6 Resep Kreasi Indomie yang Bisa Dibikin Semua Orang – Terminal Mojok

6 Resep Kreasi Indomie yang Bisa Dibikin Semua Orang

Artikel

Seto Wicaksono

Swakarantina membuat saya harus memaksimalkan setiap bahan makanan yang ada di rumah. Maklum, di Bogor, beberapa pusat perbelanjaan juga pasar yang biasa saya kunjungi sebagian di antaranya tutup. Warung sayur di dekat rumah bahan pangannya nggak selengkap di pasar. Hal tersebut membuat saya juga istri harus berpikir untuk memanfaatkan stok makanan yang ada. Salah satu stok makanan yang selalu kami punya adalah Indomie.

Tapi, nggak mungkin juga kami makan mi setiap hari, apalagi dengan olahan yang sama. Selain lama-lama bisa eneg, khawatir usus ini kenapa-kenapa nantinya. Saya pikir, boleh lah jika terpaksa harus makan indomie dengan intensitas yang sering, tapi olahannya nggak gitu-gitu aja.

Cara tradisional masak indomie kan biasanya direbus, bumbunya ditaruh di piring atau mangkok, diaduk, lalu siap saji. Nah, saya ada beberapa kreasi sederhana untuk memasak indomie dengan memanfaatkan bahan atau bumbu dapur di rumah, dan ini biasa saya lakukan di rumah selama swakarantina. Biar ada variasi dan nggak bosen. Hehehe.

Dibuat martabak mi

Bahan-bahannya sederhana dan bisa pake bumbu dapur yang ada di rumah, gaes! Kalian cuma butuh:

– Satu bungkus indomie varian apa pun

– Saos sesuai selera

– Satu butir telur

– Daun bawang, kornet atau olahan daging sebagai pelengkap

Cara masaknya:

Rebus indomie seperti biasa, jika sudah matang, tuangkan ke satu mangkuk. Aduk hingga rata bersamaan dengan telur, kornet, daun bawang yang sudah dipotong, dan bumbu indomie. Jika sudah merata, goreng dengan tingkat kematangan sesuai selera. Makan dengan saos agar lebih nikmat. Oh, iya, jumlah telur dan mi disesuaikan porsi aja, ya. Kalau mau bikin dua mi, telurnya pun dua. Begitu seterusnya.

Baca Juga:  Kawan yang Kini Merasa Menjadi Lawan, Kembalilah Seperti Dulu

Dimakan dengan sayuran + cabe

Bahan yang digunakan:

– Indomie

– Daun pokcoy/caysim/sawi

– Tomat

– Timun

– Daun bawang

– Cabe rawit

Cara masaknya sama seperti ketika masak mi biasa. Bedanya, olahan ini pake topping sayuran plus cabe rawit biar makin selera makannya dan dan pedes-pedesnya gimana gitu. Disamping itu juga akan lebih sehat karena dimakan pake sayuran. Yakin gitu, nggak mau bikin sekarang juga?

Indomie, telor, kornet ala burjo

Nah, kalau ini idola sejuta umat. Bedanya, kali ini dibuat sendiri di rumah. Dari satu indomie, toppingnya pake telor (bisa diceplok, dadar, atau rebus sesuai selera), jangan lupa juga pake kornet. Dan bisa ditambahkan dengan keju. Yakin, yok, di situasi sekarang ini, indomie yang kita buat nggak kalah enak dari abang-abang burjo.

Sosis lilit indomie

Variasi olahan ini biasanya ditemui di beberapa sekolahan. Bahan dasarnya sosis, indomie, telur. Setelah indomie direbus, lilit indomie ke sosis. Agar lebih rekat, sosis bisa dioles menggunakan telur lebih dulu. Sebetulnya bisa aja sih tanpa telur, tapi kurang nempel dan kurang rekat aja jadinya.

Dibuat pizza mi

Bahan-bahan:

– Sosis, daging cincang

– Saos tomat, saos cabe (tergantung selera)

– Oregano, basil, merica, garam

– Irisan bawang bombay, bawang putih

– Potong dadu atau iris paprika sesuai selera

– Indomie (menyesuaikan porsi)

Rebus mi hingga matang. Lalu buat juga topping sesuai dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan cara mencampurkan bahan-bahan tersebut satu per satu. Bentuk mi bisa menyesuaikan selera, bisa kotak, bulat, atau bentuk lainnya. Kemudian, topping yang sudah jadi, bisa ditaruh di atas mi. Ketika membuat pizza mi, bumbu indomie nggak perlu digunakan.

Baca Juga:  Jika Mie Instan Adalah Agama, Agama Pertama Saya adalah Supermi

Dimakan pake nasi

Kalau udah bingung makan apa, cara terakhir dan nggak butuh perlengkapan bahan banyak yang bisa dilakukan adalah makan mi dengan cara brutal namun sering kali dilakukan banyak orang. Biar kenyang, katanya. Ditambah mencerminkan orang Indonesia banget, makan mi pake nasi. Perpaduan antara karbohidrat + karbohidrat ini emang nggak ada duanya. Apalagi dimakan selagi hangat dan pake kerupuk. Nah, loh. Apa nggak bikin nagih.

Meskipun bukan rahasia lagi bahwa indomie itu enak banget dengan segala varian rasa yang ada, nggak ada salahnya dong mencoba mengolah indomie dengan cara dan kreasi yang lain? Apalagi dalam situasi swakarantina seperti saat ini. Nah, kalau ada kalian punya resep atau kreasi lain olahan indomie, boleh juga dong dishare. Bukannya apa, di situasi seperti sekarang ini, indomie betul-betul bisa diandalkan ketika bahan makanan utama sulit ditemukan. Jadi, sah-sah aja dong berbagi resep masakan sederhana dan yang mudah diolah ketika swakarantina di rumah.

BACA JUGA Iklan Mie Sedaap dan Kegalauan Para Kpopers Penikmat Indomie dan tulisan Seto Wicaksono lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pengin gabung grup WhatsApp Terminal Mojok? Kamu bisa klik link-nya di sini.

---
8


Komentar

Comments are closed.