Jangan Kaget, Artikel Ramalan Zodiak Emang Sering Ditulis sambil Ngarang Bebas kok – Terminal Mojok

Jangan Kaget, Artikel Ramalan Zodiak Emang Sering Ditulis sambil Ngarang Bebas kok

Artikel

Terkejutnya netizen soal pengakuan seorang penulis ramalan zodiak di satu majalah ternama yang mengatakan artikel ramalannya dibuat dengan cara mengarang bebas membuat senyum saya tersungging.

Faktanya, artikel-artikel ramalan zodiak yang sering kamu baca di majalah atau media online sebagian besar memang dibuat dengan cara ngarang bebas. Sebagian kecilnya? Dibuat dengan ngarang juga, tapi ditambah sambil mikirin karakter dasar manusia dikit. Sudah, sesimpel itu saja kalau mau bikin artikel soal zodiak.

Pengakuan mantan penulis ramalan zodiak di atas yang mengaku tiga tahun menulis soal zodiak di sebuah majalah adalah kebenaran yang saya rasa semua orang sadar, tapi entah kenapa seperti pura-pura nggak sadar saja bahwa tulisan zodiak yang menggambarkan jodoh, karakter, keuangan, sampai kamu mau ngapain hari ini adalah tulisan hasil imajinasi si penulis saja.

Bahkan saat ini, tulisan zodiak tidak hanya bercokol di majalah-majalah. Di media online pun tulisan soal zodiak laris manis bak kacang goreng. Banyak berseliweran tulisan-tulisan soal zodiak yang ditulis oleh berbagai penulis.

Pertanyaannya, dari mana para penulis itu belajar ilmu ramal-meramal atau ilmu membaca karakter zodiak? Jawaban logisnya tentu saja sangat sederhana. Ya ngarang aja, Bos. Nggak perlu pakai ilmu astronomi atau ilmu psikologi tingkat tinggi untuk membuat satu artikel zodiak yang berisi daftar 5 zodiak yang sering overthinking. Cukup gunakan imajinasimu, maka satu artikel zodiak akan selesai dalam waktu hanya 10 menit.

Penulis tulisan zodiak pun tidak punya standardisasi apa pun. Semua bisa menulisnya. Salah satu yang pernah mencoba dan akhirnya paham resep menulis tulisan zodiak adalah saya sendiri.

Sejak tahun 2017, saya mencoba memahami apa sih resep tulisan zodiak yang tampaknya sangat sederhana. Waktu itu saya sudah mencoba menulis di salah satu media online yang menerima tulisan-tulisan penulis luar. Dan media tersebut juga sering menerbitkan artikel-artikel soal zodiak: 5 zodiak yang paling nggak bisa diet, 5 zodiak yang sulit melupakan mantan, 5 zodiak yang nggak bisa diam, maunya kerja terus. Judul-judul tersebut sering saya lihat dan coba saya baca untuk saya pahami guna memuluskan target saya untuk bikin artikel ramalan zodiak.

Setelah saya pelajari dan saya coba membuat satu artikel zodiak, ternyata rumus bikin artikel zodiak sangat gampang dan mudah sekali. Cukup tulis karakter dasar manusia macam suka sedih, gampang marah, malas, dan bahagia. Lalu kaitkan karakter dasar manusia tersebut dengan zodiak-zodiak yang mau kamu sertakan dalam artikel. Satu artikel zodiak saya terbit, dan uniknya yang membacanya puluhan ribu. Sejak saat itu saya mulai rajin menulis artikel-artikel zodiak dengan bekal ilmu sederhana, imajinasi, dan paham karakter dasar manusia. Jadi deh artikel ramalan zodiak.

Walau saat ini saya sudah tidak terlalu sering menulis ramalan zodiak. Saya kasih tahu saja, rata-rata tulisan zodiak yang saya buat sambil ngarang bebas itu selalu dibaca ribuan orang. Tulisan zodiak saya yang isinya soal karakter Gemini katanya hobinya ngebacot pun saya nggak tahu dari jurnal mana ada yang mengatakan Gemini suka bacot. Kalau saat itu saya mau nulis Gemini suka bacot ya saya tulis. Kalau besok saya mau nulis Gemini nggak suka bacot, ya bisa saja. Dan dari keduanya itu, pembaca selalu menemukan kesamaan dan mengatakan, “Wah, bener juga!” Padahal saya ngarang aja, xixixixi.

Jika ditanya apakah ada ilmu (yang sebenernya semu) untuk mempelajari zodiak. Jawabannya ada. Namun, jika ditanya apakah tulisan menyoal zodiak yang beredar di media online dan majalah di Indonesia apakah dibuat berdasarkan riset ilmiah dan ilmu tingkat tinggi? Jawabannya adalah ngapain pakai riset ilmiah dan ilmu tingkat tinggi, tinggal mengkhayal saja soal Virgo itu tipe yang pemurung, Aries itu senang berbagi, Taurus itu playboy, dan seterusnya. Sesimpel itu, kok.

Tulisan-tulisan zodiak yang sederhana dengan resep yang juga sangat sederhana itu tentu saja dibuat dengan tujuan yang juga sederhana. Hanya untuk hiburan. Jangan pernah menyebut penulis zodiak adalah seorang peramal. Mereka rata-rata hanya pengarang bebas yang paham sedikit karakter dasar manusia dan menumpahkannya menjadi tulisan yang menghibur. Dan tulisan zodiak memang sebegitu menghiburnya, sampai-sampai saya pernah mendapati tulisan zodiak saya dibaca hampir 300 ribu orang.

Tulisan zodiak memang punya pembaca yang banyak, maka dari itu banyak media online yang berbondong-bondong menerbitkan tulisan macam itu. Dari segi gender pun, perempuan dan laki-laki nggak jauh beda terkait kesukaan membaca tulisan zodiak. Sama saja. Bahkan dari pengalaman saya sendiri, saya pernah dekat dengan seorang cewek gara-gara tulisan zodiak yang saya buat. Xixixi.

Harus kamu tahu, tulisan zodiak itu tidak ada kebenarannya. Jika kamu merasa tulisan zodiak itu isinya cuma hasil mengkhayal penulis, selamat, kamu adalah tipe orang yang logis. Dan jika kamu merasa tulisan soal zodiak itu ada benarnya dan menggambarkan karaktermu, selamat juga, berarti para penulis ramalan zodiak itu berhasil membuatmu terhibur.

Tulisan ramalan zodiak yang mengatakan bahwa Aries cocoknya sama Virgo, atau Cancer itu adalah tipe orang yang suka baca, atau tulisan soal karakter-karakter zodiak lainnya, hanyalah sebuah ilusi. Jangan percaya dan jangan diseriusin. Dilemesin saja. Sebab, jika akhirnya kamu memperdebatkan soal zodiak mana yang cocok bersanding dengan Taurus, atau perdebatan-perdebatan sengit menyoal zodiak, yang akan tertawa sangat kencang melihat perdebatan konyol itu tentu saja para penulis ramalan zodiak. Hahaha.

BACA JUGA Tolong ya, Terlalu Percaya Ramalan Bintang dan Lakukan Zodiac Shaming Itu Nggak Keren dan artikel M. Farid Hermawan lainnya.

Baca Juga:  Nggak Enaknya Menjadi Seorang Penulis : Dicap Pengangguran Sampai Dianggap Menjalani Laku Pesugihan

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.




Komentar

Comments are closed.