Saya lahir dan besar di Jogja. Namun, 8 tahun belakang, saya merantau ke Tegal. Bertahun-tahun merantau ke Kota Bahari menyadarkan saya, hal-hal di Jogja yang dahulu saya anggap biasa saja kini malah jadi hal yang paling dirindukan. Salah satunya, kuliner Jogja.
Selama tinggal di Tegal, saya juga menyadari, ternyata makanan jadi terasa semakin enak dan nikmat ketika semakin sulit mengaksesnya. Dahulu saya merasa makanan Jogja ya gitu-gitu saja. Rasanya enak, tapi ya sudah.
Eh, begitu merantau ke Tegal, saya jadi sangat rindu kuliner Jogja. Akses yang sulit ke rasa yang otentik mungkin jadi salah satu alasannya. Itu mengapa, setiap pulang kampung (pulkam) ke Jogja, saya selalu mencari makanan-makanan Jogja ini.
#1 Kangen gudeg dengan rasa otentik
Saat masih kecil saya sering sarapan gudeg. Entah gudeg basah dagangan simbok dekat rumah atau deretan gudeg di Jalan Wijilan. Itu mengapa, saya dulu bosan banget dengan kuliner Jogja satu ini.
Sekarang beda cerita. Di Tegal saya benar-benar kangen dengan gudeg Jogja. Padahal, di tanah rantau ini banyak banget yang jual gudeg. Namun, “sekte” gudeg di Tegal ada macam-macam. Ada yang jual gudeg pakai sambal, gudeg koyor, gudeg presto, gudeg pakai gorengan tepung, hingga gudeg dengan telur yang tidak cokelat.
Di lidah saya, semua “sekte” gudeg di Tegal jadi terasa kurang otentik. Kini sesampainya di Jogja, pasti saya langsung mencari gudeg. Hal ini membuktikan bahwa makanan yang saya anggap biasa saja sekarang malah terasa istimewanya.
#2 Bakmi Jawa, kuliner Jogja yang kini saya rindukan
Bakmi Jawa juga mengalami nasib yang serupa. Dulu saya dapat menemukan dengan mudah penjual bakmi Jawa di Jogja. Saking mudahnya ditemukan, tidak pernah terbesit di pikiran bahwa bakmi Jawa suatu saat jadi kuliner Jogja yang bakal saya rindukan.
Saya salah. Ternyata saya bisa kangen bakmi Jawa juga. Salah satu yang bikin makanan satu ini berkesan karena dimasak menggunakan arang dan dimasak satu per satu. Jadi, setiap porsi makanan terasa pas dan punya karakter tersendiri.
Alhasil, menyantap kuliner Jogja satu ini jadi agenda wajib saat pulang ke Jogja. Rasanya belum pulang ke Jogja kalau belum makan bakmi Jawa.
#3 Sate Klathak ternyata tidak overrated
Dulu saya menganggap sate klathak merupakan makanan yang overrated. Ternyata setelah pergi merantau, anggapan saya berubah total. Kuliner Jogja dari potongan daging kambing yang ditusuk jeruji besi dan kuah gulai ini punya kelezatan hakiki.
Mendengar ada yang buka sate klathak di Tegal membuat saya langsung meluncur ke sana, betapa kecewanya saya ketika mendapati sate menggukan tusuk lidi biasa dan daging kambingnya alot. Dulu mungkin saya biasa saja dengan sate klathak, kini sate klathak masuk daftar yang saya pertimbangkan untuk dikunjungi kalau sedang pulang ke Jogja.
#4 Olive Chicken yang kini jadi kuliner Jogja
Kuliner Jogja satu ini tidak pernah saya sangka bakal bikin kangen, Olive Chicken. Dulu saya menggap Olive Chicken merupakan makanan cepat saji yang murah dan gampang ditemukan. Kini saya kangen oleh kepraktisan tersebut.
Saat saya mengajak istri ke salah satu gerai Olive Chicken, dia kaget bukan kepalang masih ada ayam goreng yang semurah dan seenak itu. Benar adanya kalau ada alumni Jogja yang melabeli Olive Chiken adalah oleh-oleh terbaik dari Jogja.
Delapan tahun menetap di Tegal membuat saya sadar bahwa sesuatu yang terlampau dekat acap kali justru menjadi hal yang sulit kita hargai. Dulu saya menganggap makanan-makanan di atas biasa saja malah sekarang menjadi daftar yang wajib dikunjungi ketika ada agenda pulang ke Jogja. Jarak ternyata bisa membuat rindu makanan yang sering kita anggap biasa saja. Rasanya pingin cepat-cepat pulang ke Jogja secepat mungkin menyantap makanan tersebut.
BACA JUGA 4 hal yang bikin saya bersyukur telah meninggalkan Jogja dan memilih menetap di Tegal.
Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
