• 131
    Shares

MOJOK.COTidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2018. Mari, bersama Karjo memanggil kembali (((kenangan))) mengenai film terburuk di tahun 2018 untuk kita (((hujat))) bersama-sama.

Sudah menjadi tradisi di Mojok, menjelang akhir tahun semua kru ditugaskan untuk menulis satu artikel. Semua kru. Tanpa terkecuali. Jadi kalo selama ini yang dipusingkan dengan urusan harus menulis apa itu cuma redaktur, menjelang akhir tahun kepusingan ini dibagi rata ke semua kru, termasuk admin medsos yang kebetulan posisi ini dipegang oleh saya.

Urusan membuat caption untuk IG atau ngetweet mungkin adalah perkara mudah bagi saya. Tapi tidak halnya dengan membuat tulisan yang (lumayan) panjang. Selain sudah lama tidak menulis panjang, saya juga sebenarnya sangat malas menulis panjang-panjang karena hidup itu pendek, rasa malas lah yang panjang~

Sempat saya lihat beberapa redaktur tertawa secara sembunyi-sembunyi saat mereka melihat saya kebingungan harus menulis apa. Saya yakin dalam hati mereka berujar, “Dipikirnya nulis artikel tuh gampang kayak ngetwit. Mamam~”

Karena kebetulan di kantor saya juga dikenal sebagai seorang pencinta sinema (padahal nggak cinta cinta amat), saya lalu didapuk untuk menulis artikel tentang film. Setelah dirundingkan, akhirnya saya (terpaksa) harus menulis daftar 7 film yang saya anggap terburuk sepanjang tahun 2018.

Pemilihan tema ini memunculkan masalah baru. Masalahnya adalah sepanjang 2018 saya hanya beberapa kali menonton film baru yang dirilis tahun ini. Saya lebih memilih mengulang menonton film-film lama atau menonton film-film yang dirilis pada tahun-tahun sebelumnya ketimbang datang ke bioskop untuk menonton film baru.

Baca juga:  5 Hal yang Sering Diucapkan Seorang Movie Snob, Kamu yang Mana?

Tapi nasi sudah menjadi kesepakatan bersama. Mau nggak mau saya harus menulis artikel yang dibebankan pada saya. Tanpa berlama-lama lagi, inilah… 7 Film terburuk di tahun 2018:

1. Dilan 1990…

… yang ditonton pas baru aja putus. Ya kalian bayangin aja, kalian baru putus, katakanlah, 1 atau 2 jam yang lalu, kemudian kalian menonton Dilan yang menyajikan kisah cinta menye-menye anak sekolahan dengan dialog-dialog yang berpotensi menyebabkan diabetes kronis karena berkadar gula jauh di atas normal. Baru putus trus liat anak-anak kemaren sore ngomong soal cinta. Tentu akan jadi salah satu (((cinematic experience))) terburuk di 2018.

2. Avengers: Infinity War…

… yang ditonton pas bioskopnya sedang terbakar. Oke. kalian lagi nonton Avengers: Infinity War. Film baru jalan 30 menit trus tau-tau di layar muncul gambar cewek tertawa. Trus layarnya kebakar. Trus tau-tau ada ledakan di sana-sini. Semua orang panik. Ternyata bioskop sengaja dibakar sebagai bagian dari rencana untuk membunuh para petinggi Nazi. Eh, bentar, ini kayak film apa, ya?

3. Si Doel the Movie…

… yang diputer pake dubbing bahasa Rusia dan teks bahasa Cina. Gimana? Udah layak masuk daftar film terburuk, belum?

4. Bohemian Rhapsody…

… yang ditonton setengah jam sebelum deadline kerjaan. Bukan saja ini jadi film terburuk di 2018, tapi bisa juga jadi salah satu keputusan terburuk di 2018. Udah tau hampir deadline bukannya nyelesain kerjaan malah nonton film. Prioritas, plis~

Baca juga:  5 Hal yang Sering Diucapkan Seorang Movie Snob, Kamu yang Mana?

5. Incredibles 2…

… yang ditonton bareng mantan…

… sama suaminya…

… dan kedua anak mereka…

… mamam~

6. Jailangkung 2…

… yang ditonton di theater yang isinya cuma kamu. Sendirian. Trus di kursi sebelah kananmu ada tungku kecil yang isinya kemenyan dibakar lengkap dengan potongan kelopak bunga yang berserakan di sekitar tungku. Sementara di kursi sebelah kirimu ada sosok perempuan berambut panjang yang cuma duduk diam menatap lurus ke arah layar. Wajahnya pucat dan tertutup kain tipis transparan yang juga jadi penutup kepalanya. Sepanjang film diputar, perempuan itu mengeluarkan suara tangisan lirih.

7. Black Panther…

… yang diputer di bioskop tapi gambarnya cuma ditampilkan dengan ukuran 1/300 kali ukuran layar bioskop.

Demikianlah daftar 7 film terburuk di 2018. Sebenernya masih banyak film-film terburuk lain yang dirilis di 2018 tapi saya jadi ingat pesan guru ngaji saya dulu bahwasanya tidaklah baik membicarakan keburukan seseorang (atau dalam hal ini sesuatu) maka dengan demikian sebaiknya kita lupakan saja film-film terburuk di 2018 ini dan bersiap menyambut datangnya film-film terburuk di 2019 nanti. Gaaaassss~

  • 131
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles