Bioskop di Indonesia Timur Jarang, Wajar kalau Film Kaka Boss Sepi Penonton

Bioskop di Indonesia Timur Jarang, Wajar kalau Film Kaka Boss Sepi Penonton

Bioskop di Indonesia Timur Jarang, Wajar kalau Film Kaka Boss Sepi Penonton (unsplash.com)

Film Kaka Boss yang diproduksi Imajinari Pictures dan disutradarai oleh Arie Kriting sedang ramai diperbincangkan warga net lantaran dianggap sepi penonton. Sejak tayang di bioskop pada 29 Agustus hingga tulisan ini dibuat, jumlah penonton Kaka Boss belum mencapai 1 juta.

Banyak netizen mengaitkan tidak populernya Kaka Boss dengan alasan politik. Terutama keterlibatan Arie Kriting (sutradara Kaka Boss), Mamat Alkatiri, dan Abdul Arsyad (aktor dalam film Kaka Boss) dalam Aksi Peringatan Darurat pada 22 Agustus 2024 lalu.

Kebetulan, saya sudah nonton film Kaka Boss. Alih-alih sepi lantaran aksi demonstrasi, saya kira ada persoalan lain yang membuat film ini belum berhasil menembus Box Office (di Indonesia angka 1 juta penonton dijadikan patokan sebuah film masuk jajaran Box Office).

Idenya segar dan berbeda

Mayoritas film yang mengusung tema Indonesia timur biasanya menonjolkan dua hal, yaitu romantisasi keindahan alam dan kisah haru soal kesenjangan sosial. Namun, Kaka Boss mengambil tema yang berbeda, film ini lebih menonjolkan manusia Indonesia timur dengan segala persoalan hidupnya.

Mengusung genre drama komedi, Kaka Boss cukup mampu membuat penonton tertawa. Saya menonton film ini di Ternate. Mayoritas penonton di teater tertawa di banyak scene. Kalaupun ada part komedi yang tidak berhasil membuat saya tertawa, semata-mata karena saya orang Jawa yang kurang menangkap maksud humornya saja.

Di luar masalah pribadi (selera humor saya kurang) secara keseluruhan film Kaka Boss bagus. Temanya membumi, dramanya cukup mengena di hati, sinematografinya tidak asal-asalan, dan musiknya menarik.

Masalahnya, kenapa film bagus penontonnya sedikit? Ya gimana mau banyak penonton, ha wong jumlah bioskop di Indonesia timur pun sedikit. Meskipun Kaka Boss bisa dinikmati oleh penonton dengan latar belakang budaya lain (Jawa, Sunda, Bali, dan lainnya), tapi segmen pasar utamanya adalah orang Indonesia bagian timur.

Baca halaman selanjutnya: Papua dan Maluku kekurangan bioskop…

Papua dan Maluku kekurangan bioskop

Kita sepakati dulu yang disebut Indonesia timur itu mana. Kalau kita berpatokan pada zona waktu WIT (Waktu Indonesia Timur). Indonesia timur hanya di Pulau Papua (6 provinsi) dan Kepulauan Maluku (2 provinsi). Nah, di delapan provinsi ini, jumlah bioskopnya bisa dihitung jari.

Di Papua yang notabene memiliki enam provinsi, sependek ingatan saya, bioskop hanya ada di Jayapura (Provinsi Papua), Sorong (Papua Barat Daya), dan Manokwari (Provinsi Papua Barat). Di Mimika (Provinsi Papua Tengah) ada sih bioskop, tapi aksesnya terbatas untuk PT Freeport. Artinya, tidak semua provinsi memiliki bioskop.

Di beberapa daerah Papua biasanya ada bioskop mini (usaha perseorangan atau komuntitas), tapi film yang diputar umumnya bukan film baru. Kebanyakan film lama atau film-film lokal dan dokumenter karya anak negeri yang memang didistribusikan dengan biaya murah bahkan gratis.

Meskipun Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland, akses transportasi darat di pulau ini masih terbatas. Misalnya ada warga di Provinsi Papua Pegunungan mau nonton bioskop harus ke Jayapura dulu. Dan mereka hanya memiliki dua pilihan saja. Naik pesawat ATR yang harga tiketnya mahal (kurang lebih Rp1,5 juta PP), atau menggunakan jalur darat yang terjal, yang berarti harus siap naik turun gunung dan menyusuri lembah seperti Ninja Hattori.

Berkebalikan dengan Papua, Maluku dan Maluku Utara adalah dua provinsi kepulauan. Bioskopnya hanya ada di dua, di kota Ambon (Maluku) dan Ternate (Maluku Utara).

Bayangkan saja, pulau terbesar Malut adalah Halmahera. Tapi kalau warga di pulau terbesar ingin nonton bioskop harus ke Ternate naik kapal selama satu malam. Kalian pikir sendiri, orang gila mana yang mau menempuh perjalanan seharian naik kapal seharga Rp350 ribu hanya untuk nonton film di bioskop? Ongkosnya saja bisa dipakai makan di Surabaya selama seminggu.

Jika menggunakan zona waktu sebagai patokan Indonesia timur, jangankan dapat penonton 1 juta, Kaka Boss tembus 100 ribu penonton saja sudah luar biasa bagus.

Sulawesi dan NTT termasuk Indonesia timur, tapi sama saja bioskop juga jarang di sana

Sementara kalau kita menyebut Indonesia timur dari kemiripan kultur, Pulau Sulawesi dan NTT termasuk meskipun zona waktunya WITA. Masalahnya, di NTT bioskopnya juga jarang, paling mentok hanya ada di Kupang.

Sulawesi menjadi pulau di timur yang paling banyak jumlah bioskopnya, tapi tetap tidak bisa dibandingkan seperti di Jawa yang nyaris setiap kotanya ada bioskop. Kalaupun ada kota di Jawa yang belum memiliki bioskop, tapi ada kota lain dengan jarak tempuh dekat yang memiliki bioskop. Misalnya di Blora tidak ada bioskop, warga Blora bisa naik motor selama 30 menit ke Bojonegoro untuk nonton bioskop.

Sementara di Sulawesi, rata-rata bioskop ada di ibu kota provinsi saja dan jaraknya relatif jauh. Misalnya ada orang Enrekang mau nonton bioskop ke Makassar membutuhkan waktu 4 jam naik mobil. Padahal keduanya masih sama-sama di Sulawesi Selatan.

Film Kaka Boss tidak bisa diakses orang-orang yang menjadi pasar utamanya

Melihat terbatasnya jumlah bioskop, rasanya tidak adil menganggap sepinya film semata-mata perkara politik. Bisa jadi memang film tersebut tidak bisa diakses oleh orang-orang yang menjadi pasar utamanya.

Menurut saya, angka 752 ribu penonton yang diperoleh film Kaka Boss terbilang banyak bila dibandingkan film dengan tema timur lainnya. Sebagai perbandingan, film Cahaya dari Timur: Beta Maluku yang disutradarai Angga Sasongko dan berhasil menyabet dua Piala Citra 2014 (kategori film bioskop terbaik dan pemeran utama pria terbaik), jumlah penontonnya hanya 250 ribu, lho.

Meskipun terlihat tidak adil, tapi begitulah cara kerja dunia hiburan. Jumlah penonton tidak hanya ditentukan oleh bagus atau tidaknya film, tapi ditentukan banyak faktor. Salah satunya ketersediaan bioskop untuk melihat film tersebut. Soal bangga dengan karya putra daerah, saya kira orang timur pasti bangga, masalahnya mau nonton film di mana kalau bioskopnya saja jarang? Kan nggak semua orang timur merantau ke Jakarta atau Jawa.

Faktanya, tidak hanya infrastruktur jalan, pendidikan, dan kesehatan yang belum merata di Indonesia. Urusan hiburan pun belum merata, Gaes.

Penulis: Tiara uci
Editor: Intan Ekapratiwi

BACA JUGA Jangan Nonton Bioskop kalau Nggak Paham Aturan Tidak Tertulisnya, Nanti Disebut Penonton Norak.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Exit mobile version