Cara Hemat Liburan ke Singapura, Kunjungi Tempat Wisata yang Gratis

Cara Hemat Liburan ke Singapura, Kunjungi Tempat Wisata yang Gratis Mojok.co

Cara Hemat Liburan ke Singapura, Kunjungi Tempat Wisata yang Gratis (unsplash.com)

Liburan ke Singapura tidak melulu menguras kantong. Kalau menemukan siasat yang tepat, kalian bisa liburan hemat seperti saya. Beberapa waktu lalu saya liburan ke Singapura dalam satu hari dan mengunjungi tempat-tempat free entry atau gratis. Pulang-pulang kantong saya tidak jebol, masih selamat sehat sentosa.

Saya berangkat ke Singapura naik kapal ferry dari Batam. Iya saya tahu, perkara transportasi ini saya memang banyak diuntungkan. Ke negara tetangga hanya perlu waktu 45 menit menggunakan ferry. Saya berangkat pukul 09.45 WIB sampai Singapura pukul 11.30 WIB.

Sejak awal saya memang ingin liburan dalam satu hari dan ke tempat wisata yang gratis agar hemat. Berikut ini beberapa tempat yang saya kunjungi:

#1 Bola dunia ikonik di depan Universal Studios

Tempat wisata yang pertama saya kunjungi adalah Universal Studios di Sentosa Island. Tujuan saya kemari bukan menikmati wahana, tapi untuk foto di bola dunia di depan Universal Studio. Terdengar norak ya, tapi percayalah banyak lho wisatawan yang ke sana hanya untuk berfoto.

Universitas studios berlokasi dengan dengan Pelabuhan Harbourfront. Pelabuhan ini menyatu dengan mall Vivocity, stasiun MRT, monorail, dan berbagai sarana transportasi lain. Untuk menuju Universal Studios kalian bisa menggunakan bus, monorail, atau taksi. Saya memilih menggunakan monorail seharga S$3.70 atau setara sekitar Rp42.000 per orang.

Cara pembayarannya secara langsung ketika beli tiket, pakai EZ-Link Card yang dibeli di Singapura, atau tap pakai kartu kredit/debit internasional seperti Jenius. Pastikan saldonya cukup kalau kalian ingin melakukan pembayaran secara non tunai. Tidak sampai lima menit perjalanan, saya sudah sampai di Sentosa Island.

#2 Merlion Park

Setelah puas foto-foto di Universal Studios, saya  bergeser ke Merlion Park yang ada patung Mermaid Lion. Jadi dari Sentosa Island kembali lagi ke VivoCity menggunakan monorail lagi. Kali ini tidak membayar karena tiket berlaku pulang-pergi. Perjalanan saya lanjutkan menggunakan taksi online.

Nah, ada catatan penting bagi siapa pun yang ingin mengendarai taksi online di Singapura. Pertama, pesanlah taksi online di titik yang sudah disediakan. Kedua, jangan sekali-kali membuat sopir taksi online menunggu kalau tidak ingin kena denda S$ 4.

Sayangnya, ketika sampai di Merlion Park, patung Singa Mermaid sedang direnovasi. Alhasil saya hanya foto-foto di sekitar Merlion Park saja. Pemandangan di sana menarik kok.

#3 Makam Habib Nooh

Tempat wisata gratis lain yang saya kunjungi adalah makam Habib Nooh. Kalian bisa mengendarai taksi online dari Merlion Park. Tidak butuh waktu yang lama karena jaraknya yang cukup dekat. Asal tahu saja, Habib Nooh adalah sosok yang menyebarkan agama Islam di daerah Malaysia dan Singapura. Banyak orang orang sangat menghormati tempat ini, Kalian yang ingin berwisata religi jangan lupa ke  Makam Habib Nooh ya.

#4 Garden by The Bay

Garden by The Bay menjadi tempat wisata gratis terakhir yang saya kunjungi sebelum kembali ke Indonesia. Di sana ada pohon yang terbuat dari besi yang tinggi dan cantik. Seperti namanya, ini adalah taman/kebun besar di Singapura. Banyak warga yang ke tempat ini untuk jogging atau sepedaan. Di sana juga tersedia tempat bermain anak yang gratis.

Puas seharian liburan di Singapura, saya kembali ke Indonesia pukul 20.20 WIB dari Pelabuhan Harbourfront. Pulang-pulang ke Indonesia saya masih bisa bernafas lega karena pengeluaran berwisata hari itu tidak begitu besar. Besok kemana lagi ya?

Penulis : Mutabi’atul Huda Az Zahro Mahdiyah
Editor: Kenia Intan

BACA JUGA Singapura Memang Semenyenangkan Itu, dan Memang Bikin Betah Banget, Wajar kalau Pada Pindah

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.