tidak punya hobi hobby pengertian hobi macam-macam hobi memasak sepeda brompton mojok.co
tidak punya hobi hobby pengertian hobi macam-macam hobi memasak sepeda brompton mojok.co

Inilah Rasanya Jadi Orang yang Tidak Punya Hobi

MOJOK.CO  – Menjadi bingung dan tidak berkarakter ketika jadi orang tidak punya hobi. Tapi apalah artinya semua ini, hidup itu pilihan.

Salut banget dengan perjalanan hidup Brendon Urie. Dari dulu sudah suka nyanyi. Alat musik apa pun dia pelajari sampai bisa memainkan 17 alat musik yang berbeda. Meskipun sempat kerja paruh waktu jadi pramusaji, dia masih sering nyanyi demi dapet tip dari pelanggan. Brendon Urie tahu betul hobinya adalah musik.

Walau jatuh bangun dia rasakan sebelum akhirnya sukses dengan Panic! At the Disco, Brendon Urie tahu betul dia bukan orang yang tidak punya hobi. Makanya bertahan sama musik sampai sakses.

Di satu sisi hobi bisa berfungsi jadi motivasi, jadi kegemaran di waktu luang, dan jadi pengobat hati. Hobi bisa mencirikan hidup seseorang pula. Sementara kaum-kaum yang bingung mengisi kolom hobi di pengisian biodata rasanya kayak belum nemu jati diri.


Waktu lagi rame-ramenya bertukar kertas Harvest yang bagus, saat buku diary jadi primadona dan simbol kemewahan bocah milenial kala SD, saya pernah tertegun sejenak hanya karena nggak tahu harus nulis apa di kolom hobi.

Saat itu adalah hari-hari terakhir bersekolah di SD. Kawan-kawan sekelas saling menggilir buku buat menulis biodata masing-masing. Ya beginilah cara kami saling mengingat tanpa mencetak buku kenangan.

Baca juga:  Konten Adalah Kunci, tapi Nggak Ngambil Foto Orang Meninggal Juga Kali

Di dalam buku tersebut ada kolom nama, TTL, agama, alamat, nomor telepon, dan pertanyaan receh lain seperti makanan kesukaan, warna kesukaan, dan… hobi.

Angan saya melambung jauh terbang tinggi bersama lagunya Anggun C. Sasmi. Sejujurnya saya orang yang tidak punya hobi.

Saya melakukan hal-hal yang menurut saya mengasyikan di hari itu. Misal kalau lagi suka main Pump it up di Timezone ya gas aja. Tapi besoknya sih nggak janji bakal mood melakukan kegiatan yang sama. Kalau hari ini saya suka main sepatu roda, belum tentu juga besok. Mungkin hari ini saya lagi getol nonton film, dua jam kemudian udah jengah.

Sebagai orang yang tidak punya hobi, saya cuma bisa ngasal dan mengisi “bernapas” di kolom hobi. Karena jika pengertian hobi adalah hal-hal menarik yang rutin dilakukan, maka bernapas itu kegiatan yang tepat.

Saat pandemi begini, orang yang tidak punya hobi jadi lebih menderita. Kalau orang yang passion bercocok tanam pada mulai rajin bikin hidroponik di depan rumah, sementara yang suka olahraga pada beli sepeda, orang kayak saya mau ngapain coba?

Hal yang bikin greget bagi saya itu cuma cari uang dan berkencan. Lha iya, siapa yang nggak suka.

Waktu mencoba curhat ke teman, mereka mengira hobi saya menulis. Mohon maaf ya, Yorobun, menulis itu pekerjaan saya. Kalau dijadikan hobi, datar banget dong hidup saya isinya cuma nulis, nulis, dan nulis.

Baca juga:  Ide Aneh Menhan Prabowo: Anak SMP-SMA Mau Diajak Wajib Militer

Ternyata tidak punya hobi itu bisa terjadi turun temurun. Setelah bapak saya memutuskan buat menghentikan kegiatan cari duit, beliau suka curhat ke saya karena bingung mau ngapain. Sampai anxiety pokoknya saking bosennya. Saya menyarankan banyak hal mulai dari berkebun, bikin prakarya, melukis, bongkar pasang perabot, nonton film, pelihara ikan, semuanya mental.

Saya tanya ke bapak, dulu waktu muda sukanya ngapain. Dia bilang masa mudanya hanya dihabiskan buat cari uang. Mantap, bapak saya tidak punya hobi juga.

Yang menyedihkan, di masa tua nanti orang-orang semacam saya mungkin bakal kebingungan membunuh waktu. Tapi hikmahnya ada pelarian terbaik dari semua kebosanan yang mungkin dirasakan orang-orang tidak punya hobi yaitu: ibadah. Tapi maaf, berlaku cuma buat yang percaya Tuhan.

Meskipun dibilang nggak berkarakter, nggak punya ciri khas, dan nggak nemu-nemu jati diri. Orang bebas yang tidak punya hobi nggak terikat sama apa pun. Nggak bakal kalap menghabiskan cuan ketika lihat Brompton model baru, dan bisa memilih melakukan apa saja sesuai mood. Setidaknya cuma itu sisi positifnya, sisi negatifnya jelas lebih banyak.

BACA JUGA Mempertanyakan Kenapa Ada Kewajiban Perpanjang SIM dan Kalau Telat Harus Bikin Baru atau artikel lainnya di POJOKAN.