MOJOK.CO Insomnia bisa jadi sangat menganggu jika keesokan harinya kita tahu betul harus kembali beraktivitas. Alih-alih konsumsi obat-obatan dengan dosis ngawur, lebih baik pakai obat tidur alami yang bisa manjur kayak sulap.

Perasaan tersiksa karena ingin tidur tapi nggak bisa itu betul-betul serius. Seolah waktu berjalan begitu cepat, melamun, pindah posisi tidur, bolak-balik bantal, eh tiba-tiba udah azan subuh aja.

Kalau ditilik lagi, penyebab insomnia sebenarnya ada banyak. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan psikis seperti stres dan kecemasan, hingga yang sifatnya fisiologis dari kelebihan makan, kafein, hingga penggunaan obat tertentu.

Beberapa ramuan ini bisa kalian buat di rumah untuk membantu menenangkan kecemasan sekaligus jadi cara cepat tidur yang ampuh. Sebarkan ke sepuluh teman dan jangan berhenti di kamu!!1!11

Obat tidur alami #1 Rebusan pisang dan kayu manis

Bahan yang kalian butuhkan hanya tiga.

  1. Air
  2. Pisang
  3. Kayu manis

Cara membuatnya juga sangat sederhana. Rebus dua buah pisang beserta kulitnya hingga mendidih. Tiriskan dan saring airnya. Bubuhkan kayu manis dalam cairan tersebut. Lalu sajikan selagi hangat. Kulit pisang yang banyak mengandung kalium dan magnesium mampu meningkatkan kualitas tidur. Aroma kayu manis yang menenangkan akan membantu kalian rileks dan memasrahkan diri untuk terlelap.

Obat tidur alami #2 Campuran susu dan air kelapa

Ramuan berikut ini manjur banget dan bisa dicari di saat-saat darurat. Saat tengah malam kalian putus asa karena nggak ngantuk tapi harus tidur, bahan ramuan ini bahkan bisa dicari di mini market yang buka 24 jam. Hanya dua yang dibutuhkan.

  1. Susu (bisa susu kemasan seperti ultra milk, bearbrand, dll.)
  2. Air kelapa (bisa diganti dengan air kelapa kemasan)

Campurkan keduanya, aduk lalu minum. Maka saksikan sendiri betapa mujarabnya kedua bahan ini karena bikin ngantuk. Jika kalian alergi terhadap laktosa pada susu, meminum air kelapa saja juga bisa membantu kok. Air kelapa mengandung magnesium dan dapat membantu relaksasi otot. Pada dasarnya otot yang menegang memang jadi penyebab insomnia yang paling umum.

Obat tidur alami #3 Susu hangat dan madu

Kenapa sih harus susu? Susu sebenarnya mengandung triptofan yang bisa berubah jadi hormon serotonin. Tugas hormon ini adalah sebagai obat penenang alami dan membuat kalian cepat tidur. Sementara madu adalah pelengkapnya. Madu ibarat kereta cepat yang bisa membawa serotonin ke otak. Keduanya adalah pasangan serasi dan ramuan ampuh yang bisa membawamu melayang ke Santorini. (Iya, maksudnya dalam mimpi!)

Di samping ketiga ramuan obat tidur alami di atas, kalian bisa mulai memperbaiki gaya hidup agar tidur lebih mantap. Misalnya dengan rutin berolahraga, mengurangi rokok, hingga membahagiakan diri sendiri biar nggak stres. Pada dasarnya orang yang mengalami insomnia memang nggak sehari dua hari bisa sembuh total, tapi secara berkala perlu diobati.

Ingatlah bahwa obat tidur memang bikin kalian cepat lelap pada hari itu, namun membuat resistensi terhadap obat makin tidak terkontrol. Kecuali kalau kalian sudah mengantongi resep dokter, sih, nggak apa-apa. Met bobo yah!

BACA JUGA Perbedaan Henti Jantung dan da Serangan Jantung yang Perlu Kamu Ketahui atau artikel lainnya di PENJASKES