Bertemu suku Kajang merupakan pengalaman yang menyenangkan!
Suatu hari jelang Iduladha tahun 2019, datang pesan WhatsApp dari seorang kawan, sebut saja Imran. Katanya ia dan rombongan pemuda desanya hendak mengunjungi kawasan adat Ammatoa Kajang dan membutuhkan seorang yang bisa menjadi penerjemah cum penunjuk jalan.
Kebetulan si Imran ini tahunya bahasa Bugis, bahasa yang jamak digunakan di sebagian wilayah Bulukumba bagian Barat. Sedangkan saya fasih bertutur Konjo, bahasa yang mendominasi perbincangan masyarakat di wilayah Bulukumba bagian timur.
FYI, kawasan adat Ammatoa Kajang terletak di wilayah timur Kabupaten Bulukumba. Secara administratif, merupakan bagian dari Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Lokasinya bertetangga dengan kecamatan tempat saya tinggal. Butuh sepenanakan nasi dari rumah menuju kawasan tersebut dengan menggunakan sepeda motor.
Singkat cerita, kami sepakat bertemu di pintu masuk kawasan adat sehari setelah perayaan Iduladha. Sebelum memasuki kawasan, pengunjung wajib lapor kepada kepala desa dengan menyebutkan maksud dan tujuan kedatangan. Sekalipun kawasan adat dibuka untuk para wisatawan, adab bertamu wajib dijunjung tinggi.
Kawasan adat Ammatoa Kajang memiliki wilayah yang terpisah dengan daerah di luarnya. Penandanya sederhana, peralatan modern seperti listrik dan kendaraan bermotor dilarang memasuki wilayah adat. Pengunjung wajib mengenakan pakaian serba hitam dan mesti berjalan tanpa alas kaki selama berada di dalam kawasan. Kalau di Jawa, mungkin mirip-mirip masyarakat Baduy kali, ya.
Ketika rombongan kami melangkah menuju rumah Ammatoa yang memang biasa digunakan untuk menerima tamu, saya bertanya kepada Imran, kenapa secara mendadak ingin berkunjung ke sini.
“Bukan saya yang mau sekali ke sini, ka pernah ma saya. Ini anak-anak ka ee, belum pi pernah masuk di sini. Ada juga anak-anak yang katanya penasaran karena sudah na baca di artikel, Kajang beng terkenal doti-doti-nya (santet), bisa bikin lembek kepalanya orang,” katanya panjang lebar.
Saya yang mendengar jawaban Imran tidak kaget-kaget amat. Memang, suku Kajang sering dilekatkan pada hal-hal berbau mistis. Cerita ini banyak beredar di wilayah luar Kajang dan diterima begitu saja sebagai sebuah kebenaran. Makanya, jika ada orang Bulukumba bepergian ke luar daerah dan menyebutkan berasal dari Kajang, meskipun kadang tidak berasal dari situ, orang-orang bakal takut. Nanti dibikin lembek kepalanya. Hehehe.
Ada raut ketakutan di sebagian wajah kawan-kawan saya yang masih memercayai stigma itu. Apalagi suasana lembap kawasan adat dengan hutan di sebelah kanan, rumah-rumah panggung yang berjarak, dan awan mendung bikin suasana terasa kaku dan agak mencekam. Namun, sesampainya di rumah Ammatoa, perasaan kawan-kawan saya tiba-tiba berubah.
Memasuki pintu rumah, usai menaiki sejumlah anak tangga dari kayu, kami dipersilakan duduk. Rumah adat Ammatoa Kajang memiliki tata ruang yang unik. Dapur ditempatkan bersebelahan dengan ruang tamu yang bermakna: apa yang dimakan oleh tuan rumah sama dengan para tamu. Ada prinsip kamase-mase atau kesederhanaan, sekaligus penghargaan bagi para pengunjung. Tidak membeda-bedakan apakah yang datang hanya warga biasa atau seorang pejabat dari kota.
Saat itu, kami berkesempatan bertemu langsung dengan pemimpin adat yang disebut Ammatoa. Sesuatu yang jarang didapatkan para pengunjung di hari-hari lainnya lantaran Ammatoa punya banyak kesibukan. Biasanya, para tamu-tamu hanya ditemui oleh Galla Puto yang didapuk sebagai juru bicara adat dan memang fasih berbahasa Indonesia.
Di hadapan kami dan beberapa tamu lainnya tersaji berbagai macam kue, dari yang tradisional hingga yang berkaleng Khong Guan. Ada juga minuman Sprite, Coca Cola, dan Fanta. Ammatoa secara langsung mempersilakan para tamunya mencicipi makanan dan minuman tersebut.
“Tabe’, kita minum dan makan mi ki. Kebetulan kan sudah lebaran di luar toh, jadi kami sediakan ini untuk para tamu,” ucapnya yang sudah saya alihbahasakan.
Ammatoa kemudian menanyakan kepada para tamu tujuan mereka berkunjung. Sebelum rombongan kami, seorang ibu menjawab dengan sopan. Ia meminta Ammatoa mendoakan anaknya yang baru lulus kuliah agar dimudahkan mendapatkan pekerjaan. Ada juga seorang bapak yang berharap doa dari Ammatoa memuluskan usaha perahunya yang sempat dilanda kebangkrutan.
Ketika mendapat giliran, saya mencolek seorang kawan yang penasaran tentang stigma bikin kepala lembek itu untuk bertanya. Namun, ia berbisik ke saya.
“Kamu mi saja yang bertanya, kayaknya salah itu artikel yang kubaca. Mana ada orang bisa bikin lembek kepala tapi na jamu tamunya dengan baik begini,” ucapnya.
Sambil tertawa dalam hati, saya akhirnya mengajukan pertanyaan yang umum saja seperti cara suku Kajang berhubungan dengan sesama manusia dan alamnya. Ammatoa menjawab dengan menyebutkan berbagai pasang (pesan). Lantaran kepanjangan kalau dijelaskan, lebih baik saya tuliskan di artikel lain saja. Intinya, masyarakat adat Ammatoa Kajang memiliki cara hidup yang begitu menghargai ciptaan Tu Rie’ A’ra’na (Tuhan Yang Masa Kuasa).
Perbincangan kami dengan Ammatoa tidak bisa berlangsung lama, sebab di belakang kami masih ada tamu lain yang hendak bertemu sang pemimpin adat. Rombongan kami pulang dengan perasaan lega dan diantar oleh senyuman ramah masyarakat adat suku Kajang di sepanjang jalan berbatu di dalam kawasan. Yah, kepala kami pun tak ada yang lembek, malah perut jadi kenyal karena diisi makanan dan minuman gratis.
Sumber Gambar: YouTube HashiTubeHD