Ganti Nama Tidak Menjamin Apa-apa, Bajingan Tetaplah Bajingan sekalipun Ganti Nama Seribu Kali

Ganti Nama Tidak Menjamin Apa-apa, Bajingan Tetaplah Bajingan sekalipun Ganti Nama Seribu Kali

Ganti Nama Tidak Menjamin Apa-apa, Bajingan Tetaplah Bajingan sekalipun Ganti Nama Seribu Kali

Ketika lahir, bayi cantik itu diberi nama Ratna. Sebuah nama yang sangat cantik. Artinya adalah batu mulia atau perhiasan indah. Sayang sekali, Ratna kecil sering sakit panas. Kerabat bilang Ratna kabotan jeneng alias namanya terlalu “berat” untuk disematkan. Akhirnya diputuskan untuk ganti nama Ratna menjadi Uwuh, yang artinya sampah.

Ini bukan fiksi, karena Kak Uwuh itu kerabat jauh saya. Urusan ganti nama juga bukan hal langka. Namun umum dilakukan oleh masyarakat Jawa. Mengganti nama dipercaya menghindarkan anak dari kesialan. Terutama jika nama yang disematkan dianggap terlalu indah dan maknanya hebat.

Tapi apa benar demikian? Apakah ganti nama bisa menjawab masalah kesehatan dan nasib sial? Atau bisa menghindari mental bajingan si anak ketika dewasa dan berkuasa?

Ganti nama tidak hanya karena sakit-sakitan

Budaya ganti nama pada masyarakat Jawa sudah setua peradaban. Saya sendiri belum menemukan kapan budaya ganti nama ini dimulai. Budaya ini juga bukan melulu berlandaskan buang sial. Banyak orang yang mengganti namanya karena pencapaian hidupnya.

Salah satu budaya ganti nama yang mulai hilang adalah ketika dewasa. Dulu masyarakat Jawa, terutama laki-laki, mengganti nama setelah dewasa. Kadang sebelum menikah, kadang setelahnya. Alasannya sangat filosofis. Mengganti nama saat dewasa adalah bentuk peralihan dari bocah menjadi laki-laki yang bertanggung jawab.

Ganti nama juga dilakukan ketika dianugrahi nama baru oleh penguasa. Misal oleh Sultan. Budaya ini dilakukan ketika seseorang mendapat jabatan dan posisi baru. Biasanya akan ditambahkan gelar kehormatan seperti KGPH atau KPH. Nama yang diberikan juga sangat filosofis.

Yang terakhir adalah perkara nasib sial tadi. Anak yang sakit-sakitan dan sering apes dinilai punya nama yang berat. Makna filosofis dari nama tersebut tidak pantas disandang si anak. Biasanya budaya ini muncul di masyarakat menengah ke bawah dan bukan bangsawan. Sialnya, nama pengganti sering bermakna kelewat jelek. Misal nama Kak Uwuh tadi.

Budaya feodal yang tidak menjawab masalah

Tapi apakah ganti nama adalah solusi dari kemalangan? Tentu saja tidak. Bahkan urusan sakit-sakitan sekalipun. Misal si anak punya penyakit genetis, mau ganti nama seribu kali juga sama saja. Yang harus dilakukan bukan selamatan ganti nama, tapi mendapat perawatan medis!

Ganti nama juga tidak selalu mencegah kemalangan seseorang. Seperti kata pepatah, hari sial tidak ada di kalender. Jika sering mengalami kemalangan, mungkin bukan namanya yang bermasalah. Tapi kurang berhati-hati. Apalagi jika perilakunya goblok seperti manusia brengsek yang ngebut semaunya. Sudah pasti kecelakaan yang menanti.

Saya pribadi bisa menjadi bukti. Ketika selamatan kelahiran saya, ada tetangga yang protes. “Namanya kok berat sekali, nanti gampang sakit lho,” ujar tetangga saya dalam bahasa Jawa. Toh buktinya saya tidak sakit-sakitan. Jika hari ini saya mudah darah tinggi, itu karena terlalu banyak manusia pekok.

Saya melihat budaya ini sangat feodal. Ketika seorang anak lahir di masyarakat kelas bawah, ia dipandang tidak sanggup menyandang nama yang megah. Hanya anak bangsawan yang pantas menyandang nama indah dengan filosofis dalam.

Perkara ganti nama ini juga melebarkan jurang kesenjangan sosial. Pada akhirnya, nama anak bangsawan akan berbeda dengan rakyat jelata. Akibatnya penerimaan masyarakat juga akan berbeda. Saya juga merasakan itu. Ketika orang tahu nama saya “Prabu,” orang langsung mengira saya adalah bangsawan.

Mau ganti nama apa pun, bajingan akan tetap bajingan

Ketika budaya ganti nama ini jadi viral, banyak yang penasaran,“Apakah ganti nama akan memengaruhi pribadi seseorang saat dewasa?” Tentu saya akan menjawab tidak! Meskipun nama adalah doa, tapi bukan berarti memengaruhi hidup si anak secara langsung.

Misal kerabat saya Kak Uwuh. Meskipun namanya berarti sampah, Kak Uwuh jauh dari namanya. Kini ia adalah sosok yang molek dan penuh kasih. Kesan sampah jauh dari rupa maupun perilakunya. Saya juga sama. Nama Prabu tidak menjamin saya untuk jadi raja, apalagi di Jogja. Malah jadi tukang kritik raja yang beneran.

Dalam budaya Jawa, nama memang bentuk doa dan harapan. Namun akibat dari keputusan si anak tetap akan ditanggung sendiri. Maka jangan kaget juga ketika ada orang bernama sangat indah namun perilakunya membuat Dajjal minder.

Jangan kaget juga ketika ada orang yang ganti nama namun perilakunya tetap bajingan. Meskipun harapannya agar orang itu tidak sakit-sakitan apalagi penuh kesialan. Karena nama tidak akan menghalangi mental brengsek dan rakus. Nama memang doa, tapi tetap ada yang hidup tidak sesuai namanya. Contohnya sih, Anda sudah tahu ya.

Penulis: Prabu Yudianto
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA Mengenang Fenomena Anak Ganti Nama karena Sakit yang Kini Sudah Menghilang

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Exit mobile version