8 Hantu yang Sering Dilibatkan dalam Kisah Horor KKN

Artikel

Gusti Aditya

Katanya, KKN tanpa kisah horor itu bagai sayur tanpa minum. Nggak berhubungan memang, namun kehadirannya saling menguatkan. Bayangkan saja makan sayur, panas-panas gitu, tanpa minum. Duh, Dek. Atau sebaliknya, kita minum banyak-banyak tanpa makan sayur. Hambar, Brou. Begitulah KKN dengan kisah horor. Dan yang menjadi sasaran, adalah hantu-hantu tertentu yang pasti dituding menjadi pelaku utama.

Sebelum KKN di Desa Penari hadir menambah semesta perdemitan masa KKN, kisah-kisah liar hantu di KKN adalah hadiah khusus dari warga desa. Tips mendapatkan cerita horor dari warga desa adalah kamu sudah kenal minimal dua minggu. Setelah itu, kamu akan mendapat kata-kata template sebagai pembuka cerita horor seperti ini, “Dulu…”, “Oh iya, dua tahun lalu ada mahasiswa KKN…”, hingga “Hmmm, aku mau cerita tapi rahasia aja ya, Mas/mbak….”

Dan berikut saya ringkas hantu-hantu yang sering dicatut dalam kisah horor KKN.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #1 Pocong

Bagi mahasiswa yang KKN di Pulau Jawa, hantu yang satu ini adalah makanan sehari-hari ketika malam. Apa lagi ketika melewati kebon pisang milik Pak RT. Bukan hanya merinding saja, biasanya ketika mulai tercium bau busuk, penguk nggak karuan, biasanya otak langsung bilang bahwa pocong sudah hadir di posko KKN. Ada ludah di tanah juga yang namanya otak parno langsung menghubungkan dengan hal-hal klenik, terutama pocongan.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #2 Kuntilanak

“Duh, siapa yang bakar singkong nih?” Kalimat seperti ini biasanya memicu lahirnya perang antara materialisme dan logika mistika di dalam kepala. apa lagi ada bumbu seperti ini, Kalau baunya jauh tuh artinya sosoknya ada di deket kita, Brouuu.” Dijamin, kaki langsung ngewel dan minat pergi ke kamar mandi malam itu harus ditahan sebisa mungkin. Kalau otak sudah parno, liat jemuran putih saja sanubari ndredeg nggak keruan, Paman.

Baca Juga:  Pria Misterius Berkacamata di Bawah Pohon Mangga

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #3 Tuyul

Isu demit yang satu ini akan berembus cepat kala ada rekan satu tim yang kehilangan uangnya. Semua prasangka akan mengarah kepada demit yang imut satu ini. Warga desa yang paling kaya biasanya jadi sasaran prasangka. Padahal ya bukan tuyul, tapi bisa jadi rekan satu tim kamu itu yang tangannya nyolongan.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #4 Genderuwo

Isu genderuwo mulai terendus biasanya saat rokok dan korek mulai banyak yang hilang. Mau nuduh temen satu tim nggak enak, ya udah bikin isu dihabisin sama genderuwo. Padahal rokokmu Esse, kan biasanya genderuwo rokoknya pakai Samsu, Bosku. Jangan bikin isu lah, kasian bang genderuwo disalahin terus. Ya mosok genderuwo rokokan Esse Shuffle. Bukannya nakut-nakutin, malah jadi nebak rasa.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #5 Kuyang

Film-film Thailand dan Malaysia sudah banyak yang mengangkat kisah demit bertemakan kuyang. Kisah ini pasti selalu ada bagi rekan-rekan yang KKN di Pulau Kalimantan. Dengan segala bumbunya, kisah kuyang ini beneran bikin bulu kudu ngangkat. Untung yang KKN bukan Raditya Dika dan antek-anteknya, ntar jadinya malah seperti ini, “Kuyang kacih cayang.” Haish, setop, nggak lucu.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #6 Leak

Bagaimana sejarahnya, saya kurang paham, yang jelas kawan-kawan yang baru pulang KKN di kawasan Indonesia Tengah, terutama Bali, pasti membawa oleh-oleh kisah leak. Bukannya pulang ke Jogja bawa oleh-oleh arak Bali atau brem Bayan, ini malah bawa kisah hantu yang sedikit menakutkan.

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #7 Selaq

Geser dikit ke Nusa Tenggara, tepatnya ke bagian Barat, ada cerita selaq yang tentunya dibawa oleh kawan-kawan yang habis KKN di area sana. Terutama Lombok Utara. Sosok jadi-jadian yang notebene manusia sakti ini bukan hanya bikin ngewel, tapi juga bikin nggak bisa tidur. Okelah, hantu itu menakut-nakuti, tapi semisal manusia yang berubah jadi makluk jadi-jadian kan makin serem. Kalau nyerang itu lho, sambitan anak klitih kayaknya nggak ada apa-apanya.

Baca Juga:  Apa Cuma Saya yang Malas Ikutan Giveaway?

Hantu yang sering muncul dalam kisah horor KKN #8 Suanggi

Kawan-kawan dari Timur dan mereka yang habis KKN di kawasan Timur, pasti pulang dengan menyimpan pengalaman menyeramkan dengan dalih hantu yang satu ini. Ada beberapa versi cerita, mulai dari Maluku hingga Papua, namun cerita yang paling terkenal adalah hantu ini berwujud wanita cantik yang suka makan kelamin pria….

Dan begitulah rangkuman demit-demit yang sering keluar dalam cerita KKN. Barangkali Badarawuhi adalah pendatang baru yang nggak bisa saya masukan dalam list ini. Bagaimana? Ada hantu yang belum saya masukan? Eh kok nanya kamu sih, kamu kan KKN di rumah, ya. Mana punya pengalaman seperti ini.

BACA JUGA 5 Cerita “Horor” KKN yang Paling Sering Terjadi dan tulisan Gusti Aditya lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.

---
7


Komentar

Comments are closed.