Malioboro Jogja ibarat jadi miniatur Indonesia. Pasalnya, pedagang di sana cikal bakalnya berasal dari berbagai daerah. Pedagang Minang dari Sumatera Barat jadi salah satu yang banyak mengisi sejak setengah abad silam.
Jika berkunjung ke Malioboro dan berinteraksi dengan banyak pedagang, wisatawan pasti bisa menjumpai sosok yang berasal dari Sumatera Barat. Atau setidaknya keturunan perantau dari Tanah Minang yang pendahulunya mencari nafkah di Jogja sejak beberapa dekade silam.
Pada era 70-an, Malioboro yang masih lengang menjadi tempat banyak orang mencoba peruntungan berjualan. Mereka menggelar dagangan di emperan. Budayawan Jogja, Charis Zubair menyebut pada era 70-an, sudah ada sejumlah PKL di Malioboro.
“Saya kira ini sudah ada sejak 1970-an, dari dulu bukan hanya penduduk Jogja yang jadi PKL,” ujar Charis Zubair melansir Harian Jogja.
Mojok pernah menemui Bakrim Maasi (71), perantau dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang sudah berdagang di Malioboro pada 1970. Bakrim awalnya datang ke Jogja untuk berkuliah di IAIN Sunan Kalijaga.
Namun, keterbatasan ekonomi mendorongnya untuk mencari nafkah sendiri. Bakrim bercerita bahwa Malioboro saat itu sudah ada beberapa pedagang di emperan. Mereka kebanyakan berjualan perkakas dapur.
Ia kemudian mulai berjualan sandal dengan menggelar tikar di dekat trotoar. Selain mengetahui potensi yang bisa dikembangkan, menurut Bakrim, pedagang mulai berdatangan lantaran baru mengetahui kalau di kawasan itu bisa untuk jualan meski tidak resmi. Selain itu, areanya masih sangat lapang untuk ditempati.
“Saya ingat dulu ada namanya Masri, jualan sepatu. Selain itu ada Jaya, Soni, Azmi yang jualan baju. Mereka semua orang Minang,” tutur Bakrim.
Baca halaman selanjutnya…
Diperkirakan, jumlah pedagang Minang 50 persen dari keseluruhan PKL?
Penataan PKL di Malioboro Jogja hingga perkembangannya
Seiring berjalannya waktu, orang yang datang untuk berjualan semakin banyak. Seingat Bakrim, pada era 90-an mulai ada penataan PKL di Malioboro oleh beberapa paguyuban pedagang. Menurutnya, kendati kaki lima, Malioboro bisa menghasilkan pendapatan bintang lima. Satu orang bisa punya beberapa lapak saat itu.
“Malioboro itu walaupun tempatnya di kaki lima penghasilannya itu bintang lima. Jadi kalau kamu cek itu, umpamanya dagang di malioboro buka tiga lapak, dia sampai punya rumah dan mobil. Banyak cerita sukses dari Malioboro,” papar lelaki yang rambutnya sudah putih ini.
Tak heran jika PKL begitu memadati area tersebut. Sampai nyaris tidak ada ruang tersisa hingga akhirnya pada 2022 lalu para PKL mengalami rekolasi dari selasar menuju Teras Malioboro 1 dan 2.
Para pedagang Minang, jadi salah satu kalangan yang banyak mewarnai Malioboro. Bahkan, kebanyakan di antara mereka sudah ber-KTP DIY hingga keturunannya.
Sejalan, Irsyadunnas, salah seorang pengurus Keluarga Agam Bukittinggi Yogyakarta (Kabeye), pernah memperkirakan bahwa sekitar 50 persen pedagang di Malioboro dulu adalah orang Minang.
“Ini memang orang-orang minang yang sedang merantau di Yogyakarta mulai dari para pedagang di Malioboro itu 50 persen orang minang,” katanya melansir KRJogja.com. Meski begitu, memang tidak ada pendataan resmi yang menghitung jumlah pastinya.
Sementara itu, tokoh masyarakat Minang di Jogja, Gusremon menyebut bahwa orang Minang selalu menerapkan prinsip “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”. Mereka selalu berusaha menyesuaikan diri dan menyatu dengan budaya setempat sehingga mudah diterima dan menjalankan usaha.
“Jadi para pedagang Minang di Jogja ini ya masyarakat Jogja. Tapi berasal dari Minangkabau. KTP mereka sudah Jogja,” ujarnya kepada Mojok.
Malioboro yang menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja ternyata juga menyimpan cerita panjang. Tempat banyak orang dari berbagai daerah dan latarbelakang mencari sumber penghidupan.
Penulis: Hammam Izzuddin
Editor: Agung Purwandono
BACA JUGA Tangis dan Kematian di Malioboro Jogja yang Tak Banyak Diketahui Wisatawan
Cek berita dan artikel Mojok lainnya di Google News