Mengadu Gitasav dan Sophia Latjuba: Contoh Konkret Praktik Misoginis di Media Sosial

Mengadu Gitasav dan Sophia Latjuba Contoh Konkret Praktik Misoginis di Media Sosial Terminal Mojok

Mengadu Gitasav dan Sophia Latjuba Contoh Konkret Praktik Misoginis di Media Sosial (Unsplash.com)

Jagat media sosial Twitter kembali dimeriahkan oleh keributan perempuan versus perempuan. Kali ini objeknya adalah pernyataan Gitasav (((lagi))) yang diadu dengan Sophia Latjuba. Terdengar agak aneh memang, tapi secara sederhana bisa dipahami bahwa hal ini terjadi (lagi) akibat mendarah dagingnya nilai misoginis dalam masyarakat kita.

Mulanya, Gitasav membalas sebuah komentar di akun Instagramnya terkait “rahasia” dirinya awet muda. Dia menjawab bahwa menganut childfree adalah anti-aging alami yang membebaskan dirinya dari faktor risiko penuaan dini.

Keributan dimulai ketika warga Twitter yang memang hobi berargumen itu kemudian menyatakan ketidaksetujuan dengan pernyataan Gitasav tersebut. Mereka membawa nama Sophia Latjuba, aktris berusia 50 tahun lebih yang masih tampak muda meskipun punya anak.

Sudah bisa ditebak ya arah perdebatannya? Netizen ramai-ramai menafikan argumen Gitasav dengan menjadikan kondisi fisik Sophia Latjuba sebagai tameng. “Kata siapa punya anak bikin tua? Tuh buktinya Sophia Latjuba awet muda meski punya anak.” Kurang lebih demikianlah isi argumennya.

Gitasav dan Sophia Latjuba bahagia dengan pilihan hidupnya masing-masing

Sebenarnya nggak ada yang lebih benar atau lebih salah dari pilihan keduanya. Kedua perempuan itu bahagia dengan cara hidupnya masing-masing. Gitasav bahagia dengan pilihannya untuk childfree. Dan saya rasa Gita juga menjawab pertanyaan netizen terkait “rahasia” awet muda itu dengan apa yang ia alami dan yakini, yaitu childfree.

Di mana letak salahnya? Ya nggak ada, sama saja dengan para ibu yang membagikan cerita inspiratifnya bagaimana dia berproses dari yang tadinya punya kebiasaan susah bangun pagi akhirnya bisa rutin bangun pagi setelah punya anak. Dia menganggap punya anak adalah fase bertumbuhnya. Nggak ada salahnya juga, kan?

Pun Sophia Latjuba yang sedang trending juga menjalani hidupnya dengan baik. Jadi ibu, hobi olahraga, dan nggak tahu rumus lainnya apa yang membuat dia nampak lebih muda dari perempuan lain seusianya.

Kalau kita bisa happy dengan kebahagiaan Sophia dan kebahagiaan ibu-ibu lain, kenapa kita nggak bisa happy dengan pilihan Gitasav dan caranya berbangga dengan pilihan hidupnya? Jawabannya adalah pola pikir misoginis yg mendarah daging.

Praktik misogini kerap ditemukan dalam konten media sosial

Melansir laman Komnas HAM, misogini adalah bentuk diskriminasi terhadap gender perempuan yang melibatkan kebencian. Seorang misoginis akan memandang perempuan sebagai pihak yang memang pantas ditindas, disudutkan, dan dieksploitasi.

Dalam bentuk ekstrem, perilaku misogini kerap kita temukan dari konten-konten di media sosial yang menyalahkan perempuan korban kekerasan seksual, menormalisasi perilaku KDRT terhadap perempuan, bahkan hingga normalisasi femisida.

Tapi, dalam bentuk yang lebih ringan, perilaku menyudutkan perempuan acap kali juga kita temukan melalui cara-cara yang seolah memperlawankan perempuan satu dengan lainnya. Nggak cuma Gitasav dan Sophia Latjuba kok yang dijadikan objek, banyak juga bentuk lainnya. Misal, kalau ada kasus perselingkuhan, lebih sering mana kita temukan komentar yang menghakimi laki-laki pelaku selingkuh dibandingkan yang memperlawankan perempuan selingkuhan versus pasangan resminya?

Bentuk lainnya yang juga jamak di media sosial adalah perlawanan antarsesama ibu yang saling menjatuhkan. Yang lahiran pervaginam vs caesar, yang asi vs sufor, dan lain-lain.

Saatnya berhenti membentur-benturkan pilihan perempuan

Kita memang terlalu lama menginternalisasi kebencian terhadap perempuan. Jadi, kayaknya kalau ada perempuan tampak punya pilihan, bawaannya benci mulu. Ketika pilihannya dianggap lazim oleh masyarakat, kita masih sibuk mencari celahnya untuk dipersalahkan. Apalagi kalau pilihannya dianggap nggak lazim, seperti Gitasav yang memilih childfree ini.

Kebiasaan berpikir biner juga memperburuk keadaan. Seolah kalau Gitasav memilih childfree dan berbangga dengan pilihannya, maka dia benci atau menentang pilihan perempuan lain yang memilih punya anak. Kalau pro A pasti benci B, padahal dalam hidup nggak hanya ada 2 pilihan, kan? Bisa juga kita sebagai individu memilih childfree sembari ikut berbahagia dengan perempuan lain yang berjuang untuk punya anak, ataupun sebaliknya.

Kapan ya kita bisa berhenti membentur-benturkan bentuk pilihan perempuan dan berhenti menjadi defender A melawan B? Lalu beralih menjadi seorang pro kemerdekaan, pro terhadap kebebasan perempuan mengakses berbagai bentuk pilihan perempuan. Ikut support dan bahagia terhadap Q dan B dan C sampai Z yang dipilih secara merdeka oleh perempuan.

Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Intan Ekapratiwi

BACA JUGA Gitasav Adalah Bukti Sulitnya Perempuan untuk Punya Pilihan.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Exit mobile version