Me-remake film Korea Selatan bukan hal yang asing lagi bagi perfilman Indonesia. Dimulai Miss Granny, kemudian berlanjut ke Whispering Corridor, Sunny, My Sassy Girl, dan kemudian yang paling terbaru ada Miracle in Cell No. 7.
Miracle in Cell No. 7 adalah film yang populer bagi pencinta film Korea Selatan di Indonesia. Film ini sudah memiliki reputasi sebagai film penghasil tangis, dan tak jarang dijadikan tantangan untuk menguji apakah seseorang bisa tahan untuk tidak nangis saat nonton film ini.
Dengan kepopuleran tersebut, Falcon percaya diri membawa film ini untuk di-remake ke versi Indonesianya. Me-remake sebuah film adalah kasus yang cukup menarik. Tantangannya tidak semudah membuat ulang film dengan bahasa, pemeran, dan lokasi yang berbeda dengan cerita yang sama.
Untuk me-remake film dari negara yang berbeda, tantangannya ada pada penyesuaian kultural yang mau tidak mau membuat cerita lebih disesuaikan lagi. Hal ini bertujuan agar penonton jadi lebih relate dan relevan. Plus, jika mau, filmmaker bisa menyusupkan isu yang sesuai dengan pesan utama film yang diremake.
Miracle in Cell No. 7 sendiri bercerita mengenai hubungan antara anak perempuan dan ayahnya yang memiliki keterbatasan mental. Sayangnya, suatu hari sang ayah harus dipenjara lantaran dianggap melakukan pembunuhan. Sesuai dengan judulnya, cerita berlanjut mengenai bagaimana sang ayah menjalani kehidupannya di sel penjara nomor 7, termasuk saat menyelundupkan sang anak untuk tetap bersama si ayah di penjara.
Mohon maaf sebelumnya lantaran pembahasan ini mau tak mau membutuhkan perbandingan dengan versi original dari Korea Selatan. Saya sendiri termasuk orang yang terpukau saat menonton Miracle in Cell No. 7 versi original buatan Korea. Ketika mendengar kabar film ini akan di-remake di Indonesia, saya agak khawatir, khususnya setelah melihat nama Falcon. Kekhawatiran saya makin terlihat setelah melihat trailernya.
Ada kekhawatiran bahwa film ini akan dikemas dengan ciri khas film-film tearjerker (memancing kesedihan) melodrama Indonesia pada umumnya, yang sebagian besar juga diproduksi oleh Falcon. Trailernya bahkan terlihat berusaha sejelas mungkin menginformasikan bahwa ini adalah film sedih.
Padahal menurut saya, pesona versi asli Miracle in Cell No. 7—bahkan sejak trailernya—ada pada kemampuan mengemas cerita yang penuh tawa dan rasa hangat, namun memiliki after taste yang bikin mewek. Saat itu, konsep Miracle in Cell No. 7 bagi saya sangat fresh, lantaran Korea Selatan bisa membuat film tearjerker yang sebagian besar durasi filmnya penuh adegan lucu dan menyenangkan.
Sementara versi Indonesianya, film ini disutradarai Hanung Bramantyo, sosok yang juga sering bikin film melodrama komersil. Sehingga mau tak mau karyanya turut berkontribusi membentuk stereotipe kemasan film-film melodrama kita.
Maka tak heran jika Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia memiliki kemasan serupa. Film ini jadi penuh dramatisasi, diiringi musik yang menyayat, adegan nangis kejer, marah-marah teriak, hingga adegan-adegan slow motion.
Sebenarnya tidak ada yang salah. Ini murni masalah selera. Kebetulan saya hanya merasa bosan dengan kemasan yang terkesan klise ini. Apalagi kalau mengingat bagaimana versi aslinya cenderung tenang dan dikemas realistis sehingga terkesan fresh.
Namun terlepas dari itu semua, film Miracle in Cell No. 7 ternyata tetap efektif menghasilkan tangis penonton. Sah saja sih memilih tetap mengemas seperti itu, pada akhirnya formulanya kali ini berhasil. Bagaimanapun, bahan cerita utamanya sudah kuat. Beberapa Beberapa penyesuaian kultural juga berhasil dieksekusi sehingga berhasil membuat orang relate.
Meski kesan keseluruhan cenderung sentimentil dan mellow, film ini tidak lupa akan aspek komedinya. Memiliki amunisi cast seperti Indro, Rigen, Indra Jegel, dan Tora Sudiro sebagai penghuni penjara membuat film ini memiliki jaminan lucu. Benar saja, adegan komedi sangat gerrr.
Miracle in Cell No. 7 berhasil memanfaatkan persona lucu tiap cast. Peran itu diemban sempurna oleh Rigen dan Jegel sebagai comic relief. Begitu juga dengan Tora yang hanya menjadi diri sendiri, meski potensi akting drama Tora terasa tersia-siakan. Peran agak serius justru berhasil diperankan Bryan Obani. Sementara Indro berhasil tampil memukau, mengundang tawa dengan logat Jawa Timurannya, tapi juga tampil baik ketika memasuki mode drama.
Di sisi lain, adegan komedi yang ada terasa cocok dengan formula dramatisasi ala Hanung mode komersil. Komedi yang disajikan pun bukan tipe komedi yang natural. Beberapa adegan ada yang terkesan layaknya sketsa komedi terpisah. Jadi, kalaupun tidak terkesan realistik, setidaknya Hanung konsisten dengan pilihan kemasannya.
Pada akhirnya, Miracle in Cell No. 7 mengikuti kemasan film melodrama khas Indonesia pada umumnya. Meski klise, nyatanya formula ini masih ampuh dan tampaknya bakal disukai penonton. Dengan cerita yang kuat dan komedi yang menghibur, film ini masih bisa mencapai potensinya, bikin nangis dan ketawa.
Penulis: Muhammad Sabilurrosyad
Editor: Intan Ekapratiwi
BACA JUGA Mumun: Film Horor Komedi yang (Lumayan) Menyenangkan.