Pertama Kali Trip Ke Jepang Cuma Bawa Cash 5,3 Juta Buat 8 hari dan Masih Sisa! Part 2

Baca pengalaman trip ke jepang part 1nya di sini.

Day 4

Itinerary hari keempat realnya jadi gini: Check Out – titip koper di locker room stasiun Asakusa – Sensoji Temple – Umeda – Tokyo Skytree – Shinjuku Station – otw Osaka by bus. Dari Hotel sampe Tokyo Skytree jalan kaki yah karena deket-deket lokasinya.

SENSOJI TEMPLE

Salah satu kuil tertua di Jepang yang didirikan tahun 1649. Lokasi di Asakusa, bangunan kuil ini eye catching banget, keluar dari statiun Asakusa tinggal jalan kaki. Ada beberapa bangunan kuil, gate masuk ke kuil Utama ciri khasnya lampion raksasa yang jadi rebutan spot foto.

Cobain OMIKUJI ya kalo ke sini. Masukin coin 100Yen ke box, kocok-kocok, terus ambil kertas OMIKUJI dari laci sesuai nomor yang keluar. Kalo kita dapat keberuntungan bisa dibawa balik, tapi kalo dapet yang gak baik bisa dilipet trus digantung. Fotonya cuma ini kerena rame banget dan antri yang nyoba.

NAKAMISE SHOPPING STREET

Nah kalo mau ke Kuil Sensoji kita pasti lewatin Nakamise Shopping Street, sepanjang jalan masuk ke Kuil Sensoji kiri kanannya jualan semua. Gue gak nyaman sih belanja di sini, karena cuaca lagi panas dan rame banget.

DENBOUIN STREET

Kalo ini pusat belanja kerajinan tradisional Jepang dari Zaman Edo Jepang sampe sekarang. Lokasinya di salah satu pintu masuk ke Kuil Sensoji tapi gak serame Nakamise Street. Buat yang cari barang unik di sini ada, kek Zori (sendal) atau Geta (sendal bakiak jepang).

AZUMA BRIDGE, SUMIDAGAWA RIVER, ASAHI BEER TOWER

Karena gue jalan kaki dari Kuil Sensoji ke Tokyo Skytree jadi lewatin ini semua. Asahi Beer Tower ini mencolok karena warnanya gold. Gue baca bentuk gedungnya menyerupai gelas beer, tapi kok pas dideketin gak kaya gelas beer haha.

Ada yang tau ini tuh patung apaan? Wkwkw. Sering liat sih di socmed, ini gak sengaja nemuin patungnya pas jalan menuju Tokyo Skytree Tower setelah melewati Asahi Beer Tower. Gue rasa ini cuma patung buat tempat duduk doang sih wkwk.

TOKYO SKYTREE TOWER

Wajib dikunjungi kalo trip ke jepang dan ke Asakusa. Salah satu Menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 634 meter. View dari atas takjub banget. Gue abisin waktu cukup lama di sini sampe 3 jam buat ngelamun sambal liatin Tokyo dari atas wkwk. Best viewnya sore sampe ketemu malem. Kita bisa liat view Tokyo 360′ dari sini, semua viewnya keren banget sih, kalo pas cerah bisa liat Mt. Fuji dan beberapa Gunung lain.

TIPS: Gue saranin beli Tiketnya dari Klook, harganya murah dan ada promo pake cc juga. Yang paling penting kita gak usah antri beli tiket kalo udah beli dari Klook, tinggal cetak tiket dari vending machine dengan scan barcodenya. Kalo beli langsung antrian tiketnya Panjang banget.

Tokyo Skytree nyambung sama Solamachi Mall, Station, dan Tempat makan. Kalo mau makan murah ada foodcourt disini, udon cuma 300Yen. Nah di sini gue ketemu sama orang Indonesia, suami-istri keknya, mereka nyapa terus kenalan dan gue lupa namanya, siapa tau mereka baca ini yah haha.

Dari Tokyo Skytree Tower langsung ke Shinjuku Bus Station. Ke Osaka gue milih naik bus malam, nyampe Osaka Namba pagi. Lebih murah dan hemat penginapan karena tidur di Bus. Busnya nyaman banget ada toiletnya juga. Info busnya mungkin nanti bisa dibahas di tulisan terpisah yah.

Day 5 OSAKA.

