Tulisan Nurhanifah soal dilema orang Cirebon yang katanya Sunda tapi terlalu Jawa, dan sebaliknya, menggugah keresahan saya sebagai warga Jember yang bernasib hampir sama. Pasalnya, inti tulisan Nurhanifah sebenarnya berkaitan dengan apa yang saya alami, khususnya dari sudut pandang orang Jember asli. Sebab, orang Jember pun juga bingung, dibilang Jawa tapi kok Maduranya kenthel, dibilang Madura tapi kok ya ada di Jawa.
Tulisan saya di Terminal Mojok soal anggapan salah kaprah kalau orang Jember pasti Madura membuktikan kalau orang Jember pada dasarnya bingung soal identitas mereka. Paling banter, mereka sering mengidentitaskan diri mereka sebagai masyarakat Pandhalungan. Jangan salah, eksistensi populasi masyarakat Pandhalungan di Jawa Timur terhitung banyak, yakni tersebar dari ujung Pasuruan, Probolinggo, ke timur hingga Bondowoso dan Jember. Akan tetapi, disinyalir sangat kuat kalau masyarakat Pandhalungan paling banyak ditemukan di Jember.
Daftar Isi
Orang Jember bukan Jawa juga bukan Madura, tapi Pandhalungan
Buku M. Ilham Zoebazary, salah satu Dosen Universitas Jember, yang berjudul “Orang Pendalungan” mengatakan bahwa istilah/eksonim yang cocok untuk menggambarkan masyarakat yang terhibridisasi antara Jawa dan Madura adalah Pendalungan/Pandhalungan. Istilah Pandhalungan berasal dari kata “Dhalung” yang berarti periuk besar. Penggunaan istilah ini merupakan metafora yang menggambarkan wilayah yang diisi oleh etnis yang beragam.
Berangkat dari situ, orang Jember memang nggak sepenuhnya orang Madura atau Jawa. Akan tetapi, sudah bercampur. Entah dari bahasanya, busananya, makanannya, keseniannya, dsb. Maka dari itu, dengan menggunakan terminologi Pandhalungan atau Dhalung itu, Kabupaten Jember merupakan kawasan yang bisa disebut sebagai kawasan Pandhalungan, yakni bersatunya orang Jawa dan Madura menjadi identitas budaya baru.
Masyarakat yang religius
Kita tahu, orang Madura pada dasarnya cenderung religius. Ini bisa dibuktikan dari format penamaan mereka. 10 dari 10 teman saya yang berasal dari Pulau Madura semuanya memiliki nama yang berunsur Islam. Sebut saja Abdur Rohman, Mahfud Ali, Syaiful Bahri, Ahmad Jaiz, Dul Qosim, Mad Faisal, Nur Aini, Zubairi, Taufiqurrahman, dan Fatimatuzzahra.
Bahkan, unsur Islam tersebut nggak hanya dipakai untuk nama mereka, tetapi juga nama usaha. Misal, Sate Ayam Madura Al-Barokah, Bebek Goreng Rizqy, Toko Madura Al-Ikhlas dan semacamnya. Format seperti ini juga saya temukan di kota kelahiran saya, Jember. Teman-teman saya yang lahir dari keluarga Madura di Jember juga menggunakan format ini. Dan, kebanyakan adalah santri.
Bahkan, ketika saya tanyai kenapa orang Madura itu religius, katanya memang dari orang tua sudah mendidik begitu. Mereka juga bilang percuma pintar sundul langit, tapi kalau nggak bisa ngaji nggak ada gunanya. Itulah mengapa, penelitian soal Jember menyimpulkan kalau masyarakat Jember yang basisnya Madura sering punya pondok pesantren. Data dari Kementerian Agama RI menunjukkan bahwa Kabupaten Jember merupakan kabupaten yang paling banyak memiliki pondok pesantren di Jawa Timur. Total, kabupaten ini memiliki 611 pondok pesantren yang tersebar.
Terlalu Jawa karena budayanya
Meskipun identik dengan masyarakat Madura, tapi orang Jember terlalu Jawa untuk budayanya. Saya bisa bilang begitu karena di kecamatan yang saya tinggali, yakni Ambulu dan sekitarnya, justru budaya Jawa sangat kental. Meskipun dalam sejarah, kata Ambulu memang berasal dari kosa kata Madura, yakni “Ambu Gelu” yang berarti berhenti sejenak. Contoh budaya yang ada di kecamatan saya adalah tradisi Pethik Laut atau larung sesaji di laut.
Perlu diketahui, persembahan kepada alam semesta atau wujud syukur untuk alam dari dulu memang dikenalkan oleh masyarakat Jawa. Kalau kita lihat masyarakat yang beraliran Kejawen, hal-hal seperti itu memang sangat identik. Namun, di pesisir Kecamatan Ambulu, tepatnya di Dusun Watu Ulo, Desa Sumberejo, setiap bulan Muharram (Suro) rutin dilaksanakan tradisi Pethik Laut. Dan, mayoritas warga yang tinggal di pesisir Kecamatan Ambulu adalah orang Madura.
Masih di Kecamatan Ambulu juga, kesenian unggulan yang sangat populer adalah Reog. Tepatnya di Desa Pontang, Reog menjadi kesenian unggulan di sana. Reog asal Desa Pontang ini sudah tanggapan ke mana-mana dan sering ikut festival Reog Nusantara. Bahkan, di beberapa SMA di Ambulu juga didapati ekstrakurikuler Reog sebagai muatan lokal. Bagaimana? Jember terlalu Jawa, kan?
Saya meyakini, kalau orang Jember memang 80 persen diisi oleh orang Madura. Akan tetapi, ketika Jember disebut Madura tok, maka itu terlalu Jawa dari segi budayanya. Dan, kalau disebut Jawa, mayoritas masyarakatnya adalah orang Madura. Jadi, bagi saya orang Jember, identitas orang Jember adalah orang Jember sendiri. Yah, lebih pasnya Pandhalungan, lah.
Penulis: Adhitiya Prasta Pratama
Editor: Rizky Prasetya
BACA JUGA Julukan Jember Kota Tembakau Sudah Tidak Pantas, Sebaiknya Diganti Aja