Apa yang lebih lucu dari 24? Tentu saja 25, kata SpongeBob Squarepants. Tapi apa yang lebih lucu dari 25? Tentu saja logika ndlogok Rumah Produksi Sinetron dan entertainment lain. Lihat saja sinetron Indonesia sekarang, kalau tidak mengeksploitasi kemiskinan ya mengekploitasi sesuatu yang viral.
Tapi kelucuan (baca: kegoblokan) rumah produksi sinetron selama ini belum paripurna. Puncak kelucuan mereka terjadi di tengah duka lara korban erupsi Semeru. Mereka memanfaatkan momen bencana ini sebagai konten tayangan mereka. Bukan, bukan dengan set studio yang dibuat semirip mungkin. Tapi benar-benar syuting di lokasi pengungsian!
Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda (TMTM) menjadikan lokasi pengungsian erupsi Semeru sebagai tempat syuting. Sekali lagi, di lokasi pengungsian! Dengan alasan untuk mendapat set yang realistis, tempat warga Semeru berlindung dari bencana, dijual menjadi tayangan yang mengemis rating.
Pihak PT. Verona Indah Pictures membela diri dengan menunjukkan simpati. Mereka mengaku tengah memberi dukungan moral kepada korban bencana erupsi Semeru. Menurut mereka, dukungan materil telah banyak, tapi dukungan moral masih minim. Pembelaan berikutnya adalah (katanya) mereka diterima baik oleh warga dan relawan di lokasi. Yah, meskipun banyak relawan yang mencibir mereka di media sosial.
Lebih jauh lagi, syuting TMTM ini mendapat izin dari Pemerintah Daerah Lumajang. Memang, sampai detik ini belum ada klarifikasi dari pihak pemerintah. Tapi mau klarifikasi macam apa pun, tetap saja nggatheli. Intinya, susah untuk mendapat pembenaran dari eksploitasi duka lara korban bencana erupsi Semeru.
Mungkin Anda berpikir, “Tapi kan masyarakat terhibur dengan mereka?” Ya, mungkin Anda yang kini tinggal di lokasi jauh dari bencana berpikir demikian. Tapi situasi moral korban bencana berbeda. Situasi serba tidak pasti tidak tepat dihibur dengan hingar bingar syuting yang sebenarnya B aja, sih.
Kemarin ada tokoh politik yang memajang foto di pengungsian. Kini rumah produksi syuting di sana. Maaf-maaf nih, Anda punya akal sehat tidak sih. Tidak usah bicara moralitas. Namun, memanfaatkan bencana sebagai alat promosi tidak pernah berhasil. Emosi terhadap bencana selalu penuh duka. Dan siapa orang yang mau membeli tayangan atau menjual suara ketika dalam situasi penuh duka.
Atau Anda berpikir, “Tapi kan mereka mengangkat heroisme seorang relawan.” Lalu kalau heroisme mereka diangkat sinetron, apa dampaknya? Para relawan sudah heroik sejak dalam pikiran masyarakat. Tanpa harus menjual heroisme, relawan akan dan selalu menjadi pahlawan di tengah bencana. Bahkan tanpa mengeksploitasi seperti sinetron pekok ini.
Kalau memang ingin mengangkat tema relawan bencana, ya sebaiknya pakai set studio saja. Pemirsa membeli cerita, dan bukan background lokasi yang realistis. Betapa lucu logika bahwa syuting di lokasi bencana akan memuaskan pemirsa dengan nilai realis. Dan terbukti kan, sekarang sinetron TMTM dikecam dan terancam diboikot oleh pemirsa.
Eksploitasi entertainment macam TMTM ini sebenarnya menjadi red flag untuk kita. Kita memang sudah masuk dalam fase krisis hiburan. Bukan jumlahnya yang berkurang, atau kualitasnya yang jongkok. Tapi fase di mana segalanya menjadi sah demi kebutuhan hiburan.
Konten penuh tipuan dan hiburan yang mencederai perasaan sudah subur. Eksploitasi viralitas dan kemiskinan juga makin menjadi. Dan ketika bicara eksploitasi, pada akhirnya semua bisa diperah. Termasuk duka cita dan masa-masa sulit di tengah bencana.
Mau dibawa ke mana lagi industri hiburan? Apa lagi yang akan dieksploitasi? Bisa-bisa, kecelakaan lalu lintas ikut dieksploitasi demi konten hiburan. Eh sudah ding, dengan eksploitasi kecelakaan yang merenggut nyawa Vanessa Angel.
Lalu siapa yang bermasalah? Selera masyarakat yang rendah, atau industri hiburan yang minim kreativitas dan akal sehat? Menurut saya, masyarakat selama ini hanya disuapi saja. Mereka (dipaksa) mengunyah apa yang dijejalkan. Sedangkan yang menyuapi memang terlalu pekok dan tidak berpikir kecuali profit dan rating.
Sumber Gambar: Unsplash
Editor: Audian Laili