4 Penyebab Orang Nyalain Lampu Jauh di Jalan. Silaunya Bikin Emosi! – Terminal Mojok

4 Penyebab Orang Nyalain Lampu Jauh di Jalan. Silaunya Bikin Emosi!

Artikel

Berkendara baik motor maupun mobil memang cukup menarik untuk di kulik. Salah satunya adalah mengulik kebiasaan dan perilaku dari pengendara – pengendara di Indonesia. Mulai dari lampu sen emak – emak yang terkenal tidak terprediksi, hingga kelakuan menyebalkan para pembalap liar di jalan provinsi. Yang tidak kalah menyebalkan adalah orang yang menalakan lampu jauh di jalanan kota. Silaunya itu loh, bikin emosi.

Harusnya semua sependapat bahwa pengendara mobil yang menggunakan lampu jauh di malam hari apalagi di jalanan ramai adalah sebuah sumber hujatan. Mari kita menelaah apa yang menyebabkan kelakukan ajaib mereka ini.

Lampu bawah mati

Siapa sangka? Ternyata lampu bawah yang mati menjadi penyebab seseorang terus menyalakan lampu jauh di jalan. Daripada mereka gelap-gelapan pas nyetir, mending nyalain lampu jauh kan? Selain itu, kalau tetap nekat jalan tanpa lampu pun jelas bisa menjadi sasaran tilang polisi karena melanggar peraturan. Yang kayak gini apa nggak pengin pergi ke bengkel gitu? Benerin kek.

Lupa switch ke lampu dekat

Ini biasa terjadi di jalanan antar kota yang sepi dan minim penerangan nih. Sebagai pengguna jalan, kita berhak kok nyalain lampu jauh ketika jalan gelap selama nggak ada pengendara lain yang terganggu. Ketika jalan sudah ramai, kadang suka kelupaan ganti ke lampu dekat. Kadang kelupaan sampe ke kota dan merasa sepanjang terang banget. Hingga akhirnya di-dim sama pengendara dari lawan arah dan baru sadar. Manusia memang tempat lupa, tapi mbok jangan keseringan.

Baca Juga:  Impian Masa Kecil Saya Hancur Seketika Setelah Ngerasain Naik Mitsubishi Lancer Evolution

Pamer barang baru

Zaman sekarang apa-apa dipamerin. Hape baru, upload story. Jalan-jalan, upload story. Mobil baru, upload story. Lampu baru? Kalau di-upload ke media sosial, susah nggak kelihatan. Solusinya ya dinyalain sepanjang jalan. Semua orang jadi tahu lampu kendaraan kita baru. Secara nggak langsung si pemilik bilang, “Terang kan brooo???” sambil ngepot di jalanan.

Selain pamer, bisa jadi niat si pengendara adalah untuk uji keterangan, jangan bersuuzan dulu lah. Dengan melihat reaksi pengendara lain, kita bisa tahu seberapa terangnya lampu jauh kita. Saat banyak yang marah-marah, sudah pasti terang, pake banget.

Cari miss K di atas pohon

Berbagai makhluk gaib endemik Indonesia memang suka mendiami pohon, terutama yang ada di hutan. Kita pun terkadang nggak bisa menghindari harus lewat hutan ketika dalam perjalanan ke luar kota. Terlebih beberapa hutan dianggap sebagai hutan angker oleh penduduk sekitar. Sebut saja Alas Roban di Jawa Tengah dan Alas Purwo di Jawa Timur dan alas-alas lain yang jadi hunian nyaman bagi demit.

Bagi sebagian dari kita tentu takut dan memilih fokus ke jalan ketika melewati hutan tersebut. Namun lain cerita jika yang lewat tim pemburu hantu. Tentu mereka lebih memilih menyorot atas pohon untuk mencari sesuatu dan berharap dapet jack pot buat bahan konten. Jadi kalau ketemu orang yang suka pasang lampu jauh, coba tanya dulu, siapa tahu mereka memang tim pemburu hantu.

Baca Juga:  Pengendara yang Males Nyalain Lampu Sein Enaknya Diapain?

Bagaimana pun menggunakan lampu jauh di jalan itu sangat mengganggu, Mylov. Selainbikin silau dan bikin orang jadi nggak fokus, pancarannya bisa memantul ke spion dan mengganggu pengguna jalan yang padahal nggak salah apa-apa. Etika berkendaranya dipakai dong.

Kalau ada yang mati atau rusak, segera diganti, kalau lupa ya jangan sampai lupa. Tetap aman berkendara dan berhentilah bikin emosi orang-orang, ya!

Sumber gambar: Pexels.com.

BACA JUGA 3 Kategori Mobil Mogok yang Wajib Diketahui Pengendara atau artikel lainnya di Terminal Mojok.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.




Komentar

Comments are closed.