MOJOK.COSelebritas Franda marah banget nama anak “Zylvechia” yang dia buat khusus putrinya dicontek ortu lain.

Perihal pemilihan nama buah hati, memang menjadi masalah mudah tapi sulit bagi setiap orang tua. Pasalnya, pemilihan nama ini biasanya tidak hanya harus memuaskan hati orang tua tapi juga para kakek-nenek—kalau perlu sanak saudara dan handai taulan lainnya. Ada sebuah kepentingan bagi mereka untuk memastikan bahwa nama cucunya tersebut bisa membawa barokah, atau minimal tidak membuat malu keluarga.

Ngomong-ngomong soal pemberian nama untuk anak, beberapa hari lalu ada seorang artis yang marah-marah karena nggak terima nama anaknya dijiplak oleh seorang ibu dan diberikan ke anaknya. Pasalnya, bagi artis ini, ia sudah betul-betul memikirkan nama tersebut dengan matang-matang sebagai persembahan untuk putrinya. Sebuah persembahan yang teracik supaya nama yang diberikan tersebut tidak ada satu pun yang menyamai, alias unik, cantik, dan nggak pasaran. Supaya nama yang ia berikan pada anaknya benar-benar terasa spesialnya.

Eh, sudah capek-capek mikir, ujug-ujug malah ada yang njiplak begitu saja. Apalagi umur keduanya hampir sama lagi. Tentu saya, si artis bernama Franda, istri dari Samuel Zylgwyn ini marah-marah. Ia nggak terima. Dan ngelabrak orang tua Zylvechia Kimberly yang namanya sama dengan nama putrinya tersebut melalui DM Instagram—karena merasa nggak cukup di kolom komentar—akun @zylvechia_kimberly, seperti ini,

“Seriously your baby doesn’t deserve that name!!!! Saya bikin sendiri nama itu, nggak cari dari buku atau manapun. Saya BIKIN SENDIRI. Berusahalah cari nama bagus unik yang GA ADA ORANG PUNYA buat anak saya. Terus kamu NYOLONG nama itu buat anak kamu ang umurnya nggak jauh dari anak saya. Plek setulisannya, plek sepanggilannya dan kalian kelihatan bangga sekali. Ngerti nggak rasanya kayak apa sakitnya?”

“Sebagai orangtua pasti tau kan rasanya pengen kasih terbaik buat anak kita? Nama ZYLVECHIA itu persembahan saya buat anak saya. Berbulan-bulan waktu hamil berusaha bikin-bikin nama, cari yang terbaik buat anak saya yang nggak ada orang punya. Terus kalian dengan gampangnya ambil gitu aja.”

Lantaran mendapat labrakan dari sang artis, ayah dari Zylvechia Kimberly pun angkat bicara. Ia menyatakan kalau sebetulnya tidak berniat menamakan anaknya dengan Zylvechia—nama yang sama dengan anaknya Franda. Sebetulnya si ayah sudah punya nama lain yang diinginkan. Akan tetapi, karena si ibu ngefans sama anak Franda dan suka sama namanya, mereka pun memberi nama Zylvechia.

Iya, saudara-saudara. Ini memang perkara satu kata dalam nama. Bukan kesamaan nama panjang, seperti yang saya kira di awal.

Yaaa, bisa dipahami kalau Franda marah-marah dan nggak terima. Bagaimanapun juga persoalan pencarian nama adalah sebuah proses kreatif untuk menemukan nama-nama yang paling aduhai untuk disematkan pada si anak. Kalau menurut dr. Jiemi Ardian sih, marah-marahnya Franda karena dia udah kepentok keselnya dan pengin bisa mengendalikan pihak lain, meski pada nyatanya memang nggak bisa.

Namun, apa yang dilakukan oleh Franda ini tidak dapat dibenarkan juga karena dianggap terlalu berlebihan. Apalagi sampai bilang, ”…your baby doesn’t deserve that name.” Hadeeeh, ini memang anaknya sesuci apa, sih? Sampai harus memperlakukan anak orang lain segitunya. Cuma perkara nama doang loh, ini~

Lantaran banyak netizen yang nggak terima dengan perlakuan Franda yang dianggap lebay ini, akhirnya mereka jadi malah nyindir-nyindirin. Sindiran netizen dilakukan dengan tanya-tanya baik lewat DM maupun kolom komentar artis-artis yang lagi punya anak kecil: Apakah kalau mereka punya anak nanti boleh ngasih nama yang sama dengan nama dari anak artis-artis tersebut?

Tentu saja jawaban yang diberikan, “boleh-boleh saja”. Pasalnya, kalaupun nama anaknya ditiru, bukannya membuat nama si anak menjadi tidak spesial lagi. Justru hal ini malah mengesankan bahwa nama si anak telah menjadi inspirasi bagi para calon orang tua yang lain. Syukur-syukur kalau dianggap nama tersebut membawa berkah. Lha wong Ibunya Nabi Isa, Siti Maryam, nggak pernah protes kalau nama anaknya malah dipakai begitu banyak orang di seluruh dunia.

Btw, pemberian nama memang cukup ribet. Sampai-sampai, untuk mencicil keribetan ini, ada yang berusaha meracik dan mengolahnya pas masih pacaran sama pasangan. Memikirkan dengan serius nama yang akan diberikan. Tapi sayangnya, meski sudah susah-suah mikirin nama calon anak mereka. Eh, ndilalah, keduanya malah nggak nikah.

Dan yang bikin kesel ketika si mantan sudah nikah dan ngasih nama anaknya justru dengan nama yang sudah susah-susah dipikirkan bareng sama mantan pacar dulu kayak Mbak ini. Kan kesel, ya! Bikin nama anaknya sama siapa, bikin anaknya sama siapa….

BACA JUGA Betapa Ribetnya Nama Anak-Anak Masa Kini dan tulisan Audian Laili lainnya



Tirto.ID
Loading...

No more articles