Gufi adalah sosok yang menerapkan falsafah narimo ing pandum yang sesungguhnya.
Mendengar lagu berjudul “Takut”, membuat saya jadi overthinking. Lagu itu mengisahkan kegelisahan dan ketakutan seseorang saat memasuki usia 20an. Segala ekspektasi, ambisi, semua bergumul jadi satu. Lalu muncul rasa takut akan masa depan yang menghantui. Kebanyakan dari kita seperti itu, kadang saya juga begitu. Memang, banyak hal yang membuat manusia takut menghadapi masa depan. Namun, terkadang itu semua berasal dari diri manusia itu sendiri.
Punya ambisi, cita-cita, bahkan passion, adalah hak semua orang. Ada juga orang yang hidupnya mengalir saja, tak terlalu berat memikirkan masa depan. Banyak yang kerja keras sampai lupa istirahat dan menghabiskan waktu mengepul pundi-pundi harta. Tapi, banyak juga yang memiliki prinsip hidup santai, tak ingin kaya, yang penting cukup. Jika Anda mencari tipe yang pertama, silakan mengunjungi kelas-kelas motivasi dan bisnis. Jika mencari yang tipe kedua, tinggal menengok sosok Gufi, temannya Miki Tikus yang punya peliharaan anjing bernama Pluto.
Ia bukan sosok pemimpin, bukan pula pria yang gagah perkasa. Justru terkesan lemah lembut, merakyat, dan lugu. Kalau hidup di Indonesia, dia bisa mencalonkan diri jadi wakil rakyat atau sekalian presiden. Pasti menang, karena sangat menggambarkan wong cilik pada umumnya. Ia juga pria yang lempeng dan tak mau terlalu terbebani oleh pandangan orang lain. Sungguh sosok yang nyantai dan berpikiran sederhana. Asal bisa tidur, makan, main sama Miki, ia tak mau menuntut apa-apa lagi.
Sering tinggal sama Miki, meski sebenarnya ia juga punya rumah yang sederhana, kalau tak mau disebut tak terawat. Ia menjalani profesi apa pun. Membantu Miki dalam banyak aksi, membantu profesor, dan saat punya anak, ia menjadi fotografer untuk studio milik Boris. Pekerjaan yang memang tak menghasilkan banyak uang, namun cukup. Mungkin sudah sesuai UMK, pun cukup untuk hidup keluarganya.
Ia terlihat selalu menyukai pekerjaannya, meski ceroboh dan sempat dipecat dari pabrik mainan. Sama seperti masa lajangnya, ia hanya berpikir untuk mencari ketenangan. Golek ayem (mencari ketenangan), bukan sekedar mburu seneng (mencari kesenangan semata). Itu kiranya pepatah Jawa yang dipegangnya. Hal yang kerap disalahpahami banyak orang.
Ada bedanya antara orang malas yang tak mau bekerja, dengan orang yang sudah merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, namun tetap berusaha mencukupi kebutuhan. Tak semua orang yang santai dalam menjalani hidup adalah pemalas. Ada orang yang tak mau ikut bisnis ini itu, ia sudah merasa gajinya cukup, ya, tidak apa-apa. Jangan melabeli orang itu dengan sebutan pemalas atau orang yang tak punya ambisi. Hidup dan tujuan tiap orang berbeda. Itu semua adalah pilihan, dan setiap pilihan harus dihargai. Mau jadi kaya, ya, syukur. Begini-begini saja juga tak apa.
Segala standar hidup mapan yang orang-orang percaya, tak Gufi gubris. Ia merasa hidupnya selalu baik-baik saja. Ia tak merenovasi rumahnya agar mirip milik para tetangganya, tak beli mobil terbaru, tak mencari jabatan yang mentereng, pun selalu terlihat bahagia. Justru hidup seperti Gufi ini yang sulit, hanya orang-orang hebat yang mampu. Begitu juga saat ia punya anak, Max.
Butuh waktu lama bagi Max untuk menyadari, bahwa bapaknya adalah sosok panutan yang sebenarnya. Segala waktu, tenaga, dan pikiran ia curahkan untuk Max. Max sempat iri dan membandingkan kehidupannya dengan kehidupan kawan-kawannya. Ia kecewa dengan keadaan bapaknya, hingga akhirnya ia menyadari bahwa Gufi memberikan semua yang dimiliki untuk dirinya, anak semata wayangnya.
Gufi selalu santai dan lempeng, ia tak takut akan masa depan dan pendapat orang-orang pada dirinya. Yang penting anaknya bahagia, dan dia bahagia karena hal itu. Ia juga tak membebani anaknya dengan segala macam tetek bengek soal cita-cita dan harapan akan masa depan. Ia membebaskan anaknya untuk memilih jalan hidup yang membuat Max bahagia, apa pun itu. Ia bisa selalu bangga dengan anaknya, dan sudah menjalani hidup dengan prinsip narimo ing pandum yang sebenarnya.
Penulis: Bayu Kharisma Putra
Editor: Rizky Prasetya