ilustrasi Daftar Film Populer yang Berhasil Menciptakan Parno di Benak Orang-orang Bermental Tak Kuat mojok.co
ilustrasi Daftar Film Populer yang Berhasil Menciptakan Parno di Benak Orang-orang Bermental Tak Kuat mojok.co

Daftar Film Populer yang Berhasil Menciptakan Parno di Benak Orang-orang Bermental Tak Kuat

MOJOK.CO – Daftar film populer berikut adalah legenda yang berhasil menanamkan ketakutan dan paranoid di benak penonton. Salah siapa diingat-ingat terus?!

Kita harusnya sepakat bahwa aktivitas nonton film adalah sebuah ajang cari hiburan. Sayangnya, ada aftertaste film yang justru bikin orang-orang ketakutan dan parno minta ampun walau film sudah lama selesai ditonton. Daftar film populer berikut adalah beberapa di antara banyak film yang berhasil bikin trauma sejuta umat. Biasanya penonton yang kena mental adalah yang masih pure, masih polos sehingga sulit rasanya membedakan realitas film dengan kehidupan nyata.

#1 Semesta Final Destination bikin banyak orang tobat, ingat kematian, dan males takut roller coaster

Saya ingat betul debut nonton film Final Destination saya ketika SMP dulu. Usai nonton, saya dan kawan-kawan merasakan badan panas dingin dan ketakutan. Sebagian dari kami yang alim kemudian ambil air wudhu dan menyegerakan salat setelah sepanjang film istighfar tiada henti. Menyaksikan kematian yang spontan, nggak masuk akal, dan mengerikan itu membuat kami sadar bahwa setiap yang hidup pasti akan mati. Dan, barang siapa yang sudah ditakdirkan mati tidak akan bisa menghindar bagaimanapun caranya.

Final Destination memang bikin sebagian orang tambah religius, ia pantas masuk daftar film paling bikin parno. Film populer ini sekaligus bikin orang takut naik roller coaster karena takut terjadi sebuah kecelakaan. Parahnya, ada juga yang parno banget mengendarai mobil di belakang truk yang memuat kayu, tralis, atau benda panjang sejenisnya. Ingat adegan saat salah satu tokoh mati tertusuk besi itu kan? Itu terjadi begitu saja, tak terhindarkan saat besi panjang terlempar ke arah mobil. Hih, ngeri.


#2 Film Keramat bikin parno sama gending Jawa dan suara gamelan 

Film horor Indonesia yang katanya paling seram ini berhasil menciptakan ketakutan di benak orang-orang. Sebelum nonton Keramat, mendengar alunan musik gamelan dan gending Jawa mungkin membuat sebagian dari kita ingat pertunjukkan wayang dan ingat rasa kantuknya. Sayang, setelah Keramat masuk daftar film horor yang wajib tonton, semuanya berubah.

Mendengar alunan gamelan justru bikin banyak orang mengingat adegan nari-nari di tengah hutan dan ingat adegan-adegan seram di film Keramat. Pantas, banyak film-film horor selanjutnya yang memasukkan elemen gamelan biar terkesan magis.

#3 Nonton Titanic bikin mabok laut dan takut mati tenggelam

Beberapa orang beranggapan kalau mati tenggelam adalah cara yang mengerikan untuk mengakhiri hidup. Membayangkan betapa sesaknya dada karena menelan begitu banyak air saja bikin merinding. Semua berawal dari Titanic. Meski film poler ini genrenya romantis, tapi kisah tragis di dalamnya membuat Titanic kayak masuk daftar film yang bikin parno.

Saya sendiri suka mabok laut kalau di atas kapal ingat bagaimana air mulai menggenangi kapal Titanic yang saya tonton ketika SD dulu. Saya nggak peduli seberapa cakep Jack dan Rose ketika itu. Yang jelas, adegan Jack tenggelam itu bikin saya ngeri kalau mati tenggelam. Seminggu kemudian, saya pun minta dibiayai les renang.

#4 Film Jaws bikin manusia takut banget sama hiu

Film kayak Jaws ini layak masuk daftar film populer yang bikin parno seluruh umat. Hampir semua orang di dunia percaya bahwa ikan hiu adalah pembunuh kejam, predator mengerikan, dan pemakan manusia. Ya memang, hiu-hiu di film Jaws kelihatan kejam dan layak dibunuh, tapi aslinya nggak seburuk itu.

Sebenarnya manusia bukanlah makanan hiu. Hiu umumnya menyerang peselancar karena mengira papan selancar mereka adalah mangsa. Makanya, hiu seringnya menggigit papan selancarnya dulu, baru menarik orangnya ke dalam laut. Setelah si hiu sadar itu bukan makanannya, biasanya si manusia bakal dilepehin. Penglihatan hiu konon emang nggak begitu bagus dan mereka nggak bisa menciptakan kacamata atau softlens kayak manusia. Nggak ada metode lasik juga di dalam laut. Dahlah.

Reputasi hiu yang mengerikan telanjur jadi cerita turun temurun sampai sekarang. Memang sih, hiu pernah tercatat menjadi “pembunuh” manusia, tapi nggak kayak di film Jaws juga sih. Ketakutan manusia memang tercipta dari kepala mereka sendiri.

#5 Film Conjuring bikin orang-orang semakin takut boneka dan suster

Punya salah apa boneka-boneka yang lucu itu kok bisa-bisanya sekarang ditakuti manusia. Padahal boneka diciptakan lucu dan imut, cantik, mata belo, walau kadang rambut kusut. Legenda boneka berhantu memang sudah jadi urban legend. Tapi, setelah ada film Conjuring, ketakutan ini makin diperkuat.

Boneka-boneka yang bentuknya beneran kayak anak kecil jadi jenis mainan yang mungkin nggak mau lagi dibeli sama generasi sekarang. Kalau masih boneka Barbie okelah, kan kecil banget tuh. Nah kalau ukurannya udah segede bayi manusia, barulah pada parno. Merasa kalau boneka itu bakal dihinggapi roh jahat kayak Annabelle.

Selain karena Annabelle, Conjuring layak masuk daftar film yang bikin parno karena sosok Valak. Banyak orang yang jadi seram kalau lihat suster jalan-jalan malam hari dengan tudungnya yang besar dan hitam. Hey, padahal susternya nggak salah apa-apa! Emang dasar pada parno aja sama Valak.

Sebenarnya masih banyak daftar film populer lain yang bikin parno, kayak film Kuntilanak yang bikin orang ketakutan sama lagu “Lingsir Wengi”, A Quite Place yang bikin orang-orang ngomong berbisik usai nonton. Semua itu memang tergantung mental. Yang pemberani sih, ya berani aja. Walau keberanian kadang hanyalah rasa takut yang bersembunyi di balik ego. Halaaah.

BACA JUGA Final Destination dan Paranoia yang Tak Kunjung Hilang dan tulisan lainnya di POJOKAN.