Membayangkan Betapa Beratnya Jadi Tim Kreatif Upin dan Ipin  

5 Perbedaan Upin dan Ipin Dulu dengan Sekarang

5 Perbedaan Upin dan Ipin Dulu dengan Sekarang (Instagram Upin Ipin Official)

Saya nggak bisa bayangin betapa berat kerja tim kreatif Upin dan Ipin

Jika ada pertanyaan apa yang membuat seseorang betah nonton serial animasi, tentu salah satu jawabannya adalah faktor jalan cerita. Apalah arti karakter yang gagah memesona jika jalan ceritanya penuh cela. Karater yang cantik pun akan kalah dengan jalan cerita yang menarik.

Di antara banyak serial kartun animasi yang tayang di televisi, salah satu yang memiliki jalan cerita menarik adalah Upin dan Ipin. Maaf, saya sudah mencoba untuk memikirkan animasi buatan anak negeri. Tapi, susah sekali menemukan barang sebiji aja, animasi yang mampu menyaingi jalan cerita Upin dan Ipin. Tak heran jika serial Upin dan Ipin mampu berumur panjang. Hingga saat ini, sudah mencapai 543 episode. Wow.

Berbicara tentang kesuksesan serial Upin dan Ipin, tentu tidak lepas dari peran tim kreatifnya. Tanpa tangan dingin mereka, tak akan ada episode-episode seru yang selalu kita tunggu. Lantas, apakah jadi tim kreatif dari sebuah serial yang sukses itu menyenangkan? Bisa auto cuan? Hmm, tidak semudah itu, Ferguso.

Rentan stres

Dalam bayangan saya, risiko pertama yang sangat mungkin muncul ketika jadi bagian dari tim kreatif Upin dan Ipin adalah rentan stres. Bagaimanapun juga, tim kreatif bukanlah suatu pekerjaan yang berdasarkan pada kekuatan fisik melainkan kemampuan mental untuk menghasilkan ide ataupun inovasi. Sayangnya, menjadi kreatif tidaklah mudah.

Terbukti, hasil studi Badan Ekonomi Kreatif RI (BEKRAF) bersama BPS di tahun 2016, mengungkap bahwa 1/3 dari pekerja di industri kreatif mengalami overwork. Akibatnya, para pelaku industri kreatif ini mengalami creative burnout akibat aktivitas kreatif, hingga stress berkelanjutan.

Gimana nggak stres? Sebagai serial animasi populer, Upin dan Ipin sudah kadung membuat publik jatuh cinta. Cinta yang membuat publik menaruh harapan tinggi di setiap episode terbaru Upin dan Ipin. Dan kalian tahu? Bekerja di bawah bayang-bayang ekspektasi yang tinggi itu seperti membawa batu besar di pundak. Abot, Nder. Abot. Kepleset sedikit, auto dirujak.

Belum kalau bicara soal betapa banyak penghargaan yang sudah pernah diraih oleh serial Upin dan Ipin. Dengan kondisi yang demikian, tentu mencipta jalan cerita tak bisa sembarangan. Sementok-mentoknya ide, nggak mungkin tim kreatif bikin jalan cerita Upin koma di rumah sakit trus Ipin joged TikTok biar Upin bangun. Atau, tentang betapa kagetnya Opah melihat Kak Rose masak boneka Hello Kitty. Ups. Kek kenal.

Mikir terus

Maka, demi menjaga kualitas, tim kreatif dituntut untuk mikir terus. Kira-kira, ini si kembar botak mau diapain lagi? Diubah jadi pensil, buku hingga pohon, sudah. Disetting ada lomba di sekolah, perayaan di kampung sampai misi luar angkasa juga sudah. Hayo, coba pikir, mau dibawa kemana lagi si kembar ini?

Nah, demi menemukan jalan cerita yang menarik itulah, bukan tidak mungkin tim kreatif melakukan sesuatu yang di luar nayla. Misal, sengaja nongkrong di depan PAUD, main bareng bocil di kompleks rumah hingga ngobrol random sama keponakan. Siapa tahu ada polah atau celetukan mereka yang bisa diangkat jadi cerita. Pokoknya judulnya, mikir, mikir, mikir.

Risiko kesehatan

Dalam bayangan saya, menjadi bagian dari tim kreatif juga harus rela berdampingan dengan berbagai risiko kesehatan. Maklum, jam kerja pekerja kreatif memang tidak bisa disamakan dengan divisi lain di kantor.

Umumnya, pekerja kreatif diberi kewenangan untuk mengatur waktu kerjanya sendiri dan tidak terikat jam kantor. Enak, sih, bisa fleksibel. Namun di sisi lain, kebebasan mengatur waktu kerjanya sendiri ini juga menjadi sumber kerentanan yang lain. Kadang, para pekerja kreatif ini bisa bekerja 24 jam. Kadang saat yang lain tidur, mereka malah kerja, begitu pula sebaliknya. Alhasil, metabolisme dalam tubuh jadi terganggu.

Kebiasaan tersebut diperparah dengan pola makan yang tidak sehat. Alih-alih makan makanan bergizi, malah lebih memilih kopi, katanya sih untuk mencari inspirasi. Wah, selamat datang GERD dan kawan-kawan.

Bangga

Meskipun demikian, dalam bayangan saya, menjadi bagian dari tim kreatif Upin dan Ipin tentu sebuah kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak? Serial animasi ini begitu dicintai oleh semua kalangan usia dari berbagai negara. Siapa yang tidak bangga?

Kebanggaan itu juga pasti dirasakan oleh orang-orang di sekitar tim kreatif. Terutama, para bocil. Kalian masih ingat dengan salah satu episode Upin dan Ipin di musim ke-7, yang berjudul Kembara Kembar Nakal? Ituloh, soal komik Kembara Kembar Nakal yang ternyata digambar oleh Kak Ros. Saat mengetahuinya, Upin dan Ipin jadi petentang petetenteng saking bangganya. Bayangkan, komik yang digandrungi anak-anak, digambar oleh kakak mereka!

Maka, bukan tidak mungkin kebanggaan yang sama juga akan dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitar tim kreatif Upin dan Ipin. Meskipun, yah, tak ada makan siang yang gratis. Kebanggaan itu harus dibayar dengan kemumetan memikirkan jalan cerita tiap episodenya.

Sehat-sehat selalu tim kreatif Upin dan Ipin

Penulis: Dyan Arfiana Ayu Puspita
Editor: Rizky Prasetya

BACA JUGA Tok Dalang, Crazy Rich Kampung Durian Runtuh yang Serbabisa

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Exit mobile version