ria ricis makan gurita hidup dimarahin garda satwa MOJOK.CO

Ria Ricis Makan Gurita Hidup dan Dimarahin Sama Garda Satwa

MOJOK.COMemakan hewan hidup-hidup bukanlah hal yang wajar dan tidak berkehewanan dalam budaya kita. Termasuk saat Ria Ricis bikin video dan bilang kalau dia makan gurita hidup.

Namanya juga seorang youtuber dengan 16,6 juta subscribers. Pasti apa pun yang dia lakukan, apalagi kalau agak aneh di mata masyarakat, ya pasti bakal diserang dan dikomentari habis-habisan. Begitulah yang terjadi pada Ria Ricis dengan video yang udah nggak anyar-anyar banget, yang dikasih judul, “PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! MUKBANG KOREA tersiksa!”

Video yang sudah diunggah tanggal 22 Agustus lalu ini dianggap memiliki unsur kekerasan pada hewan sehingga digugat oleh Komunitas Pecinta Hewan, Garda Satwa. Namun mengenai hal ini, Ria Ricis mengklarifikasi bahwa gurita yang dia makan itu sebetulnya sudah mati. Hanya saja, karena dikasih garam dan dibubuhi bumbu-bumbu lain, si gurita ini menunjukkan reaksi dengan bergerak-gerak, seolah-olah ia masih hidup.

Berikut videonya,


Dilansir dari Tirto, sajian seperti ini di Korea dinamakan sannakji. Biasanya gurita hidup yang telah dipotong-potong kecil, akan disantap dalam keadaan tubuhnya masih bergerak. Ada pula yang menyantapnya secara utuh tanpa dipotong—seperti yang dilakukan Ria Ricis. Ia disantap dengan tambahan penyedap. Jadi, secara teknis, sebetulnya gurita tersebut sudah mati. Akan tetapi, ototnya masih berfungsi sebentar hingga mampu menggerakkan tubuh—hingga tampak masih hidup.

Baca juga:  Wahai YouTuber yang Nawarin 10 Juta Asal Batal Puasa, Kapan Berhenti Nyampah?

Di Korea, memakan hewan yang masih mentah dan belum dimasak adalah hal yang biasa saja. Namun, tidak seperti itu yang terjadi dalam budaya kita.

Dalam kasus Ria Ricis, hal tersebut makin tampak tidak biasa karena gurita tersebut masih dalam keadaan utuh. Ia belum dipotong sama sekali. Tidak seperti yang dilakukan beberapa pesohor Indonesia yang lain, semisal Boy William. Mereka memakan gurita mentah tersebut dalam keadaan sudah dipotong-potong. Sehingga, meskipun masih bergerak-gerak, kondisi gurita yang sudah terpotong setidaknya mengurangi kengerian orang yang melihatnya.

Memakan gurita mentah tapi masih bisa bergerak-gerak karena otot tentakelnya masih aktif untuk menempel di badan kita, tidak hanya menjijikkan tapi juga mengerikan. Seorang Vlogger perempuan China, Seaside Girl Little Seven, juga pernah melakukan mukbang mirip-mirip seperti yang dilakukan oleh Ria Ricis. Hanya saja ia memakan gurita dengan ukuran yang lebih besar. Hasilnya, kaki-kaki gurita yang bertentakel ini menempel pada mukanya. Ia berteriak-teriak, karena memerlukan bantuan untuk melepaskannya. Setelah si gurita terlepas, tampak di muka youtuber tersebut ada beberapa luka.

Mungkin, Ria Ricis sebagai seorang youtuber dengan 16,6 juta subscribers ini merasa tertantang dengan hal “gagal” yang pernah dilakukan oleh youtuber atau vlogger yang lain. Bukankah sebagai seorang youtuber kelas atas, dia harus memberikan sebuah inspirasi kepada generasi muda? Seperti yang ia sampaikan di akhir video: Selama masih muda, maka cobalah berbagai hal baru.

Lalu, apa salahnya kalau ia menunjukkan dirinya yang berani menantang ketakutannya sendiri? Untuk menunjukkan ke banyak generasi muda di luar sana bahwa tidak ada satu pun yang pantas untuk ditakutkan. Apa pun bisa kita coba. Supaya kita tahu rasanya.

Baca juga:  Ngapain Punya Cita-Cita Mengubah Pacar Abusive?

Meskipun pada akhirnya tidak merasa nyaman dan memilih menyerah dengan memasak dulu gurita tersebut supaya lebih gampang dan enak pas dikunyah, ya itu urusan belakang. Yang penting, coba aja dulu.

Dengan klarifikasi dari Ria Ricis, akhirnya Garda Satwa meminta pihak The Ricis untuk mengganti judul video. Pasalnya, judul yang sungguh klikbait ini, dikhawatirkan dapat memberikan pemahaman keliru bagi kaum-kaum dewasa nanggung yang sedang dalam proses pencarian jati diri. Mohon maaf, maksudnya bukan mau menuduh mayoritas subscribers-nya Ria Ricis gimana-gimana, loh. Cuma takutnya, mereka yang kurang paham konteksnya, langsung mengira bahwa makan hewan hidup-hidup itu boleh-boleh aja.

Sayangnya, soal permintaan mengganti frasa “gurita hidup” di judul, belum mendapatkan tanggapan dari Ria Ricis. Ya, bisa dipahami, sih. Lha wong justru karena frasa itulah banyak orang penasaran dan mengklik video yang telah ditayangkan 5,6 juta kali (per 2 September 2019, pukul 12.00). Berkali-kali lipat dari rata-rata view video lainnya, yang berada di kisaran 1,5 jutaan.

Gila aja kalau frasa itu malah diminta untuk dihempaskan terus diganti dengan “gurita mentah”. Memangnya Garda Satwa mau tanggung jawab kalau Ria Ricis kehilangan potensi besar calon viewers dan subscribers-nya? Hmmm?

BACA JUGA Doyan Mabuk, Tapi Tertib Nggak Makan Babi atau tulisan Audian Laili lainnya