Ramadan pun berlalu. Layaknya engkau, aku, bapakmu, serta nenekmu, semua hanya akan menjadi kenangan. Kini, lebaran adalah momen kemenangan kolesterol yang so pasti dirayakan banyak orang. Selain duit THR ambles, tiba saatnya kamu semuwa saling memaafkan. Walau hatimu yang penuh sarang laba-laba masih dipenuhi KPLSWN.

Madam sendiri tak luput dari kesalahan. Meski wajah yang cantik ini akan menyelamatkan, tak ada salahnya kita simak bagaimana ilustrasi berbagai karakter zodiak dalam menyambut (atau menangkis) permintaan maaf lebaran.

“Sebening voka, seputih kokain ….” Mati aja u semua kalo masih pake template yang kayak begitu~

Grow up, Guys.

Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Seorang Gemini gemar akan pembaruan. Mereka akan berharap kalian meminta maaf atas hal-hal yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Ini tentu saja membuka banyak kemungkinan, kalian bisa membangun kolam renang yang dipenuhi kacang pilus kesukaannya, atau menjahit boneka monumental dengan teknik nano-nuclear, bahkan sekadar mengirim 37 galon emas berisi BBM ke rumah si dia.

Pokoknya cari hal baru yang terlihat mengekspos kepintaranmu. Kalau kamu tidak pintar, ya berusahalah terlihat kaya.

Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Cancer ibarat akar bayem di rawa-rawa. Begitu soft bergoyang-goyang sangat pasrah dibawa angin dan lumpur. Mereka tak perlu permintaan maaf dengan skala besar sampai melibatkan liputan stasiun televisi. Mereka hanya mengharapkan hal-hal kecil yang manis sebagai gestur permintaan maafmu.

Perhatikan detail dan lakukan aksi yang sederhana. Contoh, bawain nasi goreng dari New York sambil selipkan kartu, “Alis kamu bagus. Aku perhatiin udah numbuh 2 centi sejak kemarin sore, ya. Maafin aku dan selamat lebaran bareng keluarga. :)”

Bagaimana? Suatu ilustrasi yang mantap soul, bukan?

Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Nah ini, zodiak yang paling pengen diperhatiin sedunia. Kaum Leo berharap kamu melakukan sesuatu yang ‘wah’ untuk mengejutkan mereka. Karena mereka juga tak akan ragu melakukan apa pun untukmu. Saatnya kamu membalas perhatian dan afeksi mereka dengan segenap tenaga. Kalau perlu, sewa spanduk sepanjang jalur Pantura dipasangi mesin kembang api yang mampu meledak 3 jam sekali:

“MAAFIN AKU, YA. AKU SALAH, KAMU BENER. DARI KUPLAI, KOMUNITAS REPTILE LOVERS SEKTOR RAWA LUMBU & MAGETAN”.

Virgo (23 Agustus – 22 September)

Zodiak yang satu ini punya sifat perfeksionis dan cerewet. Mereka akan mempertimbangkan 1001 hal hanya dari satu masalah. Cara yang bisa kamu terapkan untuk minta maaf sama Virgo tahun ini adalah dengan menulis surat disertai amplop buatan sendiri, cek EYD, dan tembusan, serta daftar pustakanya.

Baca juga:  Jalan Tol Cipali dan Pedagang Kecil Pantura yang Dicampakkan

Kalau kamu minta maaf, sebaiknya yang runut dan jelas kerangka ceritanya. Jangan coba-coba bercanda. Tatap matanya dengan serius, bicaralah dengan lancar, dan salim padanya sebelum pamit dan melakukan kesalahan lagi di menit berikutnya.

Aduh, dasar manusia, tempatnya salah dan dosa~

Libra (23 September – 22 Oktober)

Sesuai dengan simbolnya yang berbentuk timbangan, idealisme Libra adalah ingin adil sejak dari pikiran. Tapi seperti yang kita sama-sama tahu, di pasar bebas begini, timbangan juga banyak dimodifikasi untuk kecurangan. Itu pula yang membuat kaum Libra jadi susah ditebak. Tapi, pada dasarnya, mereka penyayang dan mudah menyesuaikan diri. Alias, sebagian dari mereka akan mudah menerima maaf, dan sebagian lagi bakal gak peduli dan pasang muka badak.

Apa pun itu, Libra punya karakter super-chill. Asalkan kamu mampu menyampaikan maafmu dengan penjelasan yang tidak berbelit-belit.

Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Mereka para ekor kalajengking-mania sesungguhnya adalah orang-orang yang sulit mengungkapkan perasaan. Saking dalemnya, sumur bor juga gak cukup jauh untuk menyelami emosi para Scorpis. Walaupun dalam hati mereka sangat setia kawan, Scorpio selalu punya prasangka terburuk sebagai mekanisme pertahanan dirinya.

