Rasulan atau bersih dusun menjadi salah satu tradisi masyarakat Gunungkidul yang sampai detik ini masih lestari. Hampir setiap tahun, mayoritas warga yang hidup di Bumi Handayani akan menggelar upacara adat ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Biasanya, pelaksanaan upacara adat Rasulan akan diadakan setelah panen atau sesuai hari yang telah ditentukan tokoh adat setempat. Dalam pelaksanaannya, warga akan berbondong-bondong ke Balai Padukuhan atau tempat sakral tertentu untuk mengikuti upacara kenduri. Adapun ubarampe yang dibawa saat prosesi ini, yaitu nasi ingkung dan lauk-pauk, apem, ketan, kolak, gedhang raja, serta jajanan pasar lainnya.
Tujuan utama dari tradisi Rasulan sendiri adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah. Selain itu, tradisi ini juga sebagai bentuk doa atau permohonan agar warga masyarakat terhindar dari segala musibah dan mara bahaya.
Lahir dan tumbuh besar di Gunungkidul, bikin saya cukup akrab dengan tradisi Rasulan. Bahkan, sama seperti hari Lebaran, acara bersih dusun ini juga acap dijadikan momentum untuk berkumpul bersama keluarga dan silaturahmi dengan orang-orang terdekat. Banyak sekali kerabat, sahabat, dan orang-orang terdekat yang akan berkunjung ke rumah dan menyantap hidangan tradisional bersama-sama nan menggugah selera.
Daftar Isi
Tradisi baik yang disalahgunakan
Seiring berjalannya waktu, tradisi Rasulan tampaknya mulai mengalami pergeseran nilai. Dulunya, upacara adat ini cukup dilaksanakan dengan acara kenduri, ater-ater (memberi makanan untuk sanak-saudara), dan menjamu tamu. Namun saat ini, setiap kampung yang melaksanakan tradisi Rasulan, hampir bisa dipastikan akan menyisipi atau mengadakan hiburan tertentu, seperti acara pawai, konser musik, pertandingan sepak bola, dan jenis hiburan lainnya.
Sebenarnya nggak ada yang salah dengan kebiasaan ini. Sebab, ada sejumlah kampung yang memang wajib mengundang kesenianan tradisional, seperti pertunjukan, wayang kulit, Tayuban, dan Jathilan, sebagai syarat menggelar tradisi Rasulan. Namun, yang menjadi persoalan adalah ketika mengisi tradisi ini dengan hiburan yang jauh korelasinya dengan nilai-nilai luhur Rasulan dan cuma sekedar untuk unggul-unggulan tontonan antardesa.
Ya, nggak sedikit kampung di Gunungkidul setiap tahunnya seolah berlomba-lomba ingin menjadi desa terpandang dengan cara menghadirkan tontonan yang super wah dan gembebyar. Bahkan, ada semacam paham bahwa semakin mewah hiburannya atau kondang bintang tamu yang dihadirkan, maka wilayah tersebut akan diakui oleh kampung lain.
Rasulan yang (sayangnya) berubah jadi ajang adu gengsi
Adanya pemahaman tersebut, tak ayal membuat agenda tahunan masyarakat Gunungkidul ini tak ubahnya seperti ajang adu gengsi antardesa. Agar ambisi ini terpenuhi, warga acap dimintai iuran oleh pemangku wilayah dengan jumlah nominal yang nggak sedikit.
Sama seperti di kampung lainnya, di desa juga menerapkan pola yang sama. Setiap kali mau mengadakan tradisi Rasulan, biasanya warga diminta untuk iuran sekitar 400- 500 ribu. Jumlah yang tentu cukup besar untuk ukuran warga yang tinggal di bawah kaki bukit dan mayoritas bekerja sebagai buruh tani.
Biaya segitu belum termasuk anggaran yang dikeluarkan warga untuk membeli bahan pokok makanan khas Rasulan. Pasalnya, dalam tradisi Rasulan, ada kebiasaan memberi sega berkat untuk sanak-saudara atau orang Gunungkidul menyebutnya ater-ater. Jadi, menurut riset kecil-kecilan yang saya lakukan, warga harus merogoh kocek sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta setiap kali mengadakan tradisi Rasulan.
Memang, hal seperti ini nggak semestinya dikalkulasi. Saya paham betul kalau tradisi ini semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur. Tapi, adanya agenda tambahan berupa hiburan yang berlebihan dengan maksud adu gengsi, bukankah justru semakin memberatkan beban warga?
Yang wajar-wajar saja
Sekali lagi, sesungguhnya nggak ada yang salah menghadirkan tontonan atau hiburan saat menggelar tradisi Rasulan. Terlebih untuk tujuan nguri-nguri kesenian tradisional, seperti kethoprak, karawitan, wayang kulit, tari tayub, dan jathilan. Sebab biar bagaimana pun, Rasulan juga menjadi salah satu cara atau bentuk apresiasi. Terlebih untuk para seniman tradisi.
Kendati demikian, tentu saja kalau mau mengadakan acara hiburan saya pikir harus ada ada korelasi sama tradisi Rasulan. Tentu saja disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Kita tahu, kebutuhan sehari-hari masyarakat Gunungkidul itu sangat banyak lho. Nggak sedikit acara-acara tradisi di luar Rasulan yang juga membutuhkan biaya besar. Sebut saja tradisi selametan orang meninggal, hajatan pesta pernikahan, ruwahan, hingga tagihan bulanan.
Jadi, menurut saya pribadi, tradisi Rasulan harus kembali ke khittahnya, yakni melakukan upacara adat kenduri sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan agar terhindar dari mara bahaya. Bukan malah dijadikan ajang adu gengsi yang kering makna dan minim esensi.
Maka dari itu, saya rasa sudah seyogyanya para pemangku wilayah di setiap dusun lebih bijak dan peka dengan kondisi ekonomi warga. Misal ngebet banget bin ngeyel pengin mengisi Rasulan dengan hiburan, pastikan biaya iuran nggak memberatkan warga dan sewajarnya saja. Sederhananya, buat apa bikin acara gembebyar dan kampung terpandang, kalau masyarakatnya masih banyak yang mati kelaparan?
Percayalah, “maksa” bikin acara gede-gedean di tengah masyarakat berstatus ekonomi rendah, nggak akan membuat sebuah kampung dipandang maju. Justru sebaliknya, hal itu cuma bakal jadi bahan olok-olokan dan menambah daftar panjang angka kemiskinan di Bumi Handayani.
Penulis: Jevi Adhi Nugraha
Editor: Rizky Prasetya
BACA JUGA Rasulan, Ekspresi Nyata Kegembiraan Masyarakat Gunungkidul