20 Istilah Jurusan Informatika yang Perlu Diketahui agar Bertahan di Jurusan Ini

20 Istilah Jurusan Informatika yang Perlu Diketahui agar Bertahan di Jurusan Ini Mojok.co

20 Istilah Jurusan Informatika yang Perlu Diketahui agar Bertahan di Jurusan Ini (unsplash.com)

Saya mahasiswa baru atau maba Jurusan Informatika. Selama hampir satu tahun kuliah, saya menemukan beberapa istilah yang baru pertama kali saya dengar sepanjang hidup saya. Istilah-istilah itu kebanyakan dalam bahasa asing. 

Untung saja, di media sosial Instagram terdapat konten yang membahas seputar istilah-istilah itu. Ketidaktahuan ini lenyap. Saya pun bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

Nah, kalian yang ingin masuk Jurusan Informatika, sebaiknya mempelajari beberapa istilah yang setidaknya digunakan di semester dasar. Pengetahuan itu akan membantu kalian mengikuti perkuliahan. Di bawah ini saya tuliskan beberapa istilah yang banyak digunakan di semester satu ya, semoga daftar ini membantu kalian belajar.

#1 Algoritma

Satu masalah, bisa saja memiliki beberapa penyelesaian. Berbagai langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah disebut dengan algoritma. Penyelesaian dengan langkah yang lebih sedikit adalah algoritma yang lebih efisien.

#2 Pseudocode

Istilah ini digunakan untuk ,menjelaskan algoritma penyelesaian menggunakan urutan kalimat.

#3 Flowchart

Mirip dengan Pseudocode, tapi flowchart menggunakan diagram alir untuk menjelaskan suatu proses dengan gambar visual. Menggunakan berbagai bentuk benda 2 dimensi seperti persegi panjang, oval, jajar genjang, dan lain-lain. 

#4 Syntax

Aturan penulisan dalam bahasa pemrograman. Setiap bahasa memiliki aturan penulisan yang berbeda-beda. Ada bahasa yang case sensitive, yang berarti huruf kapital sangat mempengaruhi penulisan kode.

#5 Database

Kumpulan data yang dikelola dari suatu program. Bahasa yang digunakan umumnya SQL.

#6 Text Editor

Software untuk menuliskan script code program. Contohnya Notepad, Sublime Text, dll.

#7 IDE

Integrated Development Environment (IDE) merupakan sebuah software yang digunakan dalam pembuatan program. Memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Text Editor. Contohnya, Apache Netbeans, Intellij IDEA, Android Studio, dan sebagainya.

#8 CLI

Command Line Interface adalah tampilan aplikasi yang berguna untuk kita dapat berinteraksi dengan sistem komputer. Contoh CLI yaitu Command Prompt.

#9 Debugging

Proses mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan atau bug dalam sebuah program.

#10 Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dapat melakukan sesuatu sesuai yang diprogramkan. 

#11 User Interface (UI)

User Interface adalah tampilan perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan pengguna. 

#12 User Experience (UX)

User Experience merupakan pengalaman yang dirasakan pengguna perangkat lunak. Fokus dari UX untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan mudah dalam menggunakan perangkat lunak.

#13 API

Application Programming Interface adalah kumpulan aturan dan protokol yang digunakan oleh program untuk berinteraksi dengan sistem operasi, perangkat lunak, atau layanan lainnya.

#14 IoT

Internet of Things berkaitan dengan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan internet. Contohnya mematikan lampu ruangan melalui handphone.

#15 Framework

Kerangka kerja atau struktur yang digunakan untuk membangun aplikasi dengan menyediakan komponen dan fungsi yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi framework mempermudah programmer dalam membuat program. Contoh Framework antara lain BootStrap, Laravel, Flask, dan masih banyak lagi.

#16 Cloud Computing

Memberikan akses sumber daya melalui internet tanpa harus memiliki perangkat fisik. Contoh sumber dayanya bisa berupa penyimpanan, server, ataupun RAM.

#17 Komunikasi Data

Proses pengiriman informasi dari satu titik ke titik lainnya melalui teknologi transmisi. Ada 3 istilah penting yaitu source (sumber), transmission (transmisi), dan destination (tujuan).

#18 Front-End

Orang yang berurusan dengan tampilan depan suatu perangkat lunak. Umumnya menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan Javascript.

#19 Back-End

Orang yang bekerja di belakang layar, bertanggung jawab sistem dan database. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, antara lain Python, Javascript, PHP, dll.

#20 Full Stack

Orang yang bertanggung jawab bagian depan (Front-End) dan juga bagian belakang (Back-End).

Di atas adalah beberapa istilah yang banyak saya temui selama satu tahun belajar di Jurusan Informatika. Dari istilah di atas, berapa banyak istilah yang sudah kalian ketahui?

Penulis: Kevin Winardi
Editor: Kenia Intan 

BACA JUGA Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Jadi Mahasiswa Jurusan Informatika, Jangan Sampai Nyesel

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Exit mobile version