Sampe di Osaka jam 6 pagi. Langsung ke Hotel MyStays Otemae. Niatnya mau titip koper di Hotel terus langsung explore, tapi ternyata receptionist bilang gue dapet special treatment bisa langsung check-in jam 8 pagi. Gara-gara check in, gue ketiduran sampe jam 12 siang. KZL

TSUTENKAKU TOWER (OSAKA TOWER)

Dari Hotel gue naik Metro Subway 5 menit ke Ebisucho Station terus jalan kaki 5 menit ke Osaka Tower. Jujur agak kecewa sih, ngorbanin itinerary ke Osaka Castle buat ke Osaka Tower tapi gak ada apa-apa…

SHINSAIBASHI SUJI

Salah satu shopping street terbesar di Osaka yang nyambung sama Dotonburi. Belanja di sini murah-murah banget dan lebih murah daripada di Tokyo. Hampir semua toko disini ada: Atmos, Daiso, Onitsuka, dll lengkap banget. Ke sini bisa pake subway turun di stasiun Shinsaibashi.

DOTONBORI

Di sini tuh isinya orang semua. Emang paling tepat kesini pas malam hari. Dari Shinsaibashi suji sampe ke Dotonbori semuanya tempat belanja. Katanya gak lengkap kalo trip ke jepang dan mampir ke sini gak foto dengan background kepiting raksasa dan billboard Glico Man wkwkw.

Center point untuk ambil foto ada di sini, Dotonbori bridge, view sore menjelang petangnya bagus banget sih langit sunsetnya. Kalo ke Osaka wajib cobain Takoyaki dan Okonomiyaki, katanya 2 makanan ini dicipatakan di sini. Gue cobain Tokoyaki di Namba, perempatan depan Takashimaya ada Edion sebelahnya ada shopping street masuk sini gak jauh sebelah kanan warungnya.

Harga 500Yen 8pcs. Enak? Ga usah ditanya!

Day 6 KYOTO

Mayoritas orang-orang yang pernah ke Jepang pasti suka dengan Kyoto. Tradisi Jepangnya masih kental banget. Banyak kuil-kuil tua dan cantik yang masih terawat sampe sekarang. Karena cuma 2D1N di Kyoto jadi cuma bisa ke Arashiyama – Kyomizudera – Higashiyama – Gion – Fushimi Inari.

ARASHIYAMA BAMBOO FOREST

Salah satu destinasi Utama di Kyoto. Lokasinya bisa dijangkau dengan kereta JR turun di stasiun JR Arashiyama. Kalo gue lebih milih naik Bus karena udah beli One Day Pass Bus Kyoto.

Di hari ini Kyoto lagi Hujan terus, termasuk pas di Arashiyama juga sempet hujan gede. Gue ngabisin waktu 3 jam di sini gara-gara susah nyari toilet, pengen foto di tengah-tengah bamboo forest tapi rame banget, nunggu sepi dan ada yang mau motoin. Satu-satunya foto tapi hasilnya blur, mayan lah wkwkwk

Di Arashiyama ini banyak banget kuil-kuil. Termasuk kuil Tenryuji yang masuk ke list UNESCO World Heritage Site. Di kuil ini gue cuma bisa liat-liat di bagian luarnya aja, karena kalo masuk harus bayar tiket 500-800 Yen. Karena udah sore juga jadi yaudahlah ya gak masuk kedalam.

Saran gue ya kalo kesini emang musti seharian sih biar semua spot bisa dikunjungi, view alamnya bagus banget. Musti cobain juga Ice cream soft bamboo seharga 300Yen. Rasanya ya kaya bau-bau daun bamboo.

KIYOMIZUDERA

Kuil Budha kuno yang dibangun tahun 978. Cuma 30 menit naik bus dari Arashiyama. Akses ke sini dari jalan besar harus jalan kaki di jalan yang nanjak.

Lokasi kuil ini ada di atas, jadi dari atas kuil ini kita bisa liat juga view kota Kyoto. Kita juga bisa liat Kyoto Tower dari kejauhan.

YASAKA SHRINE – MARUYAMA PARK

Lokasinya di ujung Jalan Gion. Kalo dari Kiyomizudera naik bus 5 menit. Gate kuil ini mencolok banget karera posisinya ada di pertigaan jalan di ujung Gion. Di belakang kuil ini ada taman Maruyama Park, karena hujan jadi kurang bisa explore.

GION

Dari Yasaka Shrine kita bisa explore Gion untuk liat langsung Geiko, tapi karena masih hujan rintik-rintik jadi gue gak liat Geiko beneran. Kalo mau liat rumah-rumah tradisional Jepang bisa jalan ke Distrik Higashiyama, termasuk cari souvenirs dan nyobain ngeteh ala tradisional Jepang.

