Harvest Moon Mengajarkan bahwa Kesuksesan Berawal dari Warisan

Harvest Moon Mengajarkan bahwa Kesuksesan Berawal dari Warisan

Harvest Moon Mengajarkan bahwa Kesuksesan Berawal dari Warisan (Pixabay.com)

Salah satu video game yang banyak dimainkan di Indonesia adalah Harvest Moon atau namanya sekarang menjadi Story of Seasons sejak 2014. Game ini adalah game simulasi pertanian dan kehidupan yang digandrungi bahkan oleh orang tua yang lahirnya di era 90an. 

Dari semua keseruannya, banyak yang menganggap kalau game Harvest Moon mengandung pelajaran hidup yang harus didalami oleh para pemainnya. Kebanyakan akan menyebut kalau pelajaran yang bisa diambil dari game ini adalah hidup itu harus kerja keras kalau ingin sukses. 

Ya, memang benar. Kalau kerja keras itu harus walaupun itu bukanlah jaminan satu-satunya menuju kesuksesan. Ada hal yang dilupakan oleh sebagian orang kalau dalam game ini kesuksesan bukan berawal dari nol, melainkan dari sebuah warisan!

Kita lupa kalau karakter utama dalam game Harvest Moon: Back to Nature mewarisi sebuah lahan pertanian yang luas serta dengan fasilitas lengkap, juga rumah dari kakeknya. Dengan kata lain, game ini ingin memberitahu kita kalau hidup sukses itu tak terlepas dari privilege. Dalam Back to Nature, si tokoh utama punya privilege itu. 

Selain sukses berawal dari sebuah warisan, ada lagi pelajaran yang ada dalam game ini. Apa sajakah itu?

#1 Jangan jadi miskin

Di Mineral Town, para penduduknya bisa dibilang matre dan akan baik ketika kita rajin memberikan hadiah kepada mereka setiap hari. Mereka akan menyukai kita kalau kita tajir dan rajin berbagi. Kalau miskin, jangan harap mereka akan menyukai kita. Harvest Moon ternyata nggak ramah sobat UMR juga ya.

Sama seperti di dunia nyata, orang-orang cenderung menjauhi orang miskin tapi semuanya akan mendekat ketika sudah kaya. Ketika sudah kaya raya, berbuat baik dan disukai oleh semua orang akan lebih mudah. Contohnya adalah Baim Wong yang begitu gampangnya bagi-bagi duit dan disukai banyak orang. 

Jadi orang miskin itu tidak enak karena melakukan kebaikan juga lebih sulit. 

#2 Bayar buruh dengan upah rendah

Dalam Harvest Moon: Back to Nature, dan Story of Seasons: Friends of Mineral Town, ada yang namanya makhluk kurcaci bernama Harvest Sprites yang tinggal di belakang gereja. Kita bisa menyuruh mereka mengurus perkebunan dan peternakan kita. Tak perlu membayar mereka dengan uang, berilah mereka hadiah receh seperti tepung. Mungkin tepung adalah makanan pokok para kurcaci ini. 

Secara tidak langsung, Harvest Moon ini mengajarkan kita kalau ingin jadi pengusaha sukses dan cepat kaya, maka bayarlah para pekerja dengan upah rendah. Para kurcaci ini bisa diibaratkan sebagai orang-orang polos yang mau saja dibayar murah. Maka, carilah buruh yang mau dibayar murah jika usaha Anda ingin cepat sukses dan kaya raya. 

Kapitalis sekali ya.

#3 Bertemanlah dengan orang kaya

Ada yang mengatakan kalau untuk keluar dari kemiskinan, harus memperluas lingkaran pertemanan dan perlu berteman dan bersahabat dengan orang kaya. Dalam Friends of Mineral Town, kita harus berteman dengan pedagang tajir bernama Huang agar bisa berbisnis dengannya dan menjadi cepat kaya dengan menjual barang-barang langka padanya. 

Ini juga mengajarkan kita kalau ingin sukses kaya raya kita harus memperluas pertemanan dan jangan hanya berteman dengan orang miskin atau orang biasa saja, melainkan harus berteman dengan orang kaya yang berpeluang membantu kesuksesan kita. Makanya, orang kaya banyak yang mendekati dan orang miskin banyak dijauhi. 

Tiga pelajaran hidup di atas, tentunya dibarengi keberuntungan si tokoh utama dalam Harvest Moon ini yaitu mendapatkan warisan lahan pertanian yang luas. Artinya, si tokoh utama ini bukanlah orang miskin, melainkan berlatar belakang dari keluarga juragan atau sultan. Singkatnya, sukses itu adalah berawal dari harta warisan bukan dari nol. Begitulah kira-kira. 

Penulis: Hilman Azis
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA Harvest Moon Adalah Panduan Sempurna untuk Menyongsong New Normal

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Anda penulis Terminal Mojok? Silakan bergabung dengan Forum Mojok di sini.
Exit mobile version