Budaya Pekewuh yang Hanya Mitos di Masyarakat Kita

Budaya Pekewuh yang Hanya Mitos di Masyarakat Kita terminal mojok

Kata siapa masyarakat kita punya sikap pekewuh dan bisa nggak enakan sama orang lain? Lha, jelas-jelas saja ada banyak pemandangan sampah yang menumpuk di pinggir sawah, kok. Sampah, lho, sampah. Itu sawah woy, yang menghasilkan beras yang setiap hari kita makan. Kok ya tega-teganya buang sampah di sana?

Kresek sampah beraneka warna berbeda ukuran menumpuk tak berdaya di pinggir sawah. Kadang penasaran siapa pemilik sampah itu. Yang jelas pasti bukan milik si empunya sawah, ngapain juga buang sampah di sawahnya sendiri, kan? Meski tahu sampah itu pasti dari orang-orang yang nggak bertanggung jawab, saya beneran ingin lihat muka mereka. Kira-kira mukanya punya malu nggak?

Pernah suatu hari tumpukan sampahnya hilang dan tempat itu menjadi bersih. Namun, tak berapa lama buntelan-buntelan kresek mulai bermunculan lagi. Numpuk lagi. Pernah pula salah satu kresek itu isinya tercecer dan ada popok bekas yang ada tahinya. Bayangkan, ada tahinya, lho!

Kejadian seperti ini pernah dibahas di forum Info Cegatan Jogja karena beberapa tertangkap layar CCTV. Pernah juga dibongkar sampahnya dan ketahuan siapa yang punya, lalu akhirnya sampah itu dikembalikan. Apa iya perlu dipermalukan di muka umum seperti itu dulu baru mau tobat? Eh, siapa tahu malah buang sampahnya pindah ke tempat lain lagi. Masa iya warga pemuda setempat harus berpatroli mengurusi sampah tak bertuan seperti ini? Gila sih ini, bukankah seharusnya kesadaran manusia itu sendiri untuk pekewuh “membuang sampah kok di tempat orang lain”?

Berkali-kali kejadian seperti ini terulang dan sepertinya memang nggak ada efek jera. Jangankan membicarakan efek kelestarian alam dan bumi yang bla bla bla, saya saja sangsi apakah mereka ini punya hati dan perasaan atau minimal menempatkan diri seandainya popok bertahi itu mendarat di depan rumahnya. Apa iya mereka nggak akan marah dan merasa terhina? Wong kok sak udele dhewe, seenaknya sendiri.

Kalau perkara sampah ini boleh dibandingkan dengan Jepang, penanganan sampah di sana bisa menjadi contoh yang baik. Hampir nggak pernah ditemukan sampah berserakan di tempat umum. Tetapi di balik bersihnya Jepang, urusan sampah di sana itu memang beneran sangat pelik. Kebetulan saya pernah tinggal di Jepang dalam waktu yang cukup lama dan dulu pernah ditegur ibu kontrakan karena sebagai orang baru saya dianggap nggak bisa memilah sampah. Ibu tetangga mendapati kresek sampah saya ada plastiknya padahal jadwal buang sampah hari itu adalah sampah organik. Gegar budaya pertama saya: masa iya gara-gara sampah saya diusir dari kontrakan? Ya bisa saja.

Sebenarnya saat registrasi ke kantor Wali Kota dan mendapat KITAS di Jepang, kita diwajibkan untuk mencari tahu soal persampahan ini. Segala cara memilahnya, cara membuangnya, hingga tempat dan jadwal pembuangan sampahnya. Gara-gara sampah juga, kita bisa dianggap sebagai orang yang nggak punya etika dan nggak berbudaya. Terlebih sebagai orang asing, bisa jadi kita akan merasakan diskriminasi dan stereotip miring gara-gara sampah.

Kalau dipikir-pikir, kok bisa ya orang Indonesia dengan entengnya melakukan hal seenak mereka sendiri yang jelas-jelas mengganggu kenyamanan orang lain? Apa iya seandainya kita memiliki sikap ewuh-pekewuh, kejadian- seperti buang sampah di sawah orang lain itu tak akan terjadi?