Rasa curiga akan selalu membayangi (udah kayak mental kriminal aje, nih~). Senjata terbaik kamu untuk memohon maaf dari seorang Scorpio adalah: ketulusan. Mereka punya insting tajam, dan cenderung pendendam.

Jadi, kalau kamu punya salah sama orang-orang ini tapi gak PD menghadapi mereka, sebaiknya kamu mengantarkan permintaan maafmu diiringi dengan kemampuan hipnotis.

Fyi, Madam pernah liat pengumuman kursus kilat hipnotis di Bekasi. Selamat mencoba~

Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Mulut Sagitarius adalah wadah sambal nusantara. Mereka cenderung terus terang dan berkata jujur, walaupun pedasnya menohok lambung. Para Sagitarian menghindari drama, jadi sebaiknya kalau kamu punya salah sama mereka, sampaikan permohonan maaf dengan singkat dan lugas. Macam surat SP dari kantor. Pedas dibalas pedas. Sekalian pada bawa mangga muda dan pesta rujak aja buat lebaran.

Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Dikenal sebagai orang yang ulet, tetapi penuh rasa pesimis. Pasif-agresif gitu, deh~ Kira-kira begini ilustrasinya:

“Aku mau minta maaf. Kamu mau kan maafin aku?”

Capricorn: “Aku mau, tapi aku ga mau~”

“Lah, gimana sih? Jadi enaknya gimana, dong?”

Capricorn: “Xixixixixi, cium dulu dong, ah~ Eh, tapi aku juga malu…”

(Ulangi, sampai void lebaran tahun depan)

Sekian.

Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Walaupun pandai bergaul, mereka yang ada di bawah naungan Aquarius punya perasaan halus dan gampang tersinggung. Jangan coba-coba mengirim kartu permintaan maaf yang kalian tulis dengan indah tapi menggunakan darah ayam. Apalagi jika kartu itu kalian buang di depan mukanya demi alasan mengirit ongkos perangko.

Baca juga:  Lingkaran Setan Pencurian Sandal di Masjid

Pujilah mereka dengan tulus dan langsung sampaikan permintaan maafmu. Atau foto kalian nanti diam-diam akan dijadikan objek percobaan tusuk jelujur oleh yang bersangkutan …. Hiii, seram~

Pisces (19 Februari – 30 Maret)

Pisces punya hati yang terbuat dari porselen. Sekali gocek bisa ambyar, dan itu pula yang menjadikan mereka gampang terharu. Lambang ikan, secara cocoklogi, bisa kita artikan punya ingatan pendek yang mempengaruhi mood mereka. Pendiriannya seringkali berubah seiring daun-daun berguguran~

Cara terbaik memohon maaf mereka adalah dengan teks panjang yang kamu kirim 3x sehari layaknya peringatan minum obat. Memastikan mereka berulang-ulang membaca apa yang kamu tulis akan membantu mereka mengingat bahwa kamu sudah layak dicoret dari daftar death note mereka. Kalau bisa jangan minta maaf doang, kirim parsel bisa kali ….

Mbok minta maaf tuh selain tulus ya MODAL gitu~ Hehehe.

Aries (21 Maret- 19 April)

Aries dikenal sebagai pemberani dan tangguh di kelasnya. Sayang, sifat keras kepala menjadikan mereka sebagai salah satu zodiak yang agak sulit menerima permintaan maafmu. Begini ilustrasinya:

“Maafin aku, ya”

Aries: (Tangan terkepal)

“Please, ini lebaran, dan aku cuma mau minta maaf soal kabur dari bayar bon waktu itu ….”

Aries: (Muka merah, hidung kembang kempis)

“Salaman, yuk …. Biar sama-sama afdol.”

Aries: (Mengulurkan tangan kanan untuk berjabat, tapi jari tengah di tangan kiri naik)

Sekian~

Taurus (20 April – 20 Mei)

Taurus paling anti dapet perintah. Sesungguhnya mereka telaten dan orang-orang yang sabar, tapi kalau mengamuk, gerobak juga bisa dilipet! (APAAN BANGET~).

Jadikan pemintaan maafmu adalah permintaan maaf paling persuasif di dunia. Kalau perlu, iming-imingi mereka dengan voucher ZARA atau kupon sembako. Tidak usah banyak bullshit, karena mereka bisa berubah sinis kalau merasa dipapari kebohongan.

Kumpulkan modal nekat dan senyum lebar, tepuk bahu mereka, dan ucapkan maafmu dengan tulus. Kalau kurang PD, langsung berikan juga harta benda dan BPKB motormu (temen apa begal, Bang?). Lagian, siapa suruh kamu cari masalah sama orang-orang loyal macam mereka~

Selamat lebaran, selamat liburan. Luangkan waktumu untuk mereka yang juga menyayangimu.

Selamat tinggal, Ramadan.

Mari kita songsong ekonomi kerakyatan dengan hati yang baru. Love you all, Muggle. Muach~

Komentar
Kirim Artikel
No more articles