Syuting di Eropa Nggak Bikin Sinetron Indonesia Naik Kelas

Syuting di Eropa Nggak Bikin Sinetron Indonesia Naik Kelas

Syuting di Eropa Nggak Bikin Sinetron Indonesia Naik Kelas (Pixabay.com)

Dunia hiburan televisi Indonesia sekarang lagi rame-ramenya, terlebih di SCTV. Soalnya, TV swasta dengan logo warna kuning dan biru itu akan menayangkan sinetron baru berjudul Siapa Takut Orang Ketiga. Katanya, sih, katanya, sinetron ini memiliki sinematografi kelas internasional, terlebih syutingnya di Eropa. Tapi, menurut saya sinetron ini nggak akan bisa bikin dunia hiburan televisi Indonesia naik kelas.

Siapa Takut Orang Ketiga adalah salah satu sinetron yang bercerita tentang seorang perempuan bernama Kim yang diperebutkan oleh dua laki-laki bernama Will dan Sam. Sinetron yang diproduksi Sinemart ini, tayang setiap sore, setiap hari, sama seperti sinetron pada umumnya.

Meskipun syuting di Swiss dan Paris, tetapi sinetron ini tidak serta merta membuatnya seperti drama Korea yang bisa menggaet penonton dari berbagai belahan dunia. Perlu diakui, beberapa teknik sinematografi di sinetron ini cukup keren, tapi hanya dalam membuat footage perkotaan.

Di sini saya akan saya jelaskan mengapa sinetron Siapa Takut Orang Ketiga ini nggak jauh beda dengan sinetron yang pernah tayang bertahun-tahun yang lalu di Indonesia. Padahal, pasti biaya produksinya mahal karena syuting di luar negeri dengan tayangan yang disiarkan setiap hari.

Pertama, cerita yang nggak ada inovasinya sama sekali. Sinetron Indonesia sangat identik dengan perselingkuhan, percintaan, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Padahal, para sineas Indonesia tentu punya ide-ide keren yang revolusioner untuk dunia sinetron Indonesia.

Ambil contoh Korea Selatan. Korea Selatan tidak hanya memiliki kisah tentang cinta, tetapi politik, kriminal, aksi, atau bahkan beberapa genre disatukan menjadi sebuah cerita yang ciamik. Tentu hal ini seharusnya menjadi tolok ukur dalam membuat sinetron yang baik, dan tentu bisa menggaet penonton muda.

Kedua, dialog yang biasa aja. Sinetron Indonesia dari tahun ke tahun tidak memiliki kemajuan dalam penulisan skrip, percakapan antartokoh sangat biasa dan klise. Tentu, sebagai penonton yang mengikuti perkembangan dunia hiburan, bakal merasa bosan. We bored, man. Wanna try something new?

Padahal, Indonesia pernah memiliki sinetron dengan dialog yang keren dalam Para Pencari Tuhan di tahun-tahun awal. Dialog Aya dan Azam masih ngena dan ramai dibagikan di sosial media karena punya retorika yang tidak biasa. Sementara, semakin ke sini, tidak ada lagi penulisan skrip keren seperti itu.

Ketiga, terlalu banyak musik. Sinetron Indonesia sepertinya sangat alergi untuk menghilangkan musik latar dari tayangannya. Setiap scene pasti harus diisi dengan musik latar, yang kadang malah mengganggu telinga. Padahal, musik latar harusnya bisa digunakan lebih sesuai dengan rasa dari scene yang ditayangkan.

Jika kita melihat series-series Indonesia di platform streaming, mereka menggunakan musik latar secukupnya. Bagi scene dialog biasa, tentu keheningan memiliki warna alami tersendiri. Tetapi, di sinetron Indonesia, musik latar itu wajib hukumnya, haram kalau dihilangkan.

Keempat, slow motion yang berlebihan. Dua episode sinetron Siapa Takut Orang Ketiga yang saya tonton, masih punya adegan slow motion yang berlebihan. Bahkan, sinetron yang digembor-gembor punya sinematografi kelas dunia ini menayangkan slow motion yang sedikit patah-patah.

Saya tidak masalah dengan adanya adegan slow motion, tetapi jika terlalu berlebihan apalagi dengan frame rate yang tidak stabil, tentu akan menyakiti mata. Padahal, rumah produksi tentu memiliki alat yang memadai untuk membuatnya lebih sempurna.

Kelima, alur yang lambat. Jika kita membandingkan dengan series Layangan Putus yang viral beberapa waktu yang lalu di Disney Hotstar, sinetron Indonesia memiliki alur yang sangat lambat di setiap episodenya.

Tentu, hal ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memperpanjang episode sehingga bisa tayang dalam waktu yang lama. Padahal, hal ini membosankan. Layangan Putus memiliki episode yang pendek, tetapi bisa ngena di penonton karena ceritanya yang unik, dan alurnya yang jelas.

Sudahlah, capek saya kalau bahas sinetron Indonesia. Intinya, syuting di Eropa nggak akan bikin sinetron kita naik kelas. Justru menunjukkan kalau emang dah mentok, nggak bisa menawarkan kualitas, dan akhirnya balik ke formula paling nyebahi: memanfaatkan orang Indonesia yang gampang kagum.

Penulis: Muhammad Afsal Fauzan S
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA 7 Adegan Sinetron Indonesia yang paling Memuakkan

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Anda penulis Terminal Mojok? Silakan bergabung dengan Forum Mojok di sini.
Exit mobile version