fbpx

MOJOK.COManfaat teh hijau itu nggak cuma buat melangsingkan saja. Masih banyak manfaat yang perlu kamu ketahui, pelajari, dan dilakukan. Teh hijau mahal? Huh, miskin!

Beberapa bulan yang lalu, saya dikasih hadiah sama Kepala Suku Mojok, Puthut EA. Beliau menghadiahi saya sekotak teh hijau. Kata beliau, “Diminum, nih. Biar cepet kurus.”

Sebuah hadiah yang bikin hati ini semringah. Namun, setelah sekotak teh hijau itu hampir habis, perut saya ya tetep njembling. Lha wong olahraga saya nggak tertib blas. Semuanya tergantung cuaca dan tentu saja niat. Satu hal berharga yang saya pelajari dari kejadian ini adalah manfaat teh hijau nggak cuma buat melangsingkan badan aja. Apalagi kalau nggak disambi olahraga.

Nah, meskipun saya gagal membentuk perut roti sobek seperti Jonatan “Jojo” Christie, kamu jangan lantas skeptis sama teh hijau. Ada banyak manfaat teh hijau yang perlu kamu ketahui. Nggak cuma soal mau langsing. Ingat, perut “bapak-bapak prenagen” juga lucu kok. Ipel-ipel dan cocok banget jadi ganjel pintu bagian bawah ketika hujan deras. Absorbent banget.

Manfaat yang pertama adalah mengobati jerawat. Beberapa orang rela menghabiskan uang ratusan ribu untuk membeli krim atau obat jerawat. Belum tentu berhasil lagi. Nah, salah satu manfaat teh hijau adalah mengobati jerawat. Kok bisa?

Tahukah kamu, katekin di dalam teh hijau sangat berguna untuk mengobati jerawat. Katekin ini sifatnya anti-bakteri, mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti-inflamasi. Ada tiga cara memaksimalkan manfaat teh hijau untuk jerawat; diminum secara rutin, dipakai sebagai masker, dan buat cuci muka. Penjelasan lebih lanjut silakan dibaca di sini.

Baca juga:  Alasan Perempuan Tidak Mengakui Usahanya Mempercantik Diri

Manfaat kedua yang sungguh menarik adalah menjadi salah satu alternatif menurunkan risiko diabetes. Kamu tahu sendiri kalau diabetes itu salah satu penyakit sungguh merepotkan.

Untuk menurunkan risiko diabetes, caranya sangat gampang. Kamu tinggal minum teh hijau secara rutin. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan kalau orang yang rutin minum teh hijau akan menurunkan risiko diabetes hingga 42 persen. Tentunya, kalau minum teh hijau jangan dicampur gula. Ini sebaiknya saja. Kalau mau pakai ya nggak papa tapi jangan berlebihan.

Baiklah, iya, iya, salah satu manfaat teh hijau memang membantu diet, melangsingkan badan. Kok bisa begitu tanya kamu?

Pertama, teh hijau meningkatkan pembakaran lemak. Ketika olahraga, ganti minuman berenergi dengan teh hijau. Minuman ini akan meningkatkan jumlah lemak yang terbakar.

Kalau menurut penelitian, pembakaran lemak dengan memaksimalkan manfaat teh hijau bisa sampai 17 persen. Di samping lemak yang lebih banyak terbakar, teh hijau akan membantu tubuhmu meningkatkan metabolismenya. Proses menurunkan berat badan menjadi lebih terbantu.

Selain itu, teh hijau juga membantu tubuhmu membakar lemak abdominal. Apa itu? Lemak abdominal adalah lemak yang bersarang di bawah kulit perut. Lemak abdominal ini jahat karena memicu peradangan dalam tubuh hingga penyakit jantung. Nah, teh hijau, ditambah olahraga secara teratur dan pola makan yang baik, akan membantu tubuhmu membakar lemak abdominal.

Baca juga:  Udah Bayar Nge-gym dan Personal Trainer, Malah Nggak Kerasan

Sebetulnya, manfaat teh hijau itu masih banyak. Namun, di sini saya pilihkan yang dekat sama kamu. Tujuannya biar kamu lebih niat olahraga sambil minum teh hijau. Nggak lucu ya? Biarin.

BACA JUGA Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang atau tulisan menyegarkan lainnya di PENJASKES.



Tirto.ID
Loading...

No more articles