MOJOK.CO Demi memelihara suasana tahun baru di kosan, mendingan bikin makanan bakar-bakaran dan dimakan ramean. Obong-obong, Lur!

Nggak usah sedih kalau seisi kota menyaksikan kembang api di alun-alun sama ayang-ayangnya. Ketahuilah kalau tahun baruan di kosan bisa mencegahmu berbuat maksiat dan berfoya-foya.

Sebagai perwujudan semangat menyambut pergantian tahun, makanan bakar memang sudah identik dengan malam tahun baru. Apalah artinya melihat kembang api kalau nggak sambil menggigt paha ayam bakar setengah gosong. Tapi… tapi… jangan melulu yang dibakar-bakar ayam ya. Sebenarnya banyak alternatif bahan lain.

Resep makanan bakar-bakaran #1 Sejatinya jagung bakar, ayam bakar, dan sosis bakar adalah seminim-minimnya perayaan tahun baru

Ayam bakar memang terlalu mainstream buat jiwa-jiwa edgy. Tapi ayam, jagung, dan sosis adalah bahan yang sudah kelewat identik dengan tahun baru dan kalau bisa jangan dilewatkan. Kehadiran mereka selayaknya mantan yang walau kita sudah nggak suka tapi perlu diingat sebagai sebuah fase dalam petulangan cinta. Jangan bosan-bosan buat beli mentega (200 gr, Rp7.000), saus barbekyu (saus barbekyu Del Monte 250 gr, Rp11.500), sekalian kecapnya (kecap manis ABC pouch 520 ml, Rp15.900) buat olesan. Biar ayamnya empuk dan bisa dikunyah oleh boomer sekalipun, coba direbus dulu sebelum dibakar.

Gambar dari cookpad.com

Resep makanan bakar-bakaran #2 Alternatif buat sobat vegan, bakarlah menu yang nggak enak buat omnivora

Baca juga:  Cara Menghadapi Teman Kos Menyebalkan tanpa Menimbulkan Konflik

Bagi teman-temanku yang berkomitmen menjaga alam, penyayang binatang, dan menolak segala bentuk konsumsi hewani, bagaimana cara kalian dapat protein? Eh, nggak ding. Saya justru mau memberikan alternatif menu tahun baruan lo.

Kalau nggak bisa makan ayam bakar, ikan bakar, sapi bakar, unta bakar dan sejenisnya, substitusikan bahan tersebut dengan sayuran. Masih ada brokoli, kentang, wortel, paprika, terong yang bisa ditusuk-tusukkan ke lidi lalu dioles kecap dan saus barbekyu. Mantap, kan sobat veganku?

Gambar dari Cookpad

Resep makanan bakar-bakaran #3 Cilok bakar bakal enak banget sih!

Saya langsung terbayang tekstur kanji yang kenyal-kenyal tapi garing dan agak gosong di luar. Belum lagi kalau si cilok ini dikasih bumbu pedas sebelumnya, umami! Tinggal beli saja cilok di mamang-mamang langganan, minta bumbunya dipisah. Nah, saat tengah malam keluarkan ciloknya, oles-olesin bumbunya dan bakarlah sak gosonge.

Sekadar tips, persiapkan susu murni buat minumannya karena ditakutkan ciloknya kepedasan dan bikin sakit perut. Menghiasi hari pertama 2020 dengan diare bukanlah hal yang manis untuk dikenang, percayalah.

Gambar dari merdeka.com

Resep makanan bakar-bakaran #4 Nanas bakar akan lebih enak dari yang pernah dibayangkan

Sebagai buah yang susah dikupas, nanas memang punya rasa yang bikin terkejut. Seringnya kecut dan bikin merem-merem saat dikunyah, udah kayak itu aja ya hehe. Tapi ketahuilah nanas kalau dibakar justru semakin manis. Rasa yang mirip permen nano-nanonya bakal hilang tergantikan rasa gula cair dalam buah bertekstur mirip gabus. Sangat layak bagi pembenci rasa masam yang ingin tantangan makan nanas.

Resep makanan bakar-bakaran #5 Apel bakar ala film Hollywood

Baca juga:  Lima Resolusi Tahun Baru yang Paling Sering Gagal

Wujudkan rasa penasaranmu saat nonton adegan film Hollywood di mana si tokoh sedang makan apel yang habis dibakar. Buah ini konon bisa menghasilkan rasa manis kayak karamel kalau dibakar pada suhu yang benar.

Lubangi apel di bagian atasnya, lalu isi dengan gula, mentega, dan bubuk kayu manis kalau doyan. Bungkus apel pakai alumunium foil dan lempar ke api yang membara. Ada juga cara lain yang lebih sederhana. Tusuk apel pada bagian bawahnya, lumuri pakai gula dan bakar sedikit demi sedikit sambil digigitin.

Belanjalah sekarang juga sebelum macet dan jalanan dipenuhi orang-orang bermesraan. Menu bakar di atas tergolong low budget bahkan buat anak kosan. Kalau sampai ada yang bilang kemahalan, mungkin karena kurang rela berkorban dan nggak mengilhami definisi perayaan.

BACA JUGA Dengan 50 Ribu Bisa Masak Apa Saja untuk Empat Orang? atau artikel makan-makan lainnya di sini.