Culture Shock Naik Kapal Batu Layar dari Lombok ke Surabaya: Penumpang Cekcok dengan Brimob dan Keributan Lainnya (Pixabay.com)

Saya baru pertama kali naik kapal jarak jauh. Sekalinya naik, langsung perjalanan panjang dari Lombok ke Surabaya. Kesan saya, wow, wow.

Meskipun sering bepergian ke luar kota, sejujurnya saya tidak pernah naik kapal laut. Kapal laut yang saya maksud di sini adalah kapal besar dengan rute jarak jauh. Seumur hidup ini, saya hanya pernah naik kapal dengan rute pendek dari Banyuwangi ke Bali, atau kapal feri dari Pulau Ternate ke Pulau Hiri.

Makanya, saat saya kehabisan tiket pesawat dari Lombok ke Surabaya, saya terpaksa menggunakan transportasi laut (kapal besar dengan rute panjang). Hal tersebut menjadi pengalaman pertama saya dan jadi pengalaman yang akan teringat. Ada banyak culture shock yang saya alami selama berada di dalam kapal dan terombang-ambing di permukaan laut selama 24 jam nonstop. Benar-benar perjalanan hidup yang perlu ditulis dan diabadikan

Proses berangkat kapal lama, sampai berjam-jam

Membeli tiket kapal ternyata tidak semudah membeli tiket bus atau pesawat. Saat membuka situs Pelni dan DLU, tidak ada kapal yang bersandar di Pelabuhan Lombok pada Senin. Beruntung, saya punya banyak teman di Mataram, merekalah yang kemudian mencarikan saya kapal dan dapat satu tiket di Kapal Batu Layar kelas ekonomi. Hanya ada satu kelas ekonomi saja, kelas lainnya ludes.

Rencananya, kapal Batu Layar bersandar pada pukul 6 sore, berangkat pukul 8 malam. Sejak pukul 7 malam, saya sudah naik kapal dan saya nggak pernah menduga kalau kapal yang saya naiki justru baru berangkat pukul 1.30 dini hari. Artinya, kapal ini delay selama lima jam tiga puluh menit. Lion Air yang terkenal lelet masih kalah leletnya. Hadeeeh.

Penumpang ribut dengan oknum Brimob

Hal lain yang membuat saya cukup shock adalah keributan. Di Surabaya, sehari-harinya saya banyak bertemu dengan orang misuh. Saya pun terbiasa bepergian ke Indonesia bagian timur yang identik dengan logatnya yang keras itu. Seharusnya saya sudah tidak kaget dengan suara keras dan teriakan di dalam kapal perjalanan Lombok-Surabaya. Namun, saat tiba di dalam kapal dan berada di area penumpang, ada banyak teriakan dan keributan yang membuat saya cukup shock. Suasananya benar-benar kacau, semua orang baku ribut, cekcok rebutan kursi penumpang, padahal di tiketnya sudah ada nomor kursinya.

Lantaran saya orangnya mudah penasaran, meskipun agak nderedeg, saya tetap mendekati area keributan. Ternyata, ada penumpang yang terusir dari ruangan sebelah oleh oknum Brimob.

Jadi begini ceritanya, kapal kami memiliki beberapa ruangan dari A, B, C, dan seterusnya. Nah, ruangan B ternyata dibooking Brimob. Masalahnya, ada penumpang (warga sipil) yang memiliki tiket di ruangan B tersebut, tapi oleh pihak kapal diminta pindah ke ruangan A. Apesnya, di ruangan A semua tempat sudah terisi penuh, nggak ada tempat kosong. Akhirnya, baku ributlah penumpang tiket B dengan pihak kapal oknum Brimob. Sumpah ya, di dalam ruangan ini sudah seperti area diskusi gangster. Perkara ini berakhir saat Brimob meminta mereka tidur bersama di ruangan B. Hmmm.