Sikap pekewuh bisa diartikan nggak enak hati yang membuat orang jadi takut untuk menyakiti hati atau merugikan orang lain. Poin utamanya adalah memikirkan orang lain. Kalau saya begini, merugikan orang lain nggak, ya? Kalau saya digituin dan nggak suka, ya jangan sampai melakukan hal sama kepada orang lain. Kita berusaha menempatkan diri kalau kita di posisi orang lain. Segampang itu sebenarnya.

Di Jepang juga ada budaya seperti ini, istilahnya “meiwaku” (mengganggu). Meiwaku sebenarnya dikonotasikan baik sebagai sikap nggak mau mengganggu orang lain. Sebelum Perang Dunia, berawal dari zaman Edo, masyarakat Jepang mengenal istilah “haji” (malu) yang membuat orang untuk memikirkan diri sendiri sebelum bertindak, jangan sampai memalukan diri sendiri dan keluarga. Setelah Perang Dunia, “haji no bunka” (budaya malu) ini berubah menjadi “meiwaku no bunka” (budaya mengganggu). Bisa dimaknai dengan sebelum melakukan sesuatu, kita memikirkan orang lain terlebih dahulu, apakah perbuatan kita akan membuat orang lain merasa terganggu atau nggak. Sikap ini juga ditanamkan ke anak-anak Jepang sejak sekolah. Masyarakat Jepang sendiri paham bahwa ketertiban masyarakat itu dibentuk dari kesadaran setiap individu dan mematuhi peraturan itu dilakukan agar nggak “mengganggu” kenyamanan orang lain.

Seandainya Indonesia juga bisa menerapkan sikap pekewuh seperti ini, mungkin nggak akan ada kasus membawa anjing jalan-jalan ke mal karena akan pekewuh seandainya anjingnya berak dan menggonggong sehingga mengganggu pengunjung mal lainnya. Atau mungkin mahasiswa pekewuh saat terlambat mengumpulkan tugas dosen karena kalau terlambat, dosen dan teman-teman akan rugi waktu, dll. padahal sudah diberi waktu panjang untuk mengerjakannya. Atau pekewuh saat tahu sudah positif Covid-19, tapi nggak betah isolasi mandiri di rumah dan ngotot salat Jumat di masjid sehingga satu jamaah pun harus ikut dites dan satu kampung ikutan lockdown?

Lha gimana, figur publik atau pejabat elit kita saja mencontohkan untuk sak udhele dhewe, sama sekali nggak tahu malu, kok. Sudah jelas salah, tetapi selalu mencari pembenaran dan malu untuk mengakui perbuatan salah mereka. Seandainya mereka punya sikap pekewuh pasti akan berpikir dua atau tiga kali lipat bahwa mereka punya tanggung jawab moral sebagai orang yang menjadi contoh bagi masyarakat, kalau berbuat seperti ini pasti masyarakat akan kecewa.
Ah, apa iya kita ini termasuk masyarakat yang harus diancam, ditakut-takuti, dan dipermalukan terlebih dahulu, barulah kita bisa memikirkan dan menghormati hak orang lain? Apakah culture masyarakat kita yang seenaknya sendiri itu susah untuk diubah?

Diancam akan didenda 500 ribu kalau ketahuan membuang sampah sembarangan saja nggak menakutkan kok bagi mereka. Toh pakai masker dan pas gelap buangnya, jadi nggak akan ketahuan wajah pelakunya. Toh yang lain juga melakukannya dan saya cuma ikut-ikutan. Ditegur malah berantem. Akhirnya orang yang berniat untuk sama-sama mengajak kebaikan pun mundur teratur. Ini seperti lingkaran setan yang tak akan berhenti berputar. Tetapi, bukankah dengan setidaknya bersikap pekewuh akan menjadikan kita sedikit punya perasaan dan berpikir berkali-kali lipat sebelum merugikan orang lain? Siapa tahu, kan?

Sepertinya perjalanan kita memang masih panjang untuk menjadi masyarakat yang berbudaya dalam arti sebenarnya. Butuh integritas total dari seluruh elemen masyarakat, termasuk penanaman sikap ini ke anak sejak kecil dan mereka akan melihat kita orang dewasa sebagai teladannya. Nah!

BACA JUGA Mukena Adalah Budaya Indonesia, Bukan Syariat Islam dan tulisan Primasari N Dewi lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.
Exit mobile version