Menebak Maksud Lirik 'Kangen Kringet Bareng Awakmu' dalam Lagu 'Los Dol' Denny Caknan – Terminal Mojok

Menebak Maksud Lirik ‘Kangen Kringet Bareng Awakmu’ dalam Lagu ‘Los Dol’ Denny Caknan

Artikel

Temen-temen pasti udah akrab banget sama lagu terbaru Denny Caknan yang judulnya “Los Dol” tho? Lagu berlirik full bahasa Jawa yang belakangan cukup menyita perhatian beragam kalangan. Lebih-lebih karena liriknya nggak jauh-jauh dari kesan keambyaran. Sebelum baca tulisan ini lebih lanjut, saya saranin buat nonton video klip dan nyimak liriknya dulu deh biar nggak bingung.

Nah, kalau udah, jika disimak dari video klipnya nih, lagu ini sebenernya nyeritain tentang seorang cowok (Agos Kotak) yang udah jengah sama kelakuan doinya (Mbak Bonita) yang nggathelinya amit-amit. Pasalnya, Mbak Bonita diem-diem masih sering chatting-an dan ngejalin hubungan sama mantannya (Dodit Mulyanto). Gelagat yang dalam lagu tersebut digambarin udah terendus sama si cowok, meskipun kontak mantannya disamarkan jadi tukang las, tukang sayur, sampai tukang gas sekalipun.

Gegara kelakuan si doi yang susah diatur inilah akhirnya si cowok milih lepas tangan atau istilah gampangnya “Los Dol”. Kalau perlu, sekalian paket datanya dibeliin buat chatting-an sama mas mantan.

Tapi ada satu bagian yang bikin saya—dan mungkin sebagian Anda—nyampe harus mikir keras buat nebak maksudnya. Persisnya pada lirik “Tenan dik elingo yen mantan nakokno kabarmu tandane iku ora rindu, nanging kangen kringet bareng awakmu” (Serius, Dik, inget-inget jika mantan nanyain kabarmu tandanya itu bukan rindu, tapi kangen keringetan bareng kamu).

Sik, ini abstrak banget asli. Yang dimaksud “Kangen kringet bareng awakmu” (Kangen keringetan bareng kamu) ini maksudnya pas lagi ngapain ya?

Kalau dilihat dari subtitle video klipnya sih cuma diartiin, “Kerja keras bareng” og. Masih global banget. Oleh karena itu, akhirnya saya berinisiatif untuk melakukan analisis terkait tafsir bagian lirik tersebut. Dengan berpatokan pada latar tempat dan alur cerita dalam video klipnya, kemungkinan maksud dari lirik “Kangen kringet bareng awakmu” kurang lebih gini.

#1 Menggembala kambing bareng

Ada bagian dalam video klip yang nunjukin Dodit sedang mata-matai Mbak Bonita yang lagi yang-yangan sama Agos Kotak. Nah, pada bagian ini Dodit ketangkep kamera lagi nuntun seekor kambing. Jadi, besar kemungkinan “Kangen kringet bareng awakmu” di sini maksudnya adalah Dodit kangen masa-masa ketika dia sama Mbak Bonita sering angon wedhus (gembala kambing) bareng dari satu petak rumput ke petak rumput lain. Yang namanya gembalain kambing sedikit banyak kan mesti panas-panasan tuh sampai keringetan. Nah, itu dia yang dimaksud dengan “Kangen kringet bareng awakmu.”

Bisa juga gini, kalau yang dibawa Dodit adalah kambing, sangat mungkin juga kalau Dodit ini adalah peternak kambing. Nah, barangkali suatu kesempatan pernah tuh ngajak Mbak Bonita buat nyari ramban buat si kambing alias bahasa Tulungagung-nya ngarit. Nyari ramban ini nih yang berpotensi bikin keringetan.

#2 Ngonthel bareng keliling desa

Kemungkinan ini saya dasarkan pada fakta bahwa kendaraan yang dipakai Dodit buat nyamperin Mbak Bonita adalah sepedah onthel. Ada juga segmen yang nayangin momen-momen nostalgik antara Dodit sama Mbak Bonita ketika keduanya masih pacaran, yaitu sering boncengan bareng pakai onthel keliling desa. Dari sini udah bisa diambil kesimpulan tho, sangat mungkin yang dimaksud “Kangen kringet bareng awakmu” adalah kangen ngonthel bareng keliling desa. Dan ngonthel di bawah terik matahari tentunya bikin mereka berdua keringetan. Belum lagi misalnya ban onthelnya bocor. Mereka berdua harus sama-sama nuntun ke tukang tambal ban yang bisa jadi jaraknya sangat jauh. Dan sepanjang jalan itulah, di bawah terik matahari, keduanya jadi sama-sama berkeringat.

#3 Nyapu bareng pelataran rumah

Pada bagian akhir video, ada momen ketika Dodit nyamperin Mbak Bonita yang lagi nyapu pelataran rumahnya. Kalau boleh saya tebak, ah paling pernah pas masih pacaran sesekali Dodit nyamperin Mbak Bonita buat bantuin nyapu pelataran rumah. Jadi bisa dipastiin kalau “Kangen kringet bareng awakmu” merujuk pada momen nostalgik nyapu pelataran rumah bareng ini. Ya kita sama-sama tahu lah, yang namanya nyapu—apalagi kalau sampahnya banyak—pasti bakal keringetan juga.

#4 Apa jangan-jangan pas lagi ena-ena?

Kalau nyomot dari spekulasi warga negara Twitter yang minim akhlak dan nggak ada otak nih ya, apa jangan-jangan pas mantan bilang “Kangen kringet bareng awakmu” maksudnya ke arah urusan “ena-ena”? Hal ini dipertegas dengan ungkapan di lirik sebelumnya yang bilang, jika mantan nanyain kabar, itu tandanya bukan rindu.

Kalau rindu kan pastinya ke arah nostalgia romantisme kenangan semasa pacaran kan? Kayak nyari ramban bareng, ngonthel bareng, nyapu pelataran rumah berdua, dan yang gitu-gitu masuk akal tuh. Lah kalau bukan rindu tapi kangen keringetan bareng? Berarti apa dong? Coba dipikir lagi hayooo.

BACA JUGA Lagu Dangdut: Satu Lagu Sejuta Penyanyi dan tulisan Aly Reza lainnya.

Baca Juga:  Derita Rakyat Nggak Suka Musik Dangdut yang Merakyat

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.




Komentar

Comments are closed.