Bejijong tahu? Oh nggak. Kalau Buddha Tidur tahu? Tahu. Lha, tempatnya itu sama, Lur!
Perjalanan selalu membawa saya pada obrolan dengan orang-orang baru, apalagi saya adalah pengguna moda transportasi kereta api. Terhitung dua kali dalam seminggu saya naik kereta Surabaya–Mojokerto dan sebaliknya. Obrolan selalu terbuka ketika saya baru duduk. Tapi, dari banyaknya pilihan obrolan pembuka, yang paling saya benci adalah pertanyaan asal dari mana. Bentar-bentar, saya jelasin dulu.
Tiap kali saya ditanyai asal, saya selalu jawab Bejijong (ya kali Bordeaux). Nah, reaksi selanjutnya yang saya nggak suka. Semua orang selalu nanya balik karena nggak tahu Bejijong. Lalu, dengan senyum andalan (sedikit nyenyengit), saya sebutkan Buddha Tidur. Nah, baru itu mereka tahu dan paham. Mereka tahu Buddha Tidur, tapi nggak tahu Bejijong.
Lho he, lho he, Buddha Tidur kui ya di Bejijong itu, Lur.
Jadi begini kawan-kawan, kalau kalian pernah berkunjung ke Buddha tidur Mahavira Majapahit, sudah pasti kalian berada di Bejijong. Sebab, secara geografis Budha tidur terletak di Dsn Kedungwulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Mangkanya aneh sekali kalau kalian pernah berkunjung ke Buddha tidur, tapi tidak tahu Bejijong. Terus bumi mana yang ente pijak saat di Buddha tidur???
Lantas mengapa orang lebih mengenal Buddha tidur dibandingkan Bejijong? Saya rasa karena pengetahuan orang-orang masih terbatas terkait desa ini. Untuk itu saya akan mengajak teman-teman untuk mengenal Bejijong.
Destinasi ritual
Kepercayaan masyarakat bahwa Siti Inggil sebagai makam Raden Wijaya atau pendiri Kerajaan Majapahit menjadikan Bejijong sebagai destinasi ritual. Bukan lagi rahasia umum, kalau banyak orang yang melakukan ritual untuk mendapat keberuntungan dengan bersemedi di Siti Inggil. Banyak orang yang berbondong-bondong datang, bahkan dari luar pulau hingga luar negeri. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang rela tinggal di Siti Inggil selama beberapa pekan untuk melanggengkan ritual. Tidak jarang pula, mereka yang berprofesi sebagai artis atau politikus juga melakukan ritual di sana.
Padahal, jika ditelisik lagi, keabsahan makam Raden Wijaya di Siti Inggil belum ditemukan kebenarannya. Dilansir dari detik.com, arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) menyatakan bahwa dalam Kitab Negarakertagama makam Raden Wijaya berada di Candi Simping, Kabupaten Blitar. Meskipun begitu, tidak melunturkan kepercayaan masyarakat untuk tetap melakukan ritual di Siti Inggil hingga hari ini.
Pusat pengrajin cor kuningan
Sebelum masuk desa Bejijong, kalian akan disambut dengan gapura besar yang bertuliskan “Pusat Pengrajin Cor Kuningan”. Tidak heran jika Bejijong dinobatkan sebagai “Pusat Pengrajin Cor Kuningan”. Sebab, produksi logam sebagai kerajinan sudah dilakukan di desa ini sejak zaman kerajaan Majapahit.
Untuk cor kuningan sendiri, Mbah Hariadi Sabar adalah pelopor pertama pengrajin cor kuningan di Bejijong sekitar 1972. Sejak saat itu, mulai banyak orang yang menekuni produksi patung cor kuningan. Meskipun sempat vakum, pada 1993 industri kerajinan cor kuningan mulai bangkit. Sebagian besar masyarakat Bejijong saat itu berprofesi sebagai pengrajin maupun buruh pengrajin cor kuningan. Nominasi sebagai pusat pengrajin cor kuningan mendatangkan wisatawan lokal maupun asing ke Bejijong. Sempat mengalami kemerosotan produksi akibat pandemi Covid-19 pada 2020, kini industri kerajinan cor kuningan mulai bersinar kembali.
Desa Wisata Kampung Majapahit
Setelah dinobatkan sebagai pusat pengrajin cor kuningan, Bejijong kembali mendapat julukan baru sebagai “Kampung Majapahit”. Pelabelan ini tentu tidak asal-asalan, potensi wisata berbasis sejarah-kebudayaan berhasil menjadikan Bejijong sebagai salah satu Kampung Majapahit di Trowulan.
Dilansir dari jadesta.com, konsep desa wisata Kampung Majapahit menganut one village multi product, alias satu lokasi semua semua terangkum dalam satu paket wisata. Kampung Majapahit dikelilingi candi yang indah tinggalan kerajaan Majapahit yang menduduki masa emas pada 1400 M. Tidak hanya itu, Kampung Majapahit juga memiliki produk unggulan, seperti merchandise ala Majapahit, makanan khas Majapahit, batik khas Majapahit, dan homestay dengan arsitektur Majapahit. Bejijong sebagai penerima rumah Majapahit terbanyak di Trowulan, yaitu sebanyak 197 unit.
Dari sekian banyak penjelasan tersebut, harusnya kalian udah agak paham ya. Biar saya nggak capek menjelaskan tentang Bejijong terus. BTW, tertarik untuk berkunjung?
Penulis: Audea Septiana
Editor: Rizky Prasetya
BACA JUGA 6 Rekomendasi Sarapan di Kota Mojokerto yang Enak dan Terjangkau