cedera otot cedera sendi olahraga terkilir keseleo kompres es saat pegal olahraga lionel messi pertolongan pertama PRICE pada otot pijat saat terkilir kesehatan otot mojok.co
cedera otot cedera sendi olahraga terkilir keseleo kompres es saat pegal olahraga lionel messi pertolongan pertama PRICE pada otot pijat saat terkilir kesehatan otot mojok.co

Jenis-Jenis Pakaian Lari yang Sopan

MOJOK.CO Pelari wanita di Yogya dipukul warga karena dianggap memakai pakaian lari yang tidak sopan. Hm, emang pakaian lari yang sopan kayak gimana sih? Check this out!

Seorang pelari wanita yang sedang mengikuti lomba lari 5K Unisa (Universitas Aisyiyah) Running 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 1 Mei 2018 mendapat perlakuan tak menyenangkan. Dengan alasan berpakaian lari yang tidak sopan, pelari wanita tersebut dihardik dan dipukul pantatnya oleh seorang warga. Kejadian ini menjadi viral setelah videonya disebar di media sosial.

Untuk sebagian pemirsa, pakaian yang dikenakan pelari ini sudah sesuai dengan standar lari. Kaus dan celana pendek. Oleh karena kompetisi lari ini dibuka untuk umum, memang tidak ada aturan pakaian yang mutlak harus dipakai peserta.

Terlepas dari ironi bahwa warga yang marah karena pakaian lari tidak sopan mengingatkan dengan cara yang jauh lebih tidak sopan (dengan memukul pantat), peristiwa ini membuat Mojok Institute bertanya, pakaian lari seperti apakah yang sopan dan tepat agar tidak memancing emosi warga mana pun yang dilewati?


Mojok Institute menyadari hal ini sebagai bahasan penting yang harus diketahui banyak orang. Jika masyarakat menginginkan pakaian lari yang sopan, Mojok Institute mendukung keputusan ini dengan mengajukan klasifikasi yang lebih detail.

Berikut jenis-jenis pakaian lari yang sopan menurut riset kami. Perhatikan baik-baik.

Baca juga:  5 Jurusan Kuliah yang Nggak Ada Matinya, Meski AI Sudah Menguasai Dunia Sekalipun

1. Pakaian Lari yang Bilang Permisi

Dalam kasus pelari tadi, bisa saja pakaian lari yang dipakai dianggap tidak sopan karena pakaian larinya tidak bicara apa-apa saat sedang melewati warga yang notabene sudah kakek-kakek.

Tentu hal ini bisa menjadi pelajaran penting bagi semua pakaian lari, baik keluaran Puma maupun Diadora. Saat sedang berjalan melewati orangtua, ada baiknya pakaian lari menunduk sedikit, tersenyum, lalu bilang, “Permisi, Pak, Bu….”

2. Pakaian Lari yang Selalu Menyapa Warga

Masih berhubungan dengan syarat pertama, yaitu wajib bilang permisi, sikap pakaian lari yang selalu menyapa warga tentu masuk ke dalam golongan pakaian lari yang sopan. Pentingnya sikap menyapa ini patut menjadi perhatian besar, khususnya agar terjalin silaturahmi yang baik antara warga dan pakaian lari itu sendiri.

Jika pakaian lari kita aja sopan dan rajin menyapa warga, kita pun ikut bangga dan terharu, bukan?

3. Pakaian Lari yang Ikut Kerja Bakti

Setiap hari Minggu, di beberapa daerah kerja bakti masih rutin dilaksanakan. Pada kegiatan ini, semua warga tentu diharapkan berpartisipasi, saling bergotong royong untuk membersihkan daerahnya.

Agar dinilai lebih sopan, pastikanlah pakaian larimu ikut bekerja bakti dan membantu semua orang. Dengan begitu, pakaian larimu pasti akan jadi kesayangan semua orang, mulai dari pak dukuh sampai kembang dan kumbang desa.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Ayam Nggak Bisa Ikut Jadi Hewan Kurban

4. Pakaian Lari yang Kalau Kenalan Ngajak Salaman

Tak kenal, maka tak sayang. Tak kenal, maka kenalan. Dalam berkenalan, gestur bersalaman sering kali dilakukan sebagai simbol perkenalan diri dan apresiasi menerima perkenalan diri orang lain. Dengan kata lain, besalaman memang memiliki nilai yang penting dalam membentuk karakter sopan.

Jika pakaian larimu melakukan hal ini, gelar pakaian sopan pun sudah pasti akan beralih kepadanya.

5. Pakaian Lari yang Suka Minta Maaf


Namanya juga orang berbuat salah, tentu harus minta maaf dong. Hal ini juga menjadi peraturan penting bagi seluruh pakaian lari di dunia. Agar tercapai cita-citanya sebagai pakaian lari yang sopan, sikap yang satu ini jelas tidak boleh absen, mylov~

Jadi, sudahkah pakaian larimu memenuhi semua syarat ini agar menjadi pakaian lari yang sopan dan berkelas? Hmm?