Minimalis sebagai gaya hidup sedang tren belakangan ini. Tren tersebut terdapat di beragam lini kehidupan seperti fashion, arsitektur dan interior rumah, bahkan sampai ke perabotan dapur. Coba tengok selebgram yang kontennya menyajikan interior rumah. Ketika interior yang dipilih bernuansa klasik sekalipun, perabotan dapur lebih memilih bergaya minimalis.
Saya follow belasan akun selebgram interior rumah, mulai dari rumah BTN luas 36 sampai rumah mewah bergaya klasik. Seheboh apa pun interior rumahnya, sekali waktu pasti ada konten yang menyebutkan kata “minimalis” yang dilekatkan pada konteks modernitas. Biasanya karena ada endorsement, untuk peralatan dapur atau alat bersih-bersih misalnya. Barang-barang tersebut diklaim lebih praktis, enak dilihat, dan sesuai dengan gaya hidup modern yaitu minimalis.
Lebih praktis dan enak dilihat, sih, sudah pasti. Tapi, apa iya bisa dibilang minimalis? Kalau sebentar-sebentar ganti perabotan yang lebih canggih atau lebih unyu mengikuti perkembangan tren, atau belanja barang biar warnanya selalu matching, apa masih bisa disebut minimalis? Nah, di sinilah kita perlu memahami beda minimalis sebagai “gaya” dan minimalis sebagai “gaya hidup”.
Di bidang arsitektur dan interior rumah, Andra Matin seorang arsitek terkenal yang sering mendapat penghargaan menjelaskan bahwa gaya minimalis mengacu pada gaya hidup. Karya Andra Matin yang mendapat penghargaan dengan gaya minimalis salah satunya adalah YVE Habitat di daerah Depok.
Saking ketat dalam menjaga gaya minimalis, penghuni atau pembeli rumah di YVE Habitat tidak diperkenankan mengubah fasad dan layout bangunan.
Menurut Andra Matin, gaya bangunan minimalis sendiri terinspirasi oleh gaya hidup zen, dari Jepang. Zen beranggapan semakin sedikit benda yang digunakan atau dimiliki, semakin tenanglah hidup seseorang. Oleh karena itu, gaya desain minimalis sedikit sekali bermain warna dan sesedikit mungkin menggunakan furnitur.
Dari penjelasan Andra Matin sudah clear ya beda minimalis sebagai gaya dan gaya hidup?
Sebagai gaya, minimalis memang cenderung lebih dekat dengan modernitas, tapi sebagai gaya hidup bukan hanya masyarakat Jepang yang punya kearifan seperti itu. Sama-sama mengacu pada usaha mencapai ketenangan hidup, jika masyarakat Jepang punya konsep zen, masyarakat Jawa punya konsep sak madya.
Sak Madya berarti secukupnya, sewajarnya, tidak berlebihan sekaligus tidak berkekurangan. Dalam keseharian masyarakat Jawa frasa tersebut sering sekali muncul dalam percakapan.
“Uripa sing sak madya.”
“Urip iku sak madya wae!”
Urip berarti hidup dalam Bahasa Jawa. Sak madya adalah kearifan lokal tentang gaya hidup.
Merupakan sebuah konsep untuk mencapai keselarasan, sak madya muncul sebagai adaptasi masyarakat Jawa yang beralih dari peradaban Hindu ke peradaban Islam. Hal ini membuat sak madya bukan hanya mewujud dalam gaya hidup, tapi juga merupakan sebuah cara berpikir ala orang Jawa yang serba di tengah-tengah atau di posisi antara (yang bisa juga disebut liminal). Ini menjelaskan kenapa masyarakat Jawa punya konsep sak madya, tapi longgar di arsitektur dan interior. Pertentangan antara sinkretisme Hindu dengan ajaran Islam menyisakan sistem klasifikasi simbolik dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa yaitu sukma dan raga yang kemudian muncul dalam arsitektur khas Jawa (masyarakat Jawa mengenal 5 tipe bangunan sesuai fungsi dan status sosial penghuninya).
Perjalanan munculnya sak madya memang membuat konsep ini menjadi sulit dipahami dan tak populer. Generasi sekarang lebih mengenal zen dan gaya hidup ala masyarakat Barat karena lebih solid dan sederhana. Tapi jika dipraktikkan, dengan mengacu pada klasifikasi sukma dan raga, sebenarnya nggak rumit-rumit amat dan relevan dengan modernitas.
Decluttering dalam budaya modern masyarakat barat sebagai wujud gaya hidup minimalis misalnya, ini sangat sesuai dengan gaya hidup sak madya (klasifikasi raga). Decluttering kurang lebih artinya adalah membuang benda-benda yang sudah tidak dipakai lagi dan tidak dibutuhkan, simpan yang dibutuhkan, dan secukupnya saja.
Sementara sak madya klasifikasi sukma saat melakukan decluttering adalah adalah ketika kita memutuskan mana barang yang dibutuhkan dan mana yang sebenarnya karena keinginan (beli saat sale, padahal tak butuh, misalnya). Proses pengambilan keputusan saat decluttering inilah yang memaksa kita mendefinisikan kata “cukup”, kemudian memahami konsep sak madya seperti apa yang sesuai dengan kita.
Berbeda dengan konsep zen dan minimalis ala budaya Barat, sak madya lebih cair dan personal. Konsep ini bagi setiap orang berbeda, tidak bisa dibuat standarisasi baku, karena itulah sak madya menjadi gaya hidup dan bukan sekadar gaya.