Sebenarnya saya sudah sering kok naik transportasi lain di kelas ekonomi. Semasa kuliah, saya sering naik kereta ekonomi dari Surabaya ke Jakarta, kadang juga naik bus. Namun, naik kapal kelas ekonomi memang baru pertama kalinya dan saya merasa suasana kapal kelas kelas ekonomi lebih barbar ketimbang naik kelas ekonomi dengan mode transportasi lainnya.

Baca halaman selanjutnya

Ini kasur apa batu, Bos?

Tempat tidur Kapal Batu Layar sekeras batu

Ruangan A yang saya tempati memiliki tempat tidur dua tingkat dengan nomor yang tertempel di sudut bagian kiri. Kondisinya seperti barak militer, saya membayangkannya berada di dalam kamp konsentrasi Nazi karena kasurnya sempit dan keras sekali, sekeras batu.

Kursi kabin Pelita Air yang sering saya keluhan tipis itu, ternyata lebih baik daripada tempat tidur di dalam kapal kelas ekonomi. Menurut saya, tempat tidur ini tidak bisa dibilang kasur, lebih tepatnya triplek kayu tipis yang diberi pelapis kain, dan saya harus rebahan di tempat ini selama 24 jam ke depan. Kalau punggung saya bisa bicara, barangkali dia teriak sambil musuhi saya saking capeknya.

Perkara dengkur dan pentingnya sikap toleransi

Hal lain yang menyiksa saya di dalam kapal adalah suara dengkur, musik dari HP yang diputar keras-keras, bercampur anak kecil menangis kejer, dan bapak-bapak yang ngobrol dengan suara keras di malam hari. Semua suara tersebut saling bersahut-sahutan dan membuat saya tidak bisa tidur sama sekali. Padahal saya sudah minum melatonin (obat tidur). Harusnya saya bisa menempuh Lombok ke Surabaya dengan tenang.

Saya tidak bisa menyalahkan anak kecil yang menangis dan tidak bisa meminta orang berhenti mendengkur. Namun, memutar musik keras dan bercanda larut malam itu kan hal yang sebenarnya bisa dihindari. Ini hanya perkara toleransi dan sopan santun saja, kan?

Akhirnya, saya nggak tahan dan mendatangi bapak-bapak yang mengobral dan memutar musik untuk memelankan suaranya karena kita semua butuh tidur.

Saya tidak punya pikiran menjadi heroik, tapi setelah saya bicara ke bapak-bapak tersebut, ibu-ibu di sebelah saya memberi pujian yang membuat saya tidak bisa menahan rasa malu. Saya baru menyadari kalau tidak semua perempuan memiliki keberanian untuk sekedar mengatakan hal yang benar dihadapkan kerumunan laki-laki. Kultur di negeri kita ini masih beranggapan kalau perempuan adalah makhluk lemah lembut, perempuan sebaiknya diam dan pemalu. Ya mohon maaf, saya nggak bisa lembut pada orang yang nggak sopan.

Fasilitas lengkap, tapi panas

Kapal Batu Layar yang saya naiki ini, meskipun kelas ekonomi, tapi memiliki fasilitas yang lengkap. Ada kamar mandi yang dipisah antara penumpang laki-laki dan perempuan. Kondisi kamar mandinya pun luas dan cukup bersih, mirip kondisi toilet di kereta.

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan area kantin yang berada di bagian paling atas kapal dengan atap asbes yang membuat ruangannya panas setengah mati. Di depan kantin, ada area bermain anak-anak skala kecil. Anak-anak bisa main jungkat jungkit, kuda-kudaan ataupun perosotan. Lumayan bagus untuk kapal tiket kelas ekonomi yang harganya hanya Rp200 ribuan.

Itu tadi culture shock yang sempat saya rasakan di dalam kapal. Btw, saya menulis artikel ini di atas kapal,lho. Kapalnya mulai masuk perairan Madura sehingga ada sinyal dua bar yang cukup untuk digunakan mengirim tulisan ke Terminal Mojok. Doakan saya selamat sampai daratan, Gaes. Aamiin.

Penulis: Tiara Uci
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA 27 Jam Membelah Laut Utara Jawa dengan KM Kelimutu, Kapal Pelni Bermutu Tinggi

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.