Penyakit Time Jump di Drama Korea yang Sebetulnya Nggak Perlu-perlu Amat

Penyakit Time Jump di Drama Korea yang Sebetulnya Nggak Perlu-perlu Amat terminal mojok.co

Penyakit Time Jump di Drama Korea yang Sebetulnya Nggak Perlu-perlu Amat terminal mojok.co

Usai sudah perjalanan saya menonton drama korea milik tvN yang berjudul Mine. Akhir Juni kemarin, mereka baru saja menayangkan episode 16-nya, alias episode terakhir. Seperti drakor pada umumnya, semua diselesaikan dengan senyum menghiasi raut wajah para pemeran utama. Pemeran pendukung juga mendapat ending story yang serupa. Semuanya senang dan riang. Sayangnya, kesenangan itu tidak tampak di dalam diri saya.

Ada satu alasan yang membuat saya selalu mengutuk drakor setiap episode terakhir. Namun, sebelum itu, saya harus beritahukan ke kalian kalau ini mungkin akan sedikit menyinggung konflik utama dari film tersebut. Saya harus memberi spoiler alert. Jangan lanjutkan baca jika kamu ke depannya berencana menonton drama ini.

Sebelum saya sampai ke alasan tersebut, ada baiknya saya ceritakan sedikit sinopsis dari drama ini. Mine menceritakan kehidupan sebuah keluarga chaebol (sebutan untuk keluarga konglomerat yang tajir melintir) yang sedang dilanda kasus pembunuhan di rumahnya. Pembunuhan yang terjadi di rumahnya tentu saja tidak langsung diceritakan di awal drama.

Drakor ini memulai ceritanya dengan memberitahu karakter-karakter yang ada di dalam drama Mine ini. Ada sang ayah yang jadi pemimpin rumah itu dan istrinya. Mereka memiliki dua anak laki-laki dan satu anak perempuan yang masing-masing sudah memiliki pasangan hidupnya. Ketidakhadiran sang ayah karena jatuh sakit memunculkan banyak polemik di rumah itu.

Karakter utama di drama ini adalah istri dari kedua anak laki-lakinya. Banyak sekali backstory yang diceritakan dari masing-masing karakter. Namun pada intinya, kasus pembunuhan di awal akan berkutat di sekitar istri dari kedua anak laki-lakinya.

Kembali pada alasan saya yang di awal. Saya (mungkin) adalah salah satu orang yang lagi-lagi dibuat tidak terkesan dengan ending drama Korea Mine ini. Semua itu karena time jump. Lompatan waktu. Saat di episode terakhir, pembunuh di awal episode sudah ketauhan, dan cerita pun dibuat loncat waktunya ke 6 bulan kemudian. Sungguh, itu sangat mengganggu!

Sebenarnya time jump bukanlah sesuatu yang baru di dunia drama korea. Sebut saja drakor yang kemarin ramai dibincangkan karena ada permen asal Indonesia yang menjadi sponsor di situ, Vincenzo. Drama yang menceritakan tentang mafia Korea Selatan pulang kampung dari Italia itu juga memiliki akhir drama yang menggunakan time jump. Namun, jujurly, time jump yang dibuat Mine lebih mendingan dibanding Vincenzo.

Di Vincenzo, penulis dan produser seakan ingin menunjukkan kalau darah mafia Vincenzo belum luntur karena telah menghabiskan waktu dengan warga Geumga Plaza. Mereka memaksa memperlihatkan Vincenzo yang masih berlaga layaknya mafia ulung, pulang lagi ke Korea setelah beberapa lama kembali menetap di Italia. Di Korea pun tujuannya juga tidak jelas! Ia hanya pulang untuk…. berciuman dengan Hong Cha-young. Wanita yang dari pertengahan drama memang diindikasikan akan menjadi kekasih Vincenzo.

Mau yang lebih populer lagi? Ada! Siapa masih ingat dengan Tim Ji-pyeong dan Tim Do-san? Ya, betul, Start-up. Drama yang sering di-endorse oleh Arief Muhammad di Instagram story-nya. Drama yang membuat banyak orang bertengkar satu sama lain itu juga menutup perjalanan 16 episodenya dengan time jump.

Malah kalau saya tidak salah ingat, Start-up itu memiliki dua time jump di dramanya. Pertama, saat kawanan Samsan Tech kembali dari Sillicon Valley ke Korea untuk menyelesaikan urusannya. Kedua, saat mereka sudah sukses. Sebetulnya, cerita ini cukup berhenti saat Do-san dan Dal-mi hidup bahagia. Tidak perlulah ditunjukkan saat mereka telah sukses.

Tidak selamanya drakor itu harus berakhir dengan bahagia. Tidak harus juga semuanya terjelaskan secara tuntas. Ada kalanya membuat penonton berandai-andai dengan ending seadanya (tanpa time jump), bisa jadi lebih menarik. Pasalnya, sejauh ini, sesuai pengelihatan saya, ending time jump itu dibuat hanya untuk menjelaskan setiap detail di drama itu, serta membuat penonton senang dengan happy ending.

Memang tidak ada yang salah dengan ending seperti itu. Akan tetapi, semuanya akan terasa seperti dipaksakan. Di drama Start-up­, time jump-nya diselipkan menjadi semacam epilogue yang berbentuk post credit scene. Rasanya seperti dosa besar jika tidak menampilkan Soe Dal-mi dan kumpulan kawannya tersenyum senang karena sudah berhasil melewati rintangan yang mereka hadapi.

Lagipula, dengan menghadirkan ending yang tidak ada lompatan waktunya, penonton bisa diajak lebih kreatif dengan mengeksplorasi berbagai kejadian yang bisa terjadi. Dengan begitu, banyak sekali orang yang akan membicarakan itu di internet dan drama itu akan bertahan lama di kepala para penontonnya. Tidak hanyut begitu saja.

Sebenarnya, ada juga drama dengan akhiran cerita time jump yang tidak buruk. Hanya saja, hampir 90% drakor yang saya saksikan itu berakhir dengan time jump yang membuat ilfeel. Kesannya, orang-orang di balik layar ini “takut dihujat” kalau menyelesaikan cerita menggunakan formula yang berbeda.

Sumber Gambar: YouTube KDNetwork

BACA JUGA 5 Adegan Pemanis di Drama Korea yang Overrated dan tulisan Endrapta Ibrahim Pramudhiaz lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.
Exit mobile version