Kalau di desa lain biasanya bagi-bagi sembako setelah acara kenduri selesai, eh, di Desa Bumiayu Magelang malah dibagikan sebagai undangan.
Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita akrab dengan tradisi kenduri. Jika ditilik lewat KBBI, kenduri adalah perjamuan makan untuk memperingati peristiwa, minta berkat, dan sebagainya. Tradisi satu ini, biasanya untuk “selamatan” memperingati kelahiran, doa untuk orang yang sudah meninggal, atau wujud syukur. Salah satu kenduri yang masih begitu lestari dilakukan masyarakat desa ialah kenduri mendoakan orang yang sudah meninggal dunia.
Hal tersebut saya jumpai ketika KKN di salah satu desa di Kabupaten Magelang. Suatu desa yang dapat dikatakan punya nilai religi cukup kental, yakni Desa Bumiayu, Kecamatan Kajoran, Magelang. Istilah kendurinya, biasa disebut oleh masyarakat desa dengan “tahlilan”.
Tradisi ini biasa digelar ketika 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari, atau setiap tahun sekali. Masyarakat desa menyebut peringatan kematian 7 hari dengan sebutan mitung dino, 40 hari disebut matang puluh, 100 hari disebut nyatus, 1000 hari sebutannya nyewu, dan peringatan tiap tahun kematian disebut haul atau ngekol, penyebutan bagi lidah masyarakat Jawa Tengah.
Bingkisan kenduri berupa sembako diberikan sebelum acara dimulai
Pada umumnya, orang yang mengundang kenduri pada acara tersebut akan menyediakan bingkisan yang disebut sebagai “berkat” oleh masyarakat desa kebanyakan dengan niat sedekah. Bingkisan ini bisa berupa makanan matang seperti nasi kotak atau makanan mentah berupa sembako yang dibagikan seusai acara selesai.
Namun, saya menemukan pengalaman unik ketika KKN di daerah Magelang tepatnya di Desa Bumiayu, Kecamatan Kajoran. Bingkisan dari shohibul hajat tidak diserahkan di akhir acara tetapi di awal atau sebelum acara dimulai. Bingkisan kenduri di desa tersebut biasanya berupa sembako yang sekaligus dijadikan sebagai undangan, lho.
Jadi, bungkusan sembako yang berisi bermacam-macam kebutuhan rumah tangga seperti beras, gula, teh, minyak, dan mie instan digunakan sebagai undangannya. Tradisi membagikan “berkat” berupa sembako sebagai undangan di Desa Bumiayu ini tentu menarik dibahas karena di mana-mana bingkisan semacam itu diberikan setelah acara selesai.
Oh iya, bingkisan atau berkat macam ini biasa disebut “kasil” oleh masyarakat Desa Bumiayu. Apabila diterjemahkan kosakata Bahasa Jawa tersebut artinya hasil. Maksudnya bingkisan sembako dari kenduri adalah sesuatu yang menyenangkan karena berhasil mendapatkan sesuatu yang punya nilai guna, terutama bagi ibu-ibu di rumah.
Kata “kasil” ini sebenarnya semata-mata guyonan saja bagi mereka. Sebab, belum apa-apa sudah berhasil mendapat sesuatu yang berguna di rumah tanpa perlu mengeluarkan tenaga dan uang.
Ada maksud tertentu di balik tradisi tersebut
Nah, saya pribadi cukup penasaran dengan tradisi tersebut karena beberapa kali “kasil” ketika KKN di Desa Bumiayu Kecamatan Kajoran Magelang tersebut. Maka saya iseng bertanya beberapa warga sekitar. Dan ternyata ada maksud tertentu di balik tradisi undangan kenduri berupa sembako ini.
Katanya, cara ini dianggap tidak bikin ribet tamu undangannya. Apalagi kalau tamunya sudah tua alias sepuh, cara ini dianggap simpel agar ketika pulang tidak sibuk menenteng barang. Dengan cara tersebut, tamu undangan yang berhalangan hadir juga tetap mendapat jatah bingkisan ini. Tidak ada pilah-pilih mana yang berangkat dan yang tidak berangkat. Demikian, semua tamu undangan terutama tetangga kebagian rezeki dari shohibul hajat.
Setelah dipikir-pikir, cara tersebut tidak hanya menunjukkan bagaimana warga desa memuliakan tamu. Tradisi warga Bumiayu Magelang juga membuktikan betapa solidnya kehidupan bermasyarakat di desa. Kalau bukan karena kokohnya persaudaraan atau “seduluran” tentu hal ini tidak akan ada.
Masyarakat lain tentu lebih senang memberikan bingkisan setelah acara kenduri dibantu. Namun, karena kemurahan hati warga desa tradisi ini masih berjalan bahkan sampai sekarang dan tidak menjadi beban bagi warganya.
Begitulah salah satu tradisi masyarakat desa yang masih berjalan hingga sekarang. Hidup di desa memang begitu indah cara persaudaraannya. Bikin betah dan kangen.
Penulis: Anita Sari
Editor: Intan Ekapratiwi
BACA JUGA Tukang Kajat, Kunci Utama Kenduri yang Tergerus Zaman.
Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.