.

Jadi gimana, sudahkah kamu terkaget-kaget dengan kespektakuleran barang-barang negara yang masih ada di bawah tanggung jawab Roy Suryo? Sudahkah kamu bisa menebak apa yang bakal ia lakukan dengan 3.226 barang-barang ini???

Mojok Institute menilai ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan bersama-sama barang negara, di antaranya adalah:

1. Buka Department Store atau Minimarket

Melihat daftar barang yang memberi kesan “apa-apa saja ada”, sepertinya Roy Suryo bisa mulai merencanakan membuat department store atau, minimal, minimarket. Yaaah, sederhananya, toserba gitulah. Mau beli TV? Ada. Mau beli kabel? Punya. Mau beli blender? O, jelas bisa.

Baca juga:  Ketika Gibran Rakabuming Ditanya Pilih Jokowi atau Prabowo untuk Pilpres 2019

Dengan modal berupa inventaris miliaran ini, hasil yang akan Roy dapat tentu menjanjikan. Dengan cara ini pula, Roy bisa menunjukkan bahwa barang negara bakal bermanfaat bagi masyarakat negara itu sendiri. Halaaaah~

2. Buka Rentalan

Dari sekian banyak barang yang dibawa oleh Roy Suryo, beberapa di antaranya memiliki peluang untuk disewakan. Selain kamera digital, ada pula tripod, tas kamera, dan peralatan studio video lainnya yang berjumlah hingga ratusan.

Dilihat dari segi usaha, jika Roy masih terlalu sayang untuk melepas dan menjual barang-barang ini, ia bisa membuka usaha rental dan sewa di rumahnya sendiri. Agar lebih epic, ia bisa menggunakan tagline yang menarik, seperti: “Meski Mantan, Akulah yang Terdepan”.

3. Mengembalikannya Secara Lengkap

Pada dasarnya, semua orang berharap Roy Suryo adalah pribadi yang baik hatinya, jujur, adil, dan makmur. Atas jasa-jasanya membuka rahasia di balik foto dan video skandal para artis tanah air, rasanya Roy harus tetap mampu menjaga image dirinya agar tetap dapat dipercaya.

Yah, kalau soal barang negara saja ia kabur dan tak jujur, mana mau orang percaya kalau ia bilang video skandal artis-artis kita itu cuma editan??? Lagi pula, untuk ukuran orang sepandai Roy Suryo, apakah kita harus mempertemukannya dengan Roy yang lain—Roy Kiyoshi—hanya untuk mengingatkannya perihal karma baik dan karma buruk???

Apapun yang Roy Suryo lakukan dalam kasus 3.226 barang negara ini memang bakal menjadi sorotan. Meski kita tak tahu apakah ia akan mengembalikan keseluruhannya atau tidak, setidaknya kita tahu satu hal. Jika ada yang bertanya kenapa aksi Roy Suryo membawa barang negara ini tak terekam CCTV, jawabannya adalah: ha wong CCTV-nya aja dibawa….

  • 88
    Shares


Loading...



No more articles