四条西洞院食堂 NISHINOTOIN

Ga tau nama restonya apa, Lokasi di Shijo sejejeran sama Mystays Hotel. LO WAJIB MAKAN DISINI KALO DI KYOTO. Ini tuh enak dan murah banget. Harganya dari 100Yen. Pilih sendiri lauknya. Saking enaknya tiap makan gue ke sini. Ikan panggang salt nya enak gila.

DAY 7

Masih di Kyoto. Seharusnya hari ini setelah ke Fushimi Inari langsung ke Nara karena satu arah naik Jr, tp karena insiden bawa-bawa koper gede dan pas sampe stasiun Inari locker roomnya penuh, jadi balik lagi ke stasiun Kyoto cuma buat titip Koper.

FUSHIMI INARI TAISHA

Salah satu destinasi di Kyoto yang udah ditunggutunggu. Ada alasan kenapa udah disetting ke sini tanggal 12 September, karena gue pengen lewatin lucky fortune gate pas di hari ulang tahun gue hahaha.

Tips kalo mau ke Fushimi Inari Taisha harus datang pagi, biar gak terlalu rame pengunjung jadi bisa dapet foto-foto bagus gak keganggu orang lain. Ada ribuan torii gate menyusuri puncak, ini tuh satu arah ya, aturannya kalo udah masuk jangan balik lagi musti jalan lurus sampe keluar

Ini view kalo kita naik ke atas bukitnya, banyak kuil-kuil kecil dan ada danau kecil juga. Jadi tulisan di torii yg warna oren ini adalah doa-doa, keinginan, atau harapan.

Di atas ini paling pas kalo pengen dapet foto-foto bagus di torii gate yang sepi dan gak keganggu sama pengunjung. Tips buat yang traveling sendiri: kalo minta difotoin sama orang, minta tolong sama yang bawa kamera, hasilnya pasti bagus kayak gini ?

Eh ini gak sampe puncaknya banget sih, kayaknya masih ada ujungnya. Cuma makin ke atas makin sepi jadi agak serem wkwkw. Suasananya kek gini, dari bawah sampe atas kita lewatin torii-torii oren.

Day 8

Dari Kyoto di hari ke 7 gue langsung ke Osaka untuk naik bus malam buat balik ke Tokyo. Sampe Tokyo pagi jam 6, langsung ke Hotel, titip koper dan jalan. Yang ada di itinerary ini berubah total. Hotel – Odaiba – Shibuya – Hotel

ODAIBA

Harbour city di Teluk Tokyo. Bisa diakses dengan kereta Yurikamome dari Shimbashi Station (stasiun JR di Tokyo). Tarif kereta Yurikamome ini lumayan mahal 400Yen. Tips kalo ke Odaiba: naik kereta yang paling ujung (kepala kereta) supaya bisa liat view Odaiba yang keren. Di Odaiba bayak spot yang bisa dikunjungi: Patung Liberty, patung gundam, gedung Fuji TV, pallete town, venus fort, dll.

Karena gue sampe sini kepagian jam 8 jadi masih banyak yang tutup. Cuma jalan-jalan santai di tamannya, pas kebetulan cuaca lagi adem sekitar 21’C

Unicorn Gundam Statue

Jepang kalo buat apapun pasti detail, termasuk patung Gundam setinggi 18 meter ini. Kaya robot beneran. Ini adanya di Diver City Tokyo Plaza. Buat penggemar Gundam koleksi mainannya lengkap banget di sini.

Day 9 Bye Japan.

Buat yang staynya di Asakusa, akses ke Narita Airport gampang banget. Naik Tokyo Metro Asakusa Line ke Oshiage Station (Skytree), turun di sini gak usah kemana-mana, nunggu kereta Keisei Narita Skyaccess di jalur yang sama. Biaya 1.310 Yen lebih murah daripada naik Skyliner

Dan itulah cerita pengalaman trip ke jepang gue, kalau misal kalian tertarik untuk tanya-tanya atau mau minta itinerary gue, boleh banget DM twitter gue 🙂 semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membangkitkan (((gairah-gairah))) untuk menjalani liburan murah yang berkualitas lainnya. Have a nice day 🙂

BACA JUGA Pertama Kali Trip Ke Jepang Cuma Bawa Cash 5,3 Juta Buat 8 hari dan Masih Sisa! Part 1 atau tulisan Widino lainnya. Follow twitter Widino.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.