Dari Pengalaman Saya, 5 Cara Ini Beneran Bisa Bikin Skripsi Selesai

Artikel

Avatar

Salah satu momok menakutkan bagi mahasiswa adalah skripsi. Bagaimana tidak, satu bendel kertas ini bisa memorak-porandakan rencana masa depan yang sudah disusun jauh-jauh hari. Yup, skripsi bisa menahanmu di kampus saat sudah waktunya kamu mencicipi dunia kerja. Tetapi sayangnya fase ini memang harus kamu lewati untuk bisa lulus dari bangku perkuliahan.

Sebenarnya skripsi tidak semenakutkan itu jika kamu bisa “sedikit” berdamai dengannya. Pahamilah bahwa skripsi dengan kamu itu sama, sama-sama ingin diperhatikan *ea. Dengan memahami hal inilah aku mulai serius mengerjakan skripsiku saat godaan menghasilkan uang (baca: bekerja paruh waktu) lebih menggiurkan. Dan inilah caraku menyelesaikan skripsi.

Cara agar skripsi selesai #1 Kerjakan secara konsisten

Kamu pasti sering mendengar pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Jika iya, pepatah ini juga akan bekerja pada skripsimu. Satu per satu halaman yang kamu kerjakan lama-lama akan menghasilkan belasan, puluhan, hingga ratusan halaman. Jangan bayangkan jika skripsi kakak tingkatmu yang mejeng di rak perpus itu hasil kinerja Bandung Bondowoso dengan teman dedemitnya dalam waktu satu malam, ya.

Ingat, skripsi bukanlah pekerjaan yang bisa selesai satu malam dengan bantuan para jin! Skripsi terbuat dari cinta yang dirajut dengan waktu yang tidak sebentar. Satu hari satu halaman skripsimu akan sangat membantumu melaksanakan rencana masa depanmu. Mulai sekarang tanamkan dalam dirimu bahwa apa pun yang terjadi, seburuk apa pun mood-mu kamu akan menulis setidaknya satu halaman sehari.

Atau jika kamu masih kesulitan dengan target satu hari satu halaman, kamu bisa mempersempitnya dengan target satu hari setengah halaman atau bahkan satu paragraf saja. Jika masih sulit juga, tanamkan dalam diri Anda untuk mengintip file skripsi setidaknya satu hingga dua jam.

Cara agar skripsi selesai #2 Sering membaca penelitian orang lain

Membaca penelitian memang terdengar kurang mengasyikkan dibanding membaca berita selebritas atau sepak bola. Tetapi hal yang tak menyenangkan ini tetap harus kamu lakukan demi masa depanmu. Walaupun tidak terlalu mengerti, tetaplah berusaha membaca penelitian orang lain. Akan lebih bagus jika kamu membaca penelitian yang sejenis dengan penelitianmu, tetapi jika kamu merasa bosan kamu bisa membaca penelitian jenis lain.

Baca Juga:  Makan Gorengan Kustini Sambil Nyeplus Lombok Rawit

Dengan membaca penelitian, pikiranmu akan terbiasa dengan kerangka penelitian. Kamu bisa mendapatkan hipotesis untuk skripsi yang akan kamu kerjakan. Kamu jadi bisa mengira-ngira akan seperti apa skripsimu nanti jadinya. Jika kamu masih dalam tahap awal menyusun skripsi, hal ini dapat membantumu menemukan rumusan masalah dari topik yang kamu ambil.

Cara agar skripsi selesai #3 Sering hangout ke kampus

Mahasiswa semester akhir memang biasanya sudah jarang ada kelas, kecuali yang banyak ngulang hehe. Meskipun jarang ada kelas, kamu tetap harus rajin ke kampus. Kenapa? Karena dengan sering datang ke kampus kamu merasa ada dorongan untuk mengerjakan skripsi. Mengerjakan skripsi bersama teman juga bukan opsi yang buruk.

Kamu bisa mengajak temanmu untuk pergi ke kampus bersama. Dengan bertemu dengan teman-teman kalian bisa saling sharing tentang progres skripsi kalian, termasuk ghibahin dosen pembimbing yang banyak variannya *ups. Jadi jangan cuma hangout aja yang sering dilakuin, datang ke kampus juga. Atau kamu juga bisa sering hangout, tetapi sambil mengerjakan skripsi. Yakin mau?

Cara agar skripsi selesai #4 Rajin konsultansi ke dosen

Skripsi yang sudah dikerjain kadang masih belum bisa membuatmu cepat selesai skripsinya. Kenapa? Karena skripsimu harus dikoreksi dosen pembimbing dulu. Emang harus, ya? harus pake banget! Kalau tidak dikoreksi dosen pembimbing dulu, bisa-bisa skripsimu jadi bahan bulan-bulanan dosen penguji yang melihat banyak kekurangan di skripsimu. Serem amat.

Gunanya dosen pembimbing adalah agar skripsimu bisa terarah lebih baik. Biasanya di awal penyusunan skripsi kamu akan menemui banyak kesulitan. Tetapi kesulitan itu bisa kamu atasi kalau kamu rajin konsultansi ke dosen pembimbing. Kalau kamu bisa menunjukkan kesungguhan menggarap skripsi kepada dosen pembimbingmu, dijamin deh doi akan siap membimbingmu sampai skripsimu jadi.

Baca Juga:  Menjadi Bucin dan Penikmat Lagu Galau adalah Passion Kita (Hah, Kita?)

Cara agar skripsi selesai #5 Jangan sungkan mengerjakan revisi

Revisi adalah benda lain yang lebih memusingkan dari skripsi itu sendiri. Pasalnya, setiap kali datang konsultansi dosen pembimbing seakan tak lupa “menghadiahi” kamu dengan revisi. Kamu merasa skripsimu sudah sangat benar, tetapi di mata dosen pembimbing selalu ada saja kesalahan. Kamu jangan sebal dengan hal yang ini, ya.

Jika dosen pembimbingmu sering memberimu revisi, anggap saja itu latihan. Di sidang hasil, dosen penguji bisa lebih “sadis” lagi memberi revisi. Revisi yang kamu dapat dari dosen pembimbing justru menjadi benda paling membantumu di kemudian hari. Jadi, jangan sungkan mengerjakan revisimu ya, karena rencanamu lagi-lagi bisa terhenti hanya karena revisimu tidak kunjung dikerjakan.

Cara-cara di atas memang hanya secara garis besar saja, tetapi sesederhana apa pun sebuah cara tidak akan bekerja jika kamu tidak pernah mencobanya. Skripsiku selesai dengan cara-cara di atas tanpa melewatkan satu cara pun. Jika skripsiku saja bisa selesai, skripsimu juga pasti bisa. Jangan patah semangat. Istirahat sejenak saat kamu merasa lelah, tetapi setelah itu kamu harus lanjut mengerjakan lagi. Oke?

BACA JUGA Skripsi Itu Baik, Kalau Ada yang Jahat, Mungkin Dia Skripsi yang Tersakiti

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pengin gabung grup WhatsApp Terminal Mojok? Kamu bisa klik link-nya di sini.

---
22


Komentar

Comments are closed.