Selamatan Orang Meninggal di Gunungkidul: Tradisi Baik yang Berubah Jadi Ajang Adu Gengsi

Selamatan Orang Meninggal di Gunungkidul: Tradisi Baik yang Berubah Jadi Ajang Adu Gengsi

Selamatan Orang Meninggal di Gunungkidul: Tradisi Baik yang Berubah Jadi Ajang Adu Gengsi (Ma'ruf Saputra)

Acara selamatan orang meninggal di kampung saya di Gunungkidul kini mulai terlihat berlebihan.

Jika sudah mantap memutuskan tinggal dan hidup di desa, berarti harus siap mengikuti beragam tradisi yang menyertainya. Terlebih bila hidup di tengah-tengah masyarakat Jawa, saya rasa siapa pun harus patuh dengan segala peraturan yang ada. Sekali menantang arus dan acuh dengan adat istiadat, berpotensi besar menjadi alien di kampung sendiri. Begitulah kira-kira yang saya pahami selama puluhan tahun tinggal di pelosok desa.

Di tanah kelahiran saya, Gunungkidul, ada banyak sekali adat istiadat yang sampai saat ini masih lestari. Salah satunya tradisi selamatan orang meninggal. Tentu saja sebagian orang Indonesia sudah paham betul dengan kebiasaan masyarakat yang identik dengan nasi berkat kenduri ini.

Sama seperti di masyarakat Jawa lainnya, di Gunungkidul selamatan orang meninggal dilakukan beberapa kali, yaitu selamatan surtanah (saat baru saja meninggal), nelung dina (tiga hari), pitung dina (tujuh hari), matang puluh dina (empat puluh hari), nyatus (seratus hari), mendhak pisan (satu tahun), mendak pindho (dua tahun), dan nyewu (seribu hari).

Sebagai warga yang baik dan menjunjung tinggi adat istiadat, tentu bersyukur di desa saya tradisi ini masih ada sampai sekarang. Selain bertujuan mendoakan orang yang sudah meninggal, adat ini juga mengandung nilai-nilai guyup-rukun antar tetangga. Inilah sejatinya potret kehidupan harmoni, yang tentu mustahil dirasakan orang yang tinggal di luar negeri sana.

Tradisi baik yang disalahgunakan

Sayangnya di balik nilai-nilai baik dalam tradisi slametan orang meninggal, ada kegelisahan yang diam-diam saya rasakan beberapa tahun terakhir ini. Seiring berjalannya waktu, adat selamatan di kampung saya, tampaknya mulai mengalami pergeseran nilai. Tradisi yang dulu digelar sederhana dan sarat makna itu, kini justru disalahgunakan jadi ajang adu gengsi.

Kita tahu bahwa selamatan orang meninggal biasanya ada prosesi kenduri yang dihadiri tetangga sekitar. Setelah kenduri selesai, para tamu undangan akan pulang membawa nasi berkat lengkap dengan mie, telur rebus, sambal goreng, ayam goreng, apem, dan uba rampe lainnya. Namun saat ini, khususnya di kampung saya di Gunungkidul, lauk pauk ditambah daging kambing atau daging sapi.

Nggak cukup sampai di situ, bahkan ada tuan rumah yang memberikan semacam hadiah untuk tamu undangan berupa sarung, sajadah, peci, dan lainnya. Tak ayal, acara adat yang dulu terbilang cukup sederhana itu, kini seperti menjadi ajang mewah-mewahan antar sesama warga.

Di kampung saya, ada semacam rasa malu ketika tuan rumah nggak menyajikan hidangan dan hadiah mewah untuk tamu undangan. Akibatnya, warga yang tergolong masuk daftar ekonomi rendah pun mau tak mau (terpaksa) ikut-ikutan.

Selamatan orang meninggal di Gunungkidul berubah jadi ajang adu gengsi

Saya sepakat tradisi selamatan orang meninggal di kampung-kampung harus tetap dilestarikan. Banyak sekali kebaikan dan manfaat yang bisa dipetik dari adat ini. Namun, ketika selamatan digelar secara berlebihan dan memberatkan sebagian masyarakat, saya rasa kebiasaan ini perlu dikoreksi kembali.

Sebagai contoh di kampung saya di Gunungkidul. Ketika ada orang tua atau saudara dekat meninggal dunia, sebelum menggelar selamatan, pihak keluarga besar akan patungan. Meski kondisi ekonomi berbeda-beda, biasanya jumlah iuran per keluarga (tetap) sama-rata.

Besar iurannya pun berbanding lurus dengan konsep acara. Ketika acara digelar secara besar-besaran, seperti menyembelih sapi, membagi-bagikan suvenir, dan mengundang banyak tamu, tentu jumlah iuran akan semakin besar. Bayangkan saja ketika ada sanak-saudara yang meninggal di hari berdekatan, berapa banyak jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan ini?

Lantas, kenapa pihak keluarga tetap melakukannya meski itu dirasa sangat memberatkan?

Di sinilah letak keunikan sebagian orang yang tinggal di dusun. Atas nama “nggak enakan”, “umum sanak-sedulur”, “umum tangga teparo”, dan nggak mau dicap pelit oleh keluarga besar, pada akhirnya meski harus nyari pinjaman ke sana-sini, mereka (tetap) melakukannya.

Yang wajar-wajar saja

Sekali lagi, saya nggak menentang tradisi kenduri selamatan orang meninggal. Sebagai orang dusun yang kebetulan lahir dari keluarga NU, sejak kecil saya sudah dididik oleh keluarga saya untuk selalu menjunjung tinggi adat istiadat dan kearifan lokal.

Sudah nggak terhitung berapa banyak jumlah rumah tetangga sekitar yang saya kunjungi untuk mengikuti prosesi kenduri. Namun, ketika sebuah tradisi semakin jauh dari esensi dan bahkan justru memberatkan pihak-pihak terkait, saya rasa penting untuk meluruskan kembali.

Bukankah tujuan utama selamatan adalah sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk orang yang sudah meninggal? Bukankah poin penting dari tradisi ini adalah mendoakan orang meninggal agar mendapat tempat terbaik di sisi-Nya? Lalu, kenapa harus digelar secara berlebihan?

Sudah saatnya semua tradisi baik yang ada di masyarakat harus dijalankan secara baik pula. Saya rasa penting juga para tokoh masyarakat duduk bersama merumuskan agar adat ini  digelar sewajarnya agar nggak memberatkan pihak mana pun. Terlebih disaat harga beberapa jenis sembako naik seperti sekarang, sangat penting kembali meluruskan.

Semoga adat ini tetap lestari dengan cara wajar dan sederhana. Panjang umur hal-hal baik.

Penulis: Jevi Adhi Nugraha
Editor: Intan Ekapratiwi

BACA JUGA 4 Tradisi Upacara Kematian di Gunungkidul selain Tabur Uang Recehan.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Exit mobile version