Anak-anak yang Rame di Masjid Saat Tarawih Itu Nggak Nakal, Cuma Lagi Menghibur Aja – Terminal Mojok

Anak-anak yang Rame di Masjid Saat Tarawih Itu Nggak Nakal, Cuma Lagi Menghibur Aja

Artikel

Avatar

Saat salat tarawih berjamaah, masjid atau musala adalah tempat paling ramai dikunjungi umat muslim yang ingin melaksanakan salat sunah tersebut. Orang dari berbagai kalangan akan datang memenuhi saf-saf masjid. Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, remaja, pemuda, lansia, anak-anak hingga balita yang baru bisa merangkak saja bisa ditemui ketika salat tarawih.

Pelaksanaan salat tarawih yang cenderung lama kadang bisa banget bikin ngantuk bahkan bosan. Selama salat tarawih berlangsung, kadang ada aja hal-hal yang dilakukan oleh anak-anak dalam masjid yang bikin jamaah lainnya gemas sekaligus jengkel. Alih-alih bikin kesel, kehadiran mereka sebenernya adalah penghibur bagi mata-mata yang ngantuk dan udah nggak kuat berdiri.

Eh, nggak papa kok, wajar. Kita semua juga manusia yang masih bisa ngerasain capek dan ngantuk bahkan ketika salat tarawih. Iyaa kan??? Iyaa kaan???

Coba deh, ketika ada ibu-ibu bawa balita yang baru bisa merangkak dan sedang mainan sajadah di samping kita, misalnya. Ketika imam sedang ceramah dan ndilalah kok ceramahnya lama buanget sampai banyak jamaah yang angguk-angguk dan senderan di tiang penyanggah masjid. Nah, hadirnya balita di samping kita itu sebenarnya suatu anugerah. Selain bisa nyegerin mata yang ngantuk, kita juga bisa bermain bersama. Apalagi buat yang suka banget sama anak kecil. Duuh, pipinya itu loh, kayak squishy yang kenyel jadi pengin dicubitin terus. Wqwqwq.

Eh tapi, kalau nggak dipelototin sama ibunya loh, yaaa.

Yah, meskipun akhirnya kita nggak dengerin dengan baik, imam yang lagi ceramah di depan.

Dan di balik satu kelucuan itu, ada banyak sekali performance dari bocah-bocah tengil ketika salat tarawih, yang menghibur tapi lebih banyak bikin jengkelnya.

Kayak kasus anak-anak yang suka banget mainan sarung. Lari sana, lari sini, sambil sabet-sabetan sarung yang mereka cosplay-in jadi pedang samurai. Sat-set bat-bet. Suara tebasan sarungnya sampai ngalahin suara imam di speaker masjid. Habis itu, kalau ada yang jatuh atau nangis, pada diem semua terus sok-sokan balik ke saf sambil lirik-lirikan karena nggak ada yang mau disalahin. Tapi nggak lama, balik lagi sabet-sabetan sarung. Sampai diulang-ulang kayak gitu terus. Hilih, dasar bocah!

Sialnya lagi tuh kalau lagi salat di saf depan dan nggak sengaja liat bocah yang iseng banget melorotin sarung temennya. Pernah dulu banget, saya salat tarawih di saf paling depan di antara jamaah perempuan. Zaman waktu salat masih suka lirik sana lirik sini sampe garuk-garuk kaki yang tiba-tiba gatel gara-gara lama banget nunggu bacaan suratnya imam yang panjang.

Nggak sengaja tuh liat anak-anak kecil yang cowo-cowo pada godain temen-temennya yang mencoba khusyuk. Hingga suatu kejadian mengejutkan terjadi. Temennya yang ngerasa nggak berhasil gangguin itu langsung melorotin sarung temennya yang lagi salat.

Penampakan yang ada di depan mata sungguh tak terduga. Kancut bergambar Spiderman muncul di balik sarung. Terkejoed saya terheran-heran, sambil istighfar terus berusaha khusyuk dengerin suara imamnya lagi.

Nah, nggak cuma anak-anak di saf cowo nih yang biasa rame. Tapi saf cewe yang ada banyak anak-anaknya juga nggak kalah bikin mbatin. Biasanya kalau ada yang bawa anak atau adiknya yang masih kecil, yah seumuran anak TK atau anak SD kelas dua. Mereka yang lagi belajar salat biasanya bakal celingak-celinguk ke saf kanan dan kirinya, terus garuk-garuk kaki. Kita yang diliatin kan jadi grogi, Dek~

Yang bikin mbatin tuh kalau mulai lihat anak-anak yang iseng banget main ikat mukena ke sesama temennya. Karena setelah mukena kedua temannnya diikat, salah satu dari mereka biasanya akan jatuh ketika gerakan salat nggak berbarengan. Pengin ketawa tapi kok ya lagi salat. Jadilah saya mbatin aja.

Namun kemudian saya menyimpulkan, anak-anak yang rame di masjid ketika salat tarawih itu sebenernya nggak nakal, mereka cuma mau menghibur kita yang mulai capek berdiri dan ngantuk di sela-sela salat tarawih aja. Kan lumayan bisa liat performance gratis. Lagipula kita semua juga pernah bertingkah (nakal) seperti itu, kok. Jadi, yah nikmati aja~

BACA JUGA Esai-esai Terminal Ramadan Mojok lainnya.

Baca Juga:  Opsi Nama Anak yang Lahir di Bulan Ramadan, Selain Ramadan

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.

---
4


Komentar

Comments are closed.