Garut Bukan Cuma Dodol dan Makam Hitler, Ada 10 Makanan Khas Garut yang Enaknya Nauzubillah – Terminal Mojok

Garut Bukan Cuma Dodol dan Makam Hitler, Ada 10 Makanan Khas Garut yang Enaknya Nauzubillah

Artikel

Sudah nggak aneh lagi bagi kami orang Garut, ketika berada di luar daerahnya sendiri kemudian berkenalan dengan orang baru, makanan khas pertama yang mereka ingat dari kota kami adalah dodol Garut. Hal ini tentu menjadi keresahan kami sebab nggak semua orang Garut menyukai dodol. Makanya, jangan heran kami nggak selalu antusias saat ngobrolin dodol.

Maka dari itu, agar obrolan teman-teman dengan masyarakat Garut bisa melebar dikit, teman-teman perlu mengetahui makanan khas Garut lainnya. Tulisan ini bisa dijadikan referensi jajanan Anda ketika sedang mampir ke Garut.

Makanan khas Garut selain dodol #1 Burayot

Saran saya jika Anda sedang berada di Garut jangan pernah lewatkan cemilan yang satu ini. Burayot tuh lezatnya aduhai. Saya pribadi, daripada makan dodol justru lebih suka makan burayot, apalagi sambil ditemani kopi panas. Nama burayot berasal dari bahasa Sunda yang artiny kue berbentuk menggelantung.

Burayot lumayan sulit dibuat. Selesai digoreng, adonan tepung beras diangkat dengan batang bambu kecil sehingga kulit kuenya tertarik ke atas dan tepung gulanya menggantung di bagian bawah kue. Saya kira, dengan sulitnya proses pembuatan burayot dan rasanya yang luar biasa, burayot sangat perlu dikenal orang sebagai oleh-oleh khas Garut dong.

Makanan khas Garut selain dodol #2 Baso aci

Sebelum tulisan ini dibikin, saya sempat nanya ke teman-teman Garut lewat status WhatsApp, “Teman-teman, kuliner atau makanan khas Garut yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia selain dodol apa saja, ya?” Sebanyak 75 persen jawaban mereka, terutama dari perempuan, adalah baso aci.

Baca Juga:  3 Alasan Tukang Cukur Kebanyakan Berasal dari Garut

Meluncurlah saya untuk cari penjualn baso aci. Padahal, saya nggak terlalu suka makanan yang berkuah kecuali Indomie. Sehabis saya mencicipi baso aci, ternyata emang enak. Kenikmatan baso aci Garut pernah diungkapkan Mbak Naili Rahmah di tulisan “Baso Aci: Masterpiece Asal Garut“. Nah, silakan teman-teman klik dan baca tulisan tersebut.

Mengenai baso aci Garut ini, saya mengutip Mbak Naili Rahmah aja: “Baso aci itu dari Garut, oleh Garut, untuk Indonesia.”

Makanan khas Garut selain dodol #3 Chocodot

Sisanya, 25 persen lagi, menjawab chocodot alias cokelat. Nah, makanan khas Garut yang satu ini karakternya lebih modern. Dijual di toko-toko dalam kemasan rapi dan elegan.

Makanan ini cocok untuk semua umur. Uniknya, chocodot ini disajikan dengan beberapa penamaan produk, seperti “cokelat obat stres” yang merupakan cokelat rasa mint, “cokelat enteng jodoh” yang terdiri dari tiga varian, yakni milk, soft, dan dark, “cokelat rasa sayang” yaitu cokelat dengan rasa susu, “cokelat cegah alay” yang memiliki dua jenis rasa, dan berbagai nama unik lain. Makanan ini cocok buat yang suka manis-manis kayak kamuuu.

Makanan khas Garut selain dodol #4 Dorokdok

Dorokdok bisa Anda temui saat naik bis atau elf menuju Garut. Para penjual dorokdok bakalan otomatis menawarkan dorokdok yang dikemas plastik transparan. Nah, dinamakan dorokdok karena ketika kita mengunyah makanan ini timbul suara, dorok… dok… dorok… dok. Gitu. Cobain aja. Saya taruh dorokdok di posisi keempat karena ini makanan kesukaan ibu saya.

Baca Juga:  Kisah Mistis Tanjakan Panganten di Garut yang Melegenda

Makanan khas Garut selain dodol #5 Moring garutan

Cimol kering atau yang disingkat moring saya rekomendasikan buat yang suka ngemil makanan pedas. Walay moring garutan punya banyak pilihan rasa kok, seperti BBQ dan keju, menurut saya yang paling enak tetap rasa pedas.

Makanan khas Garut selain dodol #6 Wajit

Di Jawa Barat, wajit yang sangat terkenal adalah wajit Cililin. Akan tetapi wajit Garut juga terkenal karena teksturnya paling legit dan maknyos di mulut. Saya rekomendasikan wajit paling enak di Kecamatan Cisompet. Sambil mengunjungi Pantai Santolo atau Sayang Heulang, sekalian atuh beli wajit Cisompet ini.

Makanan khas Garut selain dodol #7 Nasi liwet

Warga Garut, khususnya yang berada di kecamatan Leles dan Kadungora, pasti sudah nggak asing lagi dengan nasi liwet Pak Asep Strawberry. Lokasi untuk menikmati nasi liwet Pak Asep yaitu di Jalan Raya Kadungora Nomor 245, Leles. Cabang restorannya sudah ada di mana-mana juga.

Rasa dan penyajian nasi liwet Pak Asep Strawbery ini sangat menakjubkan sehingga menjadi favorit para wisatawan. Jika ada teman saya dari luar Jawa Barat singgah di Garut, pasti ajakan pertama saya kalo soal makan ya di Pak Asep ini. Selain cukup dekat dengan rumah saya, juga murah (ini yang utama).

Makanan khas Garut selain dodol #8 Rengginang

Rengginang ini kalo di Jawa Tengah hampir sama dengan intip atau kerak nasi yang melekat di dandang yang kemudian dikeringkan lalu  digoreng. Perbedaan rengginang dan intip hanya soal ukuran. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi. Anda bisa membeli rengginang di pusat Kota Garut. Banyak kok.

Baca Juga:  Bertanya Langsung Alasan Buruh Garut Ikut Demo Omnibus Law Cipta Kerja 

Makanan khas Garut selain dodol #9 Emplod

Emplod atau endog lewo ini bentuknya mirip dengan endog alias telur, tetapi emplod terbuat dari singkong. Saya pertama kali nguyah emplod rasanya renyah dan enak. Emplod ini cemilan asyik untuk menemani Anda sambil nonton televisi.

Makanan khas Garut selain dodol #10 Bugis

Terakhir adalah bugis. Bugis memiliki tekstur kenyal dan rasanya manis. Kue basah satu ini sangat pas disajikan ketika sarapan pagi, dipadukan dengan teh hangat.

Nah, itulah sepuluh makanan khas Garut yang harus Anda tahu agar tahunya nggak hanya dodol saja, jadi kapan nih Anda berencana ke kota kami?

Sumber gambar: Wikimedia Commons

BACA JUGA Hal-hal yang Harus Kamu Tahu tentang Kota Garut agar Tahunya Nggak Cuma Vina Garut doang! dan artikel menarik lainnya dari Muhammad Ridwansyah.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.




Komentar

Comments are closed.