7 Tahap Menciptakan Alur Cerita FTV Khas SCTV

Artikel

Selain sinetron, film televisi (FTV) memang acara televisi yang jadi andalan beberapa stasiun TV Indonesia. Meskipun ceritanya tidak sepanjang sinetron, tayangan ini banyak yang suka. Mungkin karena ceritanya nggak perlu dipikirkan berat-berat maupun analisis-analisisan.

Salah satu stasiun TV yang yang identik dengan FTV adalah SCTV. Berbeda dengan stasiun TV lainnya, FTV SCTV memiliki style suka membahas percintaan anak muda dengan cara agak alay. Saking mentoknya tema FTV di soal cinta-cintaan, kayaknya anak kecil di Indonesia belajar apa itu cinta pertama kali dari FTV deh.

Dan saya termasuk penyuka FTV SCTV hahaha. Berawal dari ketidaksengajaan saat libur sekolah waktu SMP, saya menghabiskan waktu libur dengan menonton FTV setiap hari, sampai dikatain orang tua, “Lanang kok nontone cinta-cintaan,” tapi saya cuekin aja karena emang dasar suka. Padahal kalau dipikir-pikir, resep alurnya sudah didaur ulang berkali-kali.

Bagi kalian yang sering menonton FTV pasti menyadari, alur cerita FTV SCTV tuh template dari dulu hingga saat ini.

Rumus alur cerita FTV SCTV #1 Kedua karakter utama nggak sengaja ketemu, terus cekcok

Adegan pertama dalam sebuah FTV pasti langsung dimulai dengan sebuah konflik yang tidak sengaja antarkarakter utama, seperti saling bertabrakan atau berselisih memperebutkan sesuatu. Mereka terus cekcok satu sama lain untuk mempertahankan bahwa diri merekalah yang paling benar.

Baik karakter yang sama-sama kaya atau sama-sama miskin. Atau juga, miskin vs kaya. Dari tukang bakso, tukang siomay, tukang ojek online, dokter, manajer, hingga pengusaha kaya raya, pasti ketika pertama ketemu langsung cekcok. Begitulah takdir karakter utama drama FTV.

Rumus alur cerita FTV SCTV #2 Kedua karakter utama harus kerja sama melakukan sesuatu

Setelah pertemuan pertama yang nggak sengaja dan berujung cekcok tadi, pasti mereka akan ketemu lagi. Entah karena dijodohkan, entah karena satu kantor, entah karena satu lapak jualan. Pokoknya takdir Tuhan udah menggariskan mereka kudu ketemu.

Baca Juga:  Selisih Kecepatan Rata-rata Salat Tarawih di Desa Saya dan Tempat Saya Kuliah

Dan pastinya, mereka harus saling kerja sama untuk melakukan sesuatu, awalnya mereka memang pasti saling tidak mau karena kesan jelek pada pertemuan pertama mereka. Tapi, akhirnya mereka tidak punya pilihan lain selain harus bekerja sama.

Rumus alur cerita FTV SCTV #3 Muncul karakter subplot yang selalu menganggu karakter utama

Ini penting dan nggak boleh terlewatkan. Dalam sebuah FTV pasti ada karakter subplot entah itu dari sisi karakter utama cowok atau cewek. Karakter ini memiliki tugas untuk mengganggu hubungan karakter utama. Bisa jadi itu sebagai pacar, tunangan, teman tapi sayang, atau mantan yang ngajak balikan. Karakter subplot pasti akan menghalalkan segala cara untuk memisahkan karakter utama.

Rumus alur cerita FTV SCTV #4 Karakter utama jadi saling jatuh cinta karena terlalu sering bertemu

Seiring berjalannya waktu, karena terlalu sering bertemu akhirnya mulai menumbuhkan benih-benih cinta di antara kedua karakter. Biasanya dimulai dengan adegan-adegan romantis yang tidak disengaja. Yang paling sederhana, si cewek jatuh, terus ditangkap sama si cowok dan dalam posisi menangkap itu, mereka akan saling memandang agak lama.

Rumus alur cerita FTV SCTV #5 Muncul konflik besar yang membuat karakter utama tidak bisa bersatu

Setelah sering bertemu, kini mereka harus saling terpisah karena sebuah konflik besar. Entah itu karena kesalahpahaman yang disebabkan oleh karakter subplot, bisa juga karena muncul sebuah fakta baru tentang karakter utama yang akhirnya mengecewakan karakter lainnya.

Contoh simpelnya: ternyata bokapnya si cowok waktu dulu sekali adalah si pemilik mobil yang menabrak bokap si cewek sampai meninggal, lalu kabur. Hal inilah yang akhirnya membuat si cewek tak terima dan berpisah dengan si cowok.

Baca Juga:  Sebelum Drama Korea Menyerang, Telenovela Pernah Merajai Tontonan Indonesia

Rumus alur cerita FTV SCTV #6 Karakter utama harus menyeselaikan konflik

Setelah beberapa waktu, Konflik besar yang muncul tadi perlu diselesaikan. Karena rasa cintanya yang lebih besar dari egonya, karakter utama akhirnya berusaha untuk menyelesaikan konflik.

Awalnya usaha yang dilakukannya selalu gagal dan mengalami hambatan, tapi dia tidak menyerah. akhirnya berkat usaha dan kegigihannya, konflik tersebut dapat terselesaikan. Gitu doang. Takdir selalu membantu karakter utama, pasti tiba-tiba ada aja kemujuran yang didapat di tengah cerita. The power of karakter utama.

Rumus alur cerita FTV SCTV #7 Happy ending

Benar. FTV pasti selalu happy ending, itu sudah menjadi suatu kewajiban FTV.

Kenapa harus happy ending?

Ada yang bilang karena secara psikologis manusia lebih menyenangi serta mengharapkan happy ending atau akhir yang bahagia pada hidup dan kehidupannya.

Tapi ada juga yang bilang karena alur waktu dalam cerita cuma sebentar dan biasanya ceritanya hanya sampai di tahap baru jadian. Jelaslah, orang baru jadian pastinya berbunga-bunga kayak si pacar menjadi orang paling buaik di dunia. Coba dibikin alur waktunya dua tahun, pasti udah mulai ada berantem, saling cemburu, curiga. Belum lagi kalau udah nikah, pasti ngeributin budget belanja, uang sekolah anak, kecanduan hobi. Gitu.

Sumber gambar: YouTube SCTV

BACA JUGA Kualitas Tersembunyi Sinetron Indosiar yang Diketawain Kelas Menengah Terdidik dan tulisan Yuarandhi Shulistyo Nooraruma lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.

---
2


Komentar

Comments are